mumugo
TS
mumugo
Penting! 5 Tips Ini Dapat Bantu Kurangi Ketergantungan Terhadap Smartphone

Jangan remehkan bahayanya

Di era digital sekarang yang sangat berkembang pesat, kebutuhan dan penggunaan gadget sangat meningkat drastis. Baik itu dalam kebutuhan pekerjaan atau sekedar hiburan semata. Mulai banyak muncul berbagai macam jenis gadget yang tersebar di pasaran. Smartphone adalah salah satunya.

Hampir setiap kalangan masyarakat pasti mempunyai yang namanya Smartphone, baik itu yang harganya cukup untuk masyarakat kelas menengah kebawah hingga untuk masyarakat kelas jetset.

Smarthpone semula memang diperuntukkan untuk membantu masyarakat dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Tapi, belakangan ini banyak muncul di pemberitaan bahwa sering terjadi berbagai kejadian dimana seseorang kecanduan akan smartphone. Baik itu orang dewasa, remaja, dan bahkan anak kecilpun yang menjadi korban keganasan smartphone.

Buat GanSis yang sudah mulai mengalami gejala-gejala kecanduan smartphone, ada baiknya jika mengurangi intensitas pemakaian smartphone. Tapi banyak yang mengeluh susahnya lepas dari kecanduan akan smartphone. Dilansir dari IDN Times, ada lima langkah mudah untuk mengurangi gejala kecanduan terhadap smartphone dan langkah ini bisa dilakukan dengan mudah dirumah. Apa saja langkah-langkahnya?


1. Tak Perlu Bawa Smartphone Kemana-Mana

Siapa yang suka bawa smartphone kemana-mana? Ke warung buat beli mie instan? ke WC? Atau kemana saja? Buat GanSis yang suka lakukan hal yang cukup berlebihan ini usahakan untuk mulai mengurangi intensitasnya. Mengapa? Karena hanya akan membuat rasa kecanduan akan smartphone makin meningkat. GanSis bisa memulai hal sederhana ini: simpan smartphone di kamar, keluar rumah, nikmati udara serta pemandangan sekitar tanpa memikirkan notifikasi WhatsAap. Dijamin GanSis akan mendapatkan feel yang cukup berbeda.

2. Hapus File yang Tak Berguna serta Pindahkan File yang Penting

Banyak dari GanSis yang malas membersihkan isi smartphone-nya. Mulai karena malas atau alasan lainnya. Selain dapat memenuhi kapasitas smartphone, menyimpan file-file ini hanya akan menarik perhatian GanSis untuk membuka file tersebut yang otomatis akan membuat GanSis membuang-buang waktu dengan membuka file itu. Sudah banyak aplikasi pembersih ponsel yang cukup work untuk diinstall di Playstore dan Appstore.
Untuk file-file penting bisa dipindahkan ke laptop atau yang sekarang sedang trend adalah penyimpanan cloud seperti google drive. Jadi file penting GanSis tak akan hilang dan tetap aman.

3. Kurangi Notifikasi dan Pop-UpDi Smartphone

Siapa sih yang tak tertarik untuk membuka notifikasi pada smarthpone? Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, WhatsAap, Telegram, dan banyak lagi platform media sosial lainnya. Untuk mengurangi rasa Kecanduan akibat sering buka notifikasi dan pop-up medsos, GanSis bisa mengurangi bunyi notifikasi dan pop-up pada smarthpone dan tetap menyalakan notifikasi untuk aplikasi penting seperti e-mail atau chat pekerjaan yang penting.

4. Install dan Gunakan Screen-Time Trackers di Smartphone

Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk menghitung lama menggunakan aplikasi dalam waktu satu hari atau satu pekan. Tapi ada beberapa operating systems yang menyediakan fasilitas ini. Kita bisa melihat pada aplikasi ini aplikasi mana saja yang paling sering kita buka dan durasi penggunaannya. Jadi kita bisa mengukur serta merefleksikan diri mana saja aplikasi yang harus mulai dikurangi waktu penggunaannya.

5. Pilih Aplikasi yang Memang Sangat Penting

Setiap smartphone pasti mempunyai homepage. GanSis bisa meletakkan aplikasi yang penting pada layar utama. Fungsinya agar GanSis hanya sekali membuka satu layar dapat melihat berbagai aplikasi yang penting digunakan tanpa harus tergoda membuka aplikasi lain yang ada di smartphone GanSis. Tapi usahakan aplikasi yang diletakkan pada homepage adalah aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan seperti e-mail.

Bagaimana GanSis? Mudah bukan? Jika masih saja mengatakan hal itu sangat sulit, memang wajar jika memulai sesuatu perubahan tanpa ada rasa sakit. Tetaplah berkomitmen serta berusaha agar bebas dari jeratan bahaya smartphone.

Semoga artikel kali ini bermanfaat buat kita semua dan semoga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk melakukan perubahan yang positif.


Sekian...

Musawwir Bahar

Sumber Referensi:
www.idntimes.com

Sumber Ilustrasi:
Pinterest
rykenpblina.whtien212700
tien212700 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
9.6K
186
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan