joko.win
TS
joko.win
'Bangkai' Mahoni Monas Dibiarkan Mangkrak di Gudang, DKI Yakin Tak Ada Nilainya


Salah satu tagar yang sempat memuncaki trending topic di lini masa Twitter Indonesia pada Rabu (5/2) siang adalah #MisteriPohonMahoni. Lewat tagar itu, warganet berlomba-lomba memprotes revitalisasi Monas sekaligus mempertanyakan kemana perginya pohon-pohon mahoni yang ditebangi demi proyek tersebut.

Diketahui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggunduli sisi selatan Monas, yang belakangan menuai kecaman keras. Kekinian Pemprov DKI pun mengambil kebijakan menanam kembali pohon di wilayah tersebut, namun bukan mahoni tetapi pohon pule.

"Bangkai" pohon mahoni itu pun kini dipertanyakan warga. Dan belakangan terungkap bahwa pohon mahoni hasil tebangan itu dipindahkan ke gudang milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota.



"Pohonnya dibawa ke Gudang Sudin Kehutanan. Di Monas hanya ada ditinggal tujuh potong pohon dengan panjang satu meter," jelas Kepala Seksi Pelayanan UPK Monas, Irfal Guci, Rabu (5/2). Total ada 191 bangkai pohon mahoni yang dipindahkan dari Monas.

Nasib ratusan bangkai pohon mahoni yang telah ditanam sejak puluhan tahun silam itu pun kini dipertanyakan. Menyikapinya, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, secara tersirat mengaku belum memilki rencana untuk bangkai pohon itu.

Saefullah hanya menegaskan bahwa bangkai pohon itu tak akan dijual lantaran sudah tidak memiliki nilai. "Enggak (dijual). Saya yakin enggak ada nilainya juga," tegas Saefullah, dilansir dari CNN Indonesia.

Namun demikian Saefullah memastikan bahwa penebangan pohon sudah dilakukan sesuai prosedur. "Ada di Cipta Karya ada. Omongan angka itu saya kumpulkan dulu mana berita acara, itu jadi pegangan," pungkasnya.

Sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai kelanjutan proyek revitalisasi Monas. Pasalnya Pemprov DKI Jakarta telah diultimatum pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Sekretariat Negara, untuk menghentikan sementara proyek bernilai puluhan miliaran rupiah itu.


https://www.google.com/amp/s/www.wow.../00295662.html
itkgidareszzjay4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
5
5.2K
82
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan