dionlanangAvatar border
TS
dionlanang
Inilah Kesalahan Fatal Para Penjual Online, Jangan Pernah Lakukan Hal Ini!

penjual online ilustrasi. sumber; detik.com

Kemajuan teknologi memang mempengaruhi banyak hal, jika dulu untuk membeli sesuatu kita harus mendatangi toko nya, maka hal lain terjadi hari ini. Cukup melalui ponsel dan tinggal scroll-scrollatas bawah maka kita bisa membeli barang yang kita inginkan tanpa perlu mendatangi tokonya dan barang akan sampai kerumah kita, muncul juga istilah COD (Cash On Delivery) yang berkembang di dunia jual-beli modern, dimana dalam COD antara penjual dan pembeli telah menentukan dimana tempat mereka akan bertemu untuk kemudian melakukan transaksi.


Bahkan COD ini akhirnya ditangkap sebagai peluang bisnis oleh beberapa jasa kurir antar barang, katakanlah seperti jasa kurir plat merah yakni Pos Indonesia, mereka telah mempunyai jasa COD, dimana nanti pembeli akan melakukan pembayaran ditempat (dirumahnya) dan uangnya akan diberikan kepada kurir pengantar barang saat pesanannya diterima.

Spoiler for COD Ilustrasi:


Ada juga istilah lain yang berkembang dalam jual beli online yakni Open PO (Purchase Order), dalam PO Penjual tidak ready stock, namun penjual baru akan memproduksi atau memesan barang ke suplier jika telah ada pembeli yang melakukan order terhadap daganganya. Namun siapa sangka jika dalam metode menjual secara PO ini kerap memunculkan masalah baru, yakni saat barang telah ready di penjual namun pembeli malah tidak melakukan pengambilan atau pembayaran. Akibatnya, tak jarang ada penjual yang memviralkan kelakuan para pembelinya tersebut, berikut beberapa contoh diantaranya.
BACA JUGA: Anis Yang Dibully, Mengapa Risma Yang Kauh Hina?

Spoiler for Memviralkan 1:

Spoiler for Memviralkan 2:

Spoiler for Memviralkan 3:

Dalam beberapa kasus diatas terlihat penjual dengan sengaja memviralkan akun pembeli yang mereka anggap telah melakukan wanprestasi. Penjual telah melakukan kewajibanya untuk menghadirkan barang namun pembeli tidak kunjung melakukan kewajibannya melakukan pembayaran/pengambilan barang, dan akibatnya adalah seperti diatas.
BACA JUGA: Syarat Nikah di Desa Ini Mengejutkan, Mempelai Wanita Harus Masih Perawan

Spoiler for Memviralkan 4:

Di satu sisi sebenarnya apa yang dilakukan penjual itu merupakan buntut dari kejengkelan yang mereka alami, namun disisi lain hal semacam itu adalah hal yang keliru. Kenapa kok keliru?, karena kalau sekali saja kita sebagai penjual memviralkan orang maka kebelakangnya dagangan kita terancam tidak laku karena kita telah mendapat imej tidak baik dari para calon pembeli karena pernah memviralkan orang lain.

Spoiler for Memviralkan 5:

BACA JUGA: Pak Ustad Ini Kerap Sponsori Klub Bola, Dari Tim Lokal Hingga Tim Eropa
Dalam ilmu manajemen Bisnis ada 3 hal yang harus dipegang penjual agar bisnisnya kompetitif, yakni Harga Prima, Produk Prima, dan Pelayanan Prima. Harga terjangkau pasti mampu menarik pelanggan untuk membeli, Produk yang bagus dan berkualitas juga akan mampu menarik pelanggan, dan dari sisi pelayanan yang bagus juga mampu menarik minat pembeli hingga menjadi langganan (membeli berulang).
Kalau Produk PO tidak diambil, yasudah jual lagi aja, selain resiko barang yang datang tidak sesuai pesanan, resiko berdagang dengan metode PO adalah pembeli yang bisa cancel order secara tiba-tiba. Menjadi pedagang harus bermental Pejuang, karena berdagang tidak cuma mencari untung melainkan juga mencari Trust dan memupuk nama baik.


SUMBER: Pengalaman Pribadi & My Opinion


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Baca Juga HotTread Ane Yang Lain Gan emoticon-Big Grin
1. Harusnya Bukan Alfamart dan Indomaret, Tapi Pasar Tradisional Yang Dijadikan Ikon Persaingan Usaha
2. Siap-Siap HP Ilegal Bakal Diblokir Pemerintah, Begini Cara Cek HP Agan Ilegal Atau Bukan
3. Mengapa Selalu Ada Anak-Anak Yang Digandeng Pemain Saat Pertandingan Bola? Ini Alasan nya
4. Mengenal Sosok Youtuber Gaming Cantik Sarah Viloid
5. Rumah Sebagus Ini Dapat Bantuan PKH? Terlalu


CARI INFO LOWONGAN KERJA SE-WILAYAH TAPALKUDA JATIM?. FOLLOW IG @tapal.kuda yuk



Diubah oleh dionlanang 18-04-2020 11:12
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 24 lainnya memberi reputasi
25
10.5K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan