iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ada Ambulans, Pengendara Lain Tak Peduli Mungkin Karena Tak Tahu 'Kode Ini'

[ HT# 567 ]

Miris memang membaca kabar di berbagai media tentang bagaimana sikap pengendara saat ini ketika bertemu mobil ambulan dengan suara sirinenya yang lantang tapi pengendara lain berkesan cuek aje, bahkan tetap menutup jalan. Sedemikian tidak pedulinya-kah kita saat ini?

Kita, sebagai manusia yang masih memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi terkadang melihat fenomena ini jadi 'gemes' sendiri karena sikap pengendara tersebut. Padahal kita tahu pasien di dalam ambulan tersebut sedang mengalami kesusahan, sedang menderita, berduka, bahkan mungkin sedang menjelang ajal. Apakah kita tega?

Tapi tunggu dulu. Kita juga tidak boleh serta merta menghakimi pengendara lain yang kita sebut tidak berperikemanusiaan tadi, bisa jadi mereka benar-benar tidak tahu atau tidak paham arti dan makna kode suara sirine ambulan tersebut, jadinya mereka selama ini seperti cueknya si bebek.



Nah, di kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi yang cukup berguna buat kita semua tentang mengenal beberapa arti kode suara sirine ambulan. Tentu, kalau sudah mengenal harapan saya kita jadi lebih paham, tanggap dan tahu bagaimana harus bersikap ketika bertemu ambulan di jalan.

Secara garis besar suara sirine ambulan terbagi menjadi empat kategori (yang saya ketahui), mulai dari sirine standar hingga yang bersifat sangat urgensi yang artinya suara sirine tersebut benar-benar membutuhkan peran kita saat bertemu di jalan di kondisi dan situasi apapun saat itu, terutama di saat ambulan sedang membawa pasien gawat darurat, maka di butuhkan kesadaran tinggi kita sebagai sesama manusia yang memiliki perasaan untuk saling membantu, yang intinya cukup memberinya akses jalan, mudah kan?

Supaya tidak ada lagi kesalah pahaman tentang bagaimana kita harus menyikapi suara sirine ambulan yang dekat dengan kita saat berada di jalan, berikut penjelasannya berdasarkan video yang saya sertakan di bawah ini.



Suara Sirine 1
Ambulan sedang membawa pasien tapi kondisi tidak darurat.
Situasi normal dan terkendali.

Suara Sirine 2
Ambulan akan menjemput pasien di titik tertentu.
Situasi aman terkendali, tapi sifatnya juga tentatif.

Suara Sirine 3
Ambulan sedang membawa jenasah.
Situasi kondisional sampai urgensi.

Suara Sirine 4
Ambulan sedang membawa pasien gawat darurat, mungkin pasien dalam kondisi kritis butuh penanganan cepat dari ahli medis di lokasi tertentu.
Situasi mutlak, disini kita di butuhkan untuk ikut berperan serta menolong/membantu dengan cara memberikan akses jalan bagi ambulan yang sedang melintas.

Itulah ke empat jenis suara sirine ambulan yang masing-masing memiliki makna tujuan yang harus kita ketahui dan pahami benar. Jadi jika bertemu ambulan, kalau kita memang masih memiliki rasa perikemanusiaan dan memiliki jiwa sosial yang tinggi jika melihat, mendengar, ada ambulan sedang lewat sambil membunyikan sirinenya sebaiknya kita memperlahan laju kendaraan, menepi, atau memberikan akses jalan terlebih dahulu terutama jika mendengar suara sirine 3dan 4.

Nah, dari ke empat suara sirine diatas bisa kita simpulkan sendiri mana yang bersifat urgensi butuh penanganan cepat, tepat, dan tanggap, yakni suara sirine 4.

Jika thread ini bermanfaat silahkan di share ya gan, like dan komennya. Tunggu di thread saya yang lain yang tak kalah seru dan informatif juga. Terimakasih, salam dari iskrim, gaaan...

Sebuah opini | img.source: kupastuntas , yuridis | vlog: Viral Video Indonesia





Copyright © 2016 - 2020 iskrim

All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
  

Diubah oleh iskrim 10-02-2020 15:19
sebelahblog
4iinch
pabloo
pabloo dan 20 lainnya memberi reputasi
19
2.7K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan