dirawan09Avatar border
TS
dirawan09
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
Hi There, selamat datang di Thread. hari ini pengen bahas DPR dan juga membahas secara rinci beberapa hal yang mungkin kita nggak tahu soal DPR. kayaknya Ini bakal panjang, tapi gue usahain biar jadi pendek sependek sumbu netizen yang mudah koar-koar di kolom komen sosial media.


DPR, sebuah instansi legislatif negara yang cukup tidak dipercaya oleh masyarakatnya. namun uniknya instansi ini tetap ada dari periode ke periode. terlepas dari itu semua apa kita udah tahu DPR dan sejarahnya. ya gue tahu lu gak suka sejarah, tapi tak kenal maka tak sayang tapi DPR udah dikenal masih gak disayang, jadi mari kita kelupas lah apa sih DPR, sejarah, fungsinya, dan rekam jejaknya.

DPR
DPR adalah instansi negara yang berfungsi sebagai wadah yang menampung suara rakyat atau mereka juga disebut perwakilan rakyat. tapi juga diisi oleh anggota partai politik yang dipilih melalui pemilihan umum (pemilu)


Sejarah DPR secara ringkas

pada awal kemerdekaan DPR itu belum ada, dan yang ada tuh Komisi Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang dibentuk berdasarkan sebuah sidang (tak perlu disebut, fokus kita ke DPR). kita sebut aja KNIP ini bapaknya lembaga legislatif di Indonesia.
karena you know, negara baru lahir, mau gak mau harus ada lembaga yang ngurusin banyak hal dan KNIP ini yang ditunjuk untuk bantu-bantu presiden di jaman itu.
lah DPR mana ? yah KNIP merupakan bentuk awal dari DPR gan, KNIP saat awal kemerdekaan itu juga mendapat hak legislatif DPR karena DPR belum ada. dan juga hari dibentuknya KNIP ini juga disebut sebagai hari lahirnya DPR RI yakni tanggal 29 Agustus 1945.
anyway KNIP cuma ada di awal kemerdekaan sampai 1950. dari 1950 itu udah jadi DPR. karena tugas KNIP waktu itu sebagai DPR sementara dan karena DPR dah lahir maka tugas KNIP kelar.
singkatnya KNIP ini adalah DPR 1.0, nah yang sekarang DPR 2.0 versi jadi.
kalo mau lebih lengkap sejarah DPR

Tugas DPR(gue coba singkat)

dalam bidang legislatif mereka menyusun, dan membentuk RUU yang dirancang sendiri maupun yang diajukkan oleh DPD atau Presiden. singkatnya mereka yang ngatur masalah Undang-undang boleh lolos atau nggak.

dalam masalah anggaran mereka yang memberi persetujuan mengenai RUU tentang APBN baik dari presiden maupun pertimbangan DPD. dan juga menindaklanjuti laporan keuangan oleh BPK. 
singkat cerita DPR itu orang yang ngecek laporan keuangan, atau orang yang bisa ngomong "anda terlalu boros nih. kurangi anggarannya". yah seperti itu lah

dan yang terakhir mereka mengawasipelaksanaan  UU, APBN dan kebijakan pemerintah dan membahas sekaligus menindaklanjuti laporan pengawasan DPD.
singkat cerita mereka pengawas negara.
kalo mau ribetnya klik dimari  fungsi DPR

Rekam Jejak Kinerja DPR

Bagaimana sih rekam jejak DPR dalam dan perannnya pemerintah Indonesia, baik dalam bentuk KNIP sampai sekarang. check it out 
Kinerja DPR itu dibagi beberapa periode, yaitu orde lama, orde baru dan era reformasi. mari deh kita rincikan dibawah ini ditiap periode.

orde lama (1945-1965)
Spoiler for Periode lama:


Quote:


orde baru (1966-1998)
Spoiler for Orde Baru:


Era Reformasi (1998-sekarang)
Spoiler for Reformasi:


Quote:


Sekian Gan dari ane. Moga dengan ini kita bisa lebih mengenal DPR kita, walaupun masih ada buruk-buruknya dan menjadi lembaga yang belum dipercaya, semoga aja ada titik terangnya di mana mereka bisa bekerja maksimal tanpa mentingin kepentingan partai. 
dan jika ada yang kurang dari ane lengkapi aja ya gan, ane juga gak paham-paham amat soal DPR ini, research pun modal google.
thank you udah mau nyimak 
Diubah oleh dirawan09 10-02-2020 16:30
arashibirru
orgbekasi67
ariebetadine
ariebetadine dan 11 lainnya memberi reputasi
10
5.9K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan