pog94Avatar border
TS
pog94
Kucing Gansis Tiba-tiba Cuek? Jangan Khawatir Gan! Ini Alasannya


Kucing memang gemes-in, tapi ada juga saat kucing peliharaan di rumah cuek dan gak mau ditemani atau dielus-elus. Kucing gansis ada yang pernah begitu? Kucing saya banyak yang begitu, apalagi kalau udah masuk usia dewasa--doyan kimpoi dan menghilang dari rumah.

Pertamanya sih aneh ya, biasa dari kecil manja-manja terus elusable banget terus ujug-ujug cuek bebek dan nyamperin kalau pengen makan doang. Hasrat bermain dengan kucing yang besar akhirnya gak tersalurkan.

Ternyata ini hal yang wajar lho gansis.


Quote:



Seperti yang diberitakan oleh bbc.com kucing sejak dulu adalah hewan yang asosial.
Artinya berarti dia sejak dulu senang menyendiri hanya peduli pada hal-hal yang menarik perhatiannya.


Quote:



BBC mengungkapkan bahwa kucing merupakan satu-satunya hewan liar bersifat asosial yang berhasil "dijinakan" dan "dirumahkan" oleh manusia.

Berdasarkan hal ini, wajar kucing lebih pendiam jika dibandingkan dengan anjing. Selain itu, ekspektasi pemilik kucing yang ingin peliharaannya bertingkah seperti "teman manusia" layaknya anjing membuat sifat natural kucing yang asosial kelihatan aneh.

Padahal sejak dulu saat kucing pertama kali "dijinakan" atau "dirumahkan" sekitar 10.000 tahun yang lalu, kucing gak diperlakukan sama seperti anjing. Waktu itu, mereka hanya digunakan untuk menjaga hasil panen dan sumber makanan manusia lainnya aman dari tikus dan hama lainnya.

Jadi secara natural, kucing gak beradaptasi dengan perilaku manusia layaknya anjing. Kita tahu kalau anjing sejak dulu sudah dijadikan teman oleh manusia. Sederhananya, anjing sejak dulu diajarkan nurut pada manusia sedangkan kucing gak begitu.


Quote:



Dengan kata lain, kucing lebih menjaga sifat naturalnya daripada anjing.

Alasan saya memelihara kucing adalah karena mereka lucu, gemes-in, dan bisa ngurus diri mereka sendiri. Cukup dibiarkan berkeliaran di lingkungan rumah nanti mereka bisa nyari makan sendiri. Saya tinggal memberikan kasih sayang dan merawat kebutuhannya yang lain.



Menurut saya ini cara terbaik buat melihara kucing di rumah, tapi dalam berita yang ditulis oleh bbc menyatakan cara merawat seperti ini belum tentu sesuai dengan cara hidup kucing.

Setelah diperhatikan, sepertinya nggak cocok juga sih. Saya jadi seperti memberi makan kucing liar pada akhirnya emoticon-Hammer (S)

Kabar baiknya, menurut sebuah penelitian jika kita menumbuhkan kesan positif pada kucing sejak mereka lahir sampai delapan minggu pertama, maka mereka akan lebih menyukai manusia dan jadi lebih dekat dengan pemiliknya.


Quote:



Jadi kalau gansis merasa kucing peliharaan gansis jadi lebih cuek daripada sebelumnya, jangan menganggap mereka gak menyukai gansis lagi. Itu memang sifat natural mereka dan sejak dulu sudah begitu.


Quote:


alexzakaria
rykenpb
lina.wh
lina.wh dan 5 lainnya memberi reputasi
2
3.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan