mumugoAvatar border
TS
mumugo
Kenalan Yuk dengan Susu Kecoa, Trend Superfood Di Masa Depan

Antara geli dan penasaran

Berbicara mengenai kata susu, apa yang GanSis bayangkan? Berwarna putih, mempunyai aroma dan rasa yang khas, serta baik untuk kesehatan. Betul sekali! Bahkan susu dimasukkan menjadi salah satu komponen makanan sehat yaitu 4 sehat 5 sempurna. Wah, ternyata susu itu sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kemudian susu itu didapatkan darimana? Pasti GanSis saling berpendapat kalau susu itu asalnya dari sapi, kambing, atau domba. Dan juga susu nabati seperti kedelai, kacang hijau, serta almond. Terlalu mainstream kalau begitu.

Tapi mungkin GanSis tak mengira ternyata ada salah satu hewan yang sangat menggemaskan karena ukurannya yang memang cukup imut yang dapat menghasilkan susu. Tapi hewan ini bisa sangat meresahkan terutama bagi perempuan. Yups! Betul! Kecoa!

Kecoa? Tak salah dengar? Kok bisa? Bisa dong GanSis. Kecoa ini bukan kecoa biasa loh. Setelah melakukan penelitian, para peneliti menemukan kandungan susu dari kecoa ini yang luar biasa kompleks serta bermanfaat. Bahkan, ada bisikan-bisikan halus kalau susu kecoa ini akan menjadi trend superfood di tahun 2020. Menurut peribahasa "tak kenal maka tak sayang", maka pada kali ini kita akan berkenalan dengan kecoa yang unik dan menggemaskan tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

1. Spesies serta Habitatnya

Spesies kecoa ini bukanlah jenis spesies kecoa yang ada di tempat sampah, comberan, got, atau tempat jorok lainnya. Baiklah kita kenalan dulu dengan Kecoa Kumbang Pasifik. (Diploptera Punctata). Serangga ini asalnya dari negara eksotis Hawai. Dari bentuknya saja, kecoa ini memang cukup berbeda dengan kecoak biasanya, yang ditandai dengan adanya garis garis kuning pada punggung belakang kecoa tersebut. Jadi tak usah ada jijik-jijikan, mereka tak hidup di tempat sampah atau tenpat jorok lainnya.

2. Kecoa Ini Ternyata Melahirkan

Yang unik dari kecoa ini adalah pergiliran keturunannya yang tak seperti pada serangga yang lain. Rata-rata, spesies serangga bereproduksi dengan cara bertelur. Namun, berbeda dengan Kecoa Kumbang Pasifik yang melahirkan. Makanya, cara iduk kecoa ini memberi makan kepada anakannya dengan memberikan cairan kekuningan yang mirip dengan asi pada manusia dan dihasilkan di rahim induknya. FYI, seekor induk kecoa ini dapat melahirkan sekitar 12 ekor anak setiap 2-3 pekan.

4. Protein Susu Ini Terdiri dari Kristal Protein

Setelah anak dari kecoa ini meminum susu tersebut, susu yang sudah berada di lambung anaknya akan berubah menjadi kristal protein yang penyerapannya lambat sehingga dapat menstabilkan aliran nutrisi pada tubuh. Dan bahkan, kandungan protein pada susu kecoa tiga kali lebih tinggi dari susu kerbau dan empat kali lebih tinggi dari susu sapi. Superfoodable Guys!

5. Kandungan Lain Selain Protein

Bukan namanya Superfood kalau tidak cuma punya satu jenis kandungan. Terdapat 9 jenis asam amino esensial, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang semua itu tak banyak ditemukan pada sumber makanan lainnya. Luar biasa banget kan GanSis? Bukan cumai itu, ternyata ada fakta lain dari susu kecoa ini. Buat GanSis yang alergi terhadap susu atau produk olahan susu sapi, jangan khawatir. Susu kecoa termasuk susu non-dairy yang cukup aman dikonsumsi bagi penderita alergi.

Sudah kenal dengan jenis kecoa yang unik ini? Tapi jangan berbahagia dulu. Masih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam riset dan pengembangan susu kecoa ini. Salah satunya adalah cara mememerah susu dari hewan yang ukurannya cukup kecil ini serta bagaimana cara memenuhi kebutuhan pasar global yang diprediksi akan membutuhkan susu kecoa yang lumayan banyak dan makin meningkat.

Semoga artikel kali ini bermafaat serta menambah wawasan kita semua.

Sekian

Musawwir Bahar

Sumber Referensi:
www.idntimes.com
tirto.id
nationalgeographic.grid.id

Sumber Gambar:
Pinterest
Diubah oleh mumugo 14-01-2020 14:05
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan