DennyUJAvatar border
TS
DennyUJ
BATAGOR, MAKANAN YANG MEMBERI INSPIRASI
Pertanyaan pertama adalah...kenapa BATAGOR???..
ada beberapa alasan saya membahas ini di Thread pertama saya..
- Saya SUKA SEKALI dengan Batagor
- BATAGOR adalah makanan khas Indonesia khusus nya Bandung
dan alasan paling menarik adalah sejarah nya yang menjadi INSPIRASI buat saya, karena dari sejarah Batagor, saya jadi mengambil 1 Hikmah dalam hidup :
"JANGAN ANGGAP ENTENG SATU HAL YANG DIANGGAP SEPELE, KARENA BISA JADI HAL SEPELE ITU BISA MENJADI SESUATU YANG SANGAT PENTING DAN BESAR".
Kenapa saya berkesimpulan seperti itu?..
Dari kisah yang saya dapat dari tetangga yang dulu nya bertetanggaan dengan Bpk H Isan sang Kreator Batagor, bahwa Bp. H isan dulu nya adalah pedagang Baso Tahu (makanan yg terkenal juga di Bandung..kalo ke Bandung cobain deh), dimulai dari dagangan nya yang tersisa sehabis jualan, beliau iseng menggoreng baso tahu tersebut, karena biasa nya baso tahu tidak bisa disimpan sampai besok untuk dijual lagi dan akan mubazir bila dibuang..dan ternyata RASA NYA ENAK!..
lalu suatu saat ketika dagangan nya banyak yang tersisa dan terlalu banyak untuk keluarganya, beliau berusaha berbagi dengan tetangga, dan para tetangga suka..hingga para tetangga KETAGIHAN dengan rasa nya dan ingin membelinya!!..
dari sini lah bisnis besar ini di mulai, dari satu jenis dagangan yang tidak laku, namun ketika kita berusaha memanfaatkan nya, maka jadilah itu SEBUAH HAL BESAR yang secara ekonomi mendongkrak kehidupan keluarga nya, bahkan dapat membawa nama kota tempat tinggalnya ikut dikenal dan membawa para penikmat kuliner untuk datang ke Bandung hanya sekedar untuk menikmati seporsi batagor bumbu kacang atau bumbu kuah..
Sampai hari ini Usaha Batagor H. Isan terus berkembang, cabang usaha nya tersebar setidak nya di Bandung (yg saya tau), dan diteruskan turun temurun oleh anak2 dan keluarga sepeninggal H. Isan..
Buat yang belum tau Batagor, silahkan datang ke Bandung, alamat kedai yang saya kunjungi ada di Jl. Lodaya no. 85. harga yang ditawarkan pun tidaklah mahal, hanya 3500 rupiah satuan nya, bisa dinikmati ditempat atau sebagai oleh-oleh untuk dinikmati di rumah.
Yang terpenting dari semua tulisan saya ini adalah, H. Isan memberi inspirasi buat saya agar tidak menyia-nyia kan suatu hal sekecil apa pun itu, dan coba memanfaatkan nya untuk menjadi sesuatu yang penting dan berguna..
semoga bisa menjadi inspirasi untuk yang lain juga.
Diubah oleh DennyUJ 11-02-2020 06:26
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan