yonkzestAvatar border
TS
yonkzest
Di balik Lirik Redemption Song (Lagu Penyemangat)



"Emancipate Yourselves From Mental Slavery, NONE but Ourselves Can FREE Our Minds – Bob Marley "



Redemption Song merupakan salah satu lagu yang dinyanyikan sang empu musik Reggae, Robert Nesta Marley alias Bob Marley. Lagu ini sendiri tidak kental dengan irama Reggae, melainkan akustik. Namun, lirik lagu Redemption Song memiliki makna yang sangat dalam.

Seperti pada lagu-lagu Bob Marley lainnya, Redemption Song merupakan suara untuk kebebasan, memberi motivasi, mengajak bangkit dari penindasan dan keterpurukan, serta jiwa pemberontak melawan kesewenang-wenangan.

Salah satu penggalan liriknya "Emancipate yourselves from mental slavery, none but ourselves can free our minds". Jika diartikan, lirik lagu tersebut mengajak untuk merdeka dari mental budak. Bukan melalui orang lain, tapi melalui pikiran kita sendiri.

Lagu ini jugalah yang dinyanyikan terakhir kali oleh Bob Marley secara langsung, sebelum menghembuskan nafas terakhir pada 11 Mei 1981.

Redemption Song merupakan salah satu lagu favorit saya dari banyak lagu-lagu bagus Bob Marley sang legenda reggae dunia ini, seperti No woman no cry, One Love, Get up Stand Up, Buffalo Soldier, dan lainnya. Saya senang mendengarkan lagu ini terutama ketika lagi down atau butuh semangat dan inspirasi dan syukurnya selalu berhasil memompa semangat untuk bangkit dan ceria kembali.

Mungkin klo dengerin Redemption Song sekilas tidak seperti lagu-lagu Bob Marley lainnya dgn gaya reggaenya yang khas, tapi di lagu ini akustiknya lebih kental terdenger, dengan melodi yang sederhana tapi penuh makna, dan yang spesial dari lagu ini menurut saya adalah lirik lagu yg sangat dalam.

Rasakan kekuatan sepenggal lirik berikut “Emancipate Yourselves From Mental Slavery, NONE but Ourselves Can FREE Our Minds”. Yang kurang lebih kalo diterjemahin “Memerdekaan diri dari mental “budak”, Bukan orang lain tapi hanya kita sendirilah yang bisa membebaskan pikiran kita dari yang merasa sebagai budak/korban”.

Wow… lirik lagu yg luar biasa. Lirik yang berisi muatan spiritual, lirik lagu yang ditulis oleh Sang legendaris ini ketika dia dalam perjuangannya menghadapi penyakit kanker yang mengingatkan dia bahwa kematian sudah didepan mata. Lirik lagu yang mencerminkan karakter dari Bob Marley yg dengan lantang menyuarakan freedom alias kebebasan, motivasi, bangkit dari penindasan, jiwa pemberontak melawan kesewenangan. Tapi di dalam lagu ini musuh utamanya bukanlah orang lain melainkan diri kita sendiri, pikiran kita yang menjadikan kita budak, menjadikan kita “as a victim”, pikiran yg menganggap diri kita adalah korban, so ngga perlu ngambil tanggung jawab merubah keadaan, pikiran yang memperbudak diri kita sendiri.

Itulah musuh utama yang perlu dilawan. Dan untuk mengalahkan musuh ini, kita tidak bisa mengandalkan orang lain mengubahnya melainkan diri kita sendirilah yang harus bertanggung jawab melawannya, menyadari keberadaannya untuk bisa sadar, bahwa kita bukanlah korban atau budak, kita punya kuasa atas diri kita sendiri. Kita bisa mengambil tanggung jawab melakukan sesuatu yang kita inginkan, bahwa kita penentu adalah penentu nasib kita sendiri.

Lagu yang dengan lantang meneriakkan “Ayo bangkit! Stand up, Be Strong. Take the Responsibility on your on Shoulder and Emancipate Yourselves From Mental Slavery!!

Spoiler for Lirik:





anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
34.6K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan