RifanNazhifAvatar border
TS
RifanNazhif
Kenapa Sih Pria Harus Berjenggot? Ini 9 Manfaatnya


Rasulullah bersabda “Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Muslim no. 623). Apa sih guna berjenggot? Bukankah berjenggot itu terlihat jorok? Mungkin kita berpikir begitu.

Mari sebelumnya kita menyimak apa sebenarnya arti jenggot atau janggut menurut wikipedia.org, bahwa jenggot itu adalah bulu yang tumbuh di dagu, pipi dan leher pria. Lalu apa saja faedah jenggot bagi pria?

1.Jenggot si antibotik baru


Bagaimana mungkin jenggot menjadi antibotik baru? Tentu saja apa saja mungkin terjadi. Seperti dilansir laman hidyatullah.com, tersebutlah sebuah team dari Universitas College London, yang dipimpin oleh Dr. Adam Rogers, menemukan bahwa jenggot adalah antibiotik baru bagi manusia (pria). Hal ini seiring mengkhawatirkannya kejadian resistance drugs atau tubuh tidak lagi bereaksi melawan penyakit meski sudah meminum obat.

Dr. Robert melakukan suatu penelitian terhadap 20 pria berjenggot di jalanan London, yakni dengan menguji bakteri di dalam jenggot dengan indikator bakteri yang tahan obat. Ajaibnya seperempat bakteri di dalam jenggot dapat membunuh bakteri yang tahan obat tersebut. Wah, penelitian ini sungguh menakjubkan. Tapi tentu butuh biaya banyak untuk melakukan berbagai penelitian hingga bakteri di dalam jenggot bisa disahihkan memiliki efek pengobatan, bahkan akan sangat lama dokter akan meresepken obat yang berasal dari jenggot, karena menurut Dr. Brad Spellburg, asisten professor kedokteran di UCLA , hal tersebut tidak menarik secara ekonomis bagi perusahaan farmasi.

2.Jenggot pembeda


Bagi bangsa Asia dan Eropa, bahkan Afrika, mungkin tidak perlu menjadikan jenggot sebagai pembeda antara maskulin (pria) dan feminin (wanita). Tapi bagaimana dengan pemilik wajah oriental semacam bangsa Korea? Tentu akan sangat sulit menyebutkan pria oriental tersebut maskulin atau jantan.

Sebelumnya di Indonesia, sosok maskulin itu identik dengan jenggot. Hingga iklan-iklan penumbuh jenggot sangat meriah pada jamannya. Tapi sekarang, iklan semacam itu semakin sepi. Posisi maskulin lebih diidentikkan dengan perut six pack atau badan sterek. Meski gambaran maskulin itu terkadang hanya kamuflase, artinya tampilan maskulin, dalamannya, maaf, lekong.

3.Jenggot melindungi dari sinar matahari


Seperti kita ketahui sejak esde, warna hitam atau yang memiliki warna akan menghisap cahaya (sinar). Maka keberadaan jenggot adakan melindungi wajah dari terpaan cahaya secara penuh. Nah, bagaimana dengan wanita? Dengan memiliki rambut panjang akan menjaga wajah mereka dari terpaan sinar yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

4.Jenggot membantu mencegah batuk dan turunannya


Dengan adanya jenggot, maka pria akan terlindungi dari menghisap partikel-partikel berbahaya yang mengganggu pernapasan. Sebelum partikel memasuki lobang hidung, maka jenggot lebih dulu menyaring atau menangkapnya. Memang seseorang bisa saja tetap terserang  batuk dengan ada atau tidaknya jenggot. Tapi setidaknya kita dapat meminimalisirnya.

5.Jenggot memperlambat penuaan


Dengan keberadaan jenggot akan memperlambat penuaan, sebab dia akan menahan aliran air meninggalkan wajah, sehingga wajah tetap dalam kondisi lembab. Jenggot juga akan membentengi wajah dari terpaan angin penyebab wajah kering.

6.Jenggot menahan udara dingin


Bila cuaca dingin, apalagi berhujan, maka jenggot bisa semacam mantel agar leher tetap hangat, sehingga tidak akan menyebabkan serangan batuk akibat dingin.

7.Jenggot dan iritasi


Jenggot itu sebaiknya diperlakukan semacam rambut alias cuma dipotong atau sekadar merapikan. Apabila dicukur, maka ditakutkan akan menimbulkan iritasi. Iritasi di kulit wajah apalagi hingga menyebabkan luka tentu berbahaya, terutama bagi mereka yang mengidap pemyakit gula darah.

8.Jenggot dan gusi


Dengan keberadaan jengot, maka gusi akan terlindungi dari bakteri penyebab penyakit masuk ke dalam mulut.

9.Jenggot dan iklim


Bagi kita yang beriklim tropis, mungkin keberadaan jenggot terasa kurang bermanfaat. Tapi bagaimana dengan mereka yang  tinggal di negeri yang beriklim panas hingga lebih 40 derajat celcius? Tentu jenggot adalah satu cara menahan panas tersebut. Begitu pula bagi yang mereka yang tinggal di negeri yang ada siklus iklim dingin hingga di bawah sepuluh derajat celcius, maka jenggot aan membantu mereka agar lebih hangat.

Jadi, mulai sekarang jangan minder kalau bakat tubuhmu memang berjenggot. Dengan beberapa faedah jenggot tersebut, berbanggalah, sebab kamu tak perlu biaya banyak untuk membeli segala macam obat penumbuh rambut. Selamat libur, ya.

Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber 5

----



Diubah oleh RifanNazhif 23-01-2020 05:49
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 8 lainnya memberi reputasi
5
2.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan