KatakhoiAvatar border
TS
Katakhoi
Yuk, Kenali 7 Tanda Orang-orang Lemah. Apakah Kamu Salah Satunya?


Selamat malam kaskuser dan pembaca setia akun Katakhoi. Apakah hari ini sudah bersyukur? Kalau belum, yuk ucap syukur dulu bareng-bareng biar lebih mudah menjalani kehidupan ini.

Mengulas sedikit tentang pengertian lemah. Dalam kamus besar bahasa indonesia, lemah memiliki arti tidak kuat. Baik tidak kuat terhadap dirinya sendiri maupun terhadap orang lain.

Dan jika berbicara tentang orang lemah, tentu ada ciri-ciri atau tanda seperti apa seseorang bisa dikatakan sebagai orang yang lemah. Apakah kamu salah satunya?




Yuk, simak dan kenali penjelasan di bawah ini tentang 7 tanda orang-orang lemah.

1. Takut Melangkah dan Sulit Melupakan



Di dunia ini tidak sedikit manusia yang susah dan bahkan takut untuk melangkah. Ada beberapa faktor yang membuat sebagian orang merasa takut melangkah, salah satunya karena sulit melupakan. Beberapa ketakutan menghantui mereka dan bahkan sampai menguasai pemikirannya. Baik itu dari masa lalunya ataupun karena terlalu mengkhawatirkan masa depan.

Ketahuilah, saat kamu merasa takut melangkah karena sulit melupakan, saat itu juga ribuan pintu kebahagiaan yang sebelumnya terbuka lebar menanti kedatanganmu seketika tertutup rapat karena ketakutanmu sendiri. Orang-orang lemah memang tidak berani mengambil resiko, sehingga mereka memilih diam di tempat atau yang sering dibilang, "Cari aman". Semoga kamu bukan salah satunya ya.

2. Tidak mau mengakui kesalahan



Seperti yang kita tahu bahwa di dunia ini tidak semua orang mau mengakui kesalahannya saat ia berbuat salah. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang lari dari kesalahannya tersebut. Ada beberapa faktor yang membuat orang-orang tidak mau mengakui kesalahannya, di antaranya mereka takut malu, takut dijauhi oleh orang-orang sekitarnya, dan yang lebih parah mereka takut dibenci oleh orang lain. Padahal tidak seperti itu.


Ketahuilah, dengan kamu mengakui kesalahanmu, orang-orang akan menganggap bahwa betapa hebatnya kamu karena mampu mengalahkan egomu, karena mampu melakukan sesuatu yang belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang. Jadi, apa pun itu kesalahanmu jika bersangkutan dengan orang lain, cobalah untuk mengakui kesalahanmu dan hendaklah meminta maaf.

3. Menyalahkan orang lain atas kesedihannya



Ketika kamu ditinggalkan oleh seseorang, ketika kamu dirugikan oleh seseorang, ketika harapan dan doa-doa yang kamu panjatkan tidak terkabulkan, ketahuilah, yang dilakukan oleh orang-orang lemah adalah menyalahkan orang lain atas segala kesedihannya. Bahkan, sesekali mereka menyalahkan Tuhan atas segala doa-doa nya yang tidak terkabulkan.


Orang-orang lemah tidak sanggup menyalahkan dirinya sendiri, sehingga yang bisa mereka lakukan adalah menyalahkan apa pun yang penting bukan dirinya. Yang ditakutkan, saat mereka telah berhasil menyalahkan orang lain lalu mereka membenci atau menyimpan dendam atas segala kesedihannya. Itulah yang paling berbahaya.


4. Mudah Sekali menyimpulkan sesuatu padahal belum tentu kebenarannya


Ingat, tidak semua yang kamu lihat adalah benar dan tidak semua yang kamu baca adalah benar juga. Sebagai manusia yang diberikan penglihatan sempurna, tentu tidak sedikit orang-orang yang setelah melihat sesuatu langsung menyimpulkannya. Dan yang dilakukan oleh orang-orang lemah adalah langsung menyimpulkannya. Tidak peduli benar atau tidak, yang penting mereka pernah melihat maka mereka langsung menyimpulkannya.


Yang menjadi pertanyaan untuk orang-orang seperti itu, "Apakah kamu tahu alasan dibalik semua itu? Bagaimana jika yang kamu lihat itu salah?" Tidak ada jaminan sekalipun setelah kamu melihat sesuatu itu pasti kebenarannya. Yang paling parah adalah setelah mereka melihat tanpa tahu kebenarannya seperti apa, lalu mereka langsung menyebarkannya ke orang lain dan semakin tersebar luas hanya karena kebenaran yang belum tentu.


5. Tidak bisa menerima pendapat orang lain



Saat seseorang telah menyampaikan pendapatnya, lalu ia ingin pendapatnya didengar, dituruti tanpa mengizinkan orang lain untuk berbicara juga atau mengizinkan orang lain mengungkapkan setuju atau tidak terhadap pendapatnya, ketahuilah itulah yang dilakukan oleh orang-orang lemah. Mereka tidak bisa menerima pendapat orang lain sehingga mengukuhkan diri dan bersikap keras kepala untuk mempertahankan pendapatnya. Mempertahankan pendapat memang bagus, tapi jika tidak mengizinkan orang lain untuk berbicara itu artinya kamu lemah.


6. Sangat mudah tersinggung



Yang dilakukan oleh orang-orang lemah adalah perasaannya yang sangat mudah tersinggung. Bahkan, tanpa dibicarakan langsung, mereka suka merasa tersinggung sendiri karena pikirannya yang negatif. Berbeda dengan orang-orang yang kuat, mereka tidak akan mudah tersinggung, melainkan jika sumbernya belum jelas mereka akan langsung menanyakannya. Dan jika langsung dibicarakan, mereka akan menganggap bahwa itu adalah sebuah masukan untuk dirinya. Jika baik untuk dirinya, mereka akan mencoba melakukanya. Jika tidak baik, mereka hanya cukup mendengarnya.


7. Terus menerus membicarakan kelebihannya hingga ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain



Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang sangat gemar membicarakan kelebihan atau kekayaannya sendiri? Ketahuilah, pada akhirnya mereka ingin mendapatkan pengakuan dari para pendengarnya. Mereka tidak bisa menyimpan kelebihannya itu sendiri, sehingga mereka membutuhkan pengakuan dari orang lain untuk kesenangan dirinya sendiri.


Nah, itulah 7 tanda perilaku orang-orang lemah. Semoga kamu bukan salah satunya ya.


Narasi: murni imajinasi sendiri.
Sumber gambar: google.
tata604
rykenpb
lina.wh
lina.wh dan 12 lainnya memberi reputasi
11
8.5K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan