tanoshi878Avatar border
TS
tanoshi878
touring naik motor bareng istri
Akhir tahun 2019 segera tiba, dan tempat ane bekerja pun sudah mengeluarkan pengumuman libur perusahaan, ane dapet libur total 5 hari, sayang rasanya kalau tidak di manfaatkan.

Ane iseng ngomong sama istri, mumpung libur kepengen deh jalan-jalan naik motor kemana gitu yang agak jauh,,istri pun mengerti perasaan ane, dia udh tau banget,hal itu udh lama gak ane lakuin.

dulu ane suka banget naik motor jarak jauh, baik secara rombongan sama temen2, atau pun seorang diri, awal-awal menikah pun masih sekali dua kali ane touring sama temen2, tapi karna banyak nya tuntutan dan tanggung jawab menjadi kepala keluarga,kegiatan itu lama-lama sulit ane lakuin.

entah kenapa beberapa waktu belakangan ini hasrat itu muncul kembali.
ane kangen melihat-lihat daerah baru, mengunjungi daerah2 yang belum pernah ane denger sebelumnya, melihat pemandangan2 baru, berinteraksi dengan orang2 luar daerah, ane rindu akan pengalaman dan cerita-cerita baru setiap ane melakukan touring.

bak gayung bersambut. dengan suara yang kalem dan penuh ketenangan,istri ane memberi jawaban, ''ya udah sana kalo mau touring,mau kemana emang,,tanya istri"

ane masih bingung enak nya kemana.motor jenis touring pun ane udah gak punya yang ane punya cuman motor jenis matic untuk harian, tapi tidak menyurutkan niat ane buat melakukan perjalanan dengan motor matic harian ini.

setelah mikir beberapa jam,ane memutuskan untuk touring ke yogyakarta,menurut ane touring dari bekasi ke jogja sudah cukup untuk menuntaskan hasrat touring ane yg udh lama gak ane lakuin ini, jarak bekasi-jogja sekitar 550 km, yang ane rasa cukup untuk awalan touring ini.

masih ada beberapa hari sebelum hari H. mendengar dan melihat ane melakukan perencanaan perjalanan setiap hari , mulai dari mau lewat mana, berhenti dimana dan mau kemana aja membuat istri ane tertarik..dan dengan penuh keyakkinan istri ane bilang "Aku bole ikut gak"

beberapa kali ane mengulang pertanyaan yang sama ke istri, "kamu yakin mau ikut"
istri pun berulang kali meyakinkan diri, kalo dia bener2 kepengen ikut.
ane bingung gan,secara istri ane ini,seorang istri rumahan.dia gak pernah naik motor jarak jauh,

terakhir dia naik motor jarak jauh itu waktu kita pacara dulu,sekitar 17 tahun lalu,menggunakan motor satria 2 tak, kita jalan-jalan dari bekasi ke daerah puncak. masih segar dalam ingatan kita,ketika itu lagi gak punya duit,tapi kepengen jalan2,,sampe di puncak malah ketilang,,,kampret bener dah kalo inget.

Balik ke cerita.,
ane seneng banget denger nya kalo istri ane mau ikut touring ke jogja,mulai lah kita menyusun rencana untuk berdua.kita putuskan untuk melakukan perjalanan di tanggal 27 december 2019.

bagaimana dengan anak-anak ?
kebetulan anak anak mau tinggal di rumah,mereka sama sekali tidak keberatan papah dan mamah nya touring,mereka cuman titip oleh-oleh dari jogja nanti,dan setelah pulang touring mereka ngajak berenang, oke kita deal dengan kesepakatan tersebut.

adik ane yg tinggal pisah rumah segera ane kontak untuk nginep di rumah ane selama ane pergi,sekalian nemenin anak anak,

saat hari H keberangkatan ane masih kerja,itu kerja terakhir di tahun 2019,
hujan mengguyur kota bekasi dari pagi,dan tidak menunjukan tanda tanda berhenti.
jam 5 sore ane pulang kerumah,dan hujan masih juga turun.

sampai di rumah istri menyambut dengan penuh semangat.terlihat dari gestur nya.
ane nanya ke istri,,gimana nih kalo sampe malem masih turun hujan, tanpa ragu istri ane bilang " ya kita trobos aja,kita hujan-hujanan"

akhir nya jam 21:30 hujan pun berhenti. kita melakukan preaper, tepat pukul 22:00 waktu bekasi kita berangkat.

sebelum berangkat ane ambil dulu foto kilometer awal :





kilometer awal menunjukan angka 1944, dan bensin pun tingal satu strip
langsung menuju pom bensin setelah keluar rumah. di pom bensin ane isi dengan 20 ribu pertalite, ane udah niat setiap kali isi bensin nominal nya gak lebih dan gak kurang dari 20 ribu. tujuan nya biar nanti mudah untuk mengingat habis berapa duit buat bensin aja sampai jogja.

setelah isi bensin kami menuju jalur kalimalang untuk memasuki rute cibitung-cikarang-karawang-cikampek,
dengan penuh kehati-hatian ane bawa motor menuju jalur pantura, sembari cari posisi dan setelan yang pas,

cibitung-cikarang yang jalur nya ramai lancar kami lewati dengan aman, sembari mengobrol dan bercanda tidak terasa kami sudah sampai di daerah cikampek.

Disini perjalanan mulai asik. suasana pantura pun sudah sangat kental sekali, semangat kami semakin bertambah saat memasuki jalur pantura di cikampek ini,
tidak berapa lama kami memasuki daerah Subang. 

Ada yang menarik ketika memasuki daerah subang ini,sepanjang jalan kiri dan kanan banyak sekali warung remang-remang yang sesekali di depan nya berdiri wanita2 cantik. berdiri hingga menjelang pagi dan berharap ada tamu yang datang,

di penghujung kota subang bensin motor harus di isi lagi,karna sudah tingal satu strip
kembali masuk pombensin dan mengisi dengan 20 ribu pertalite,
kebetulan dari bekasi kita belum berhenti, sekalian disini kita buang air kecil dan berhenti sebentar untuk ngelurusin pantat.

Di pom bensin subang ini jam menunjukan pukul 00:30, segera kita tancap gas lagi menuju cirebon, kita tidak memasang target harus sampai jam berapa di kota tertentu,kita hanya coba berkendara seaman mungkin dan menikmati perjalanan ini tentu nya.

dari bekasi stabil kecepatan kita tidak lebih dari 80 km/jam. banyak rombongan-rombongan motor lain yang mengasapi kami, ane gak tertarik buat ngikutin, walau di antara meraka sepertinya rombongan berpengalaman dalam touring keluar kota, 
itu terlihat dari atribut dan riding stayle mereka.

ane lebih memilih jalan santai sambil bercerita dengan istri apa yang kami lihat dan apa yang kami lalui, memasuki daerah indramayu ini keganasan pantura semakin nyata, banyak nya truk besar yang ikut melintas membuat kami exstra waspada, 
untung nya sejauh ini jalur pantura ini begitu sangat mulus sekali,yg membuat perjalanan semakin nyaman.

memasuki daerah jatibarang di pombensin wedasari kami berhenti untuk beristirahat.
kebetulan istri kebelet pengen pipis. sekitar 30 menit ane istirahat di sini.
sebener nya perut agak sedikit laper cuman karna sebentar lagi akan memasuki daerah cirebon. kita memutuskan untuk cari makan di daerah cirebon saja.

perjalanan di lanjutkan, sepanjang perjalanan menuju cirebon ini jalan nya gelap sekali,sangat minim penerangan, ane galau mau buka kaca helem takut kecolok binatang,di tutup pandangan ane terganggu, akhir nya kita gak berani jalan lebih dari 60 km/jam

tepat pukul 03:30 kami sampai di kota cirebon, perut yang lapar harus segera di ini,kita cari makanan di sekitaran sini, jatuhlah pilihan pada salah satu makanan khas cirebon, yaitu nasi jamblang. 

ada sebuah warung yg sepertinya buka 24 jam yang agak ramai oleh pengunjung.kita pesan nasi jamblang dengan lauk jengkol dan cumi hitam, ditambah dua gelas teh manis hangat,,,kitapun makan dengan lahap



selesai makan kita lanjut, kita berniat berhenti selanjut nya di daerah brebes,
namun ane gak sangak ternyata reaksi nasi jamblang dan teh hangat tadi bereaksi lebih cepat,,,baru berjalan beberapa menit ane terasa ngantuk banget, ane tanya ke istri dia juga ngantuk, wah gawat nih pikir ane kalo 22 nya ngantuk,

ane coba menghibur diri, mulai dari senam-senam kecil sampai teriak teriak gak jelas buat mengusir ngantuk ini, tapi tetep aje ini mata udh gak bisa di ajak buat bertahan.

ane gak mau memaksakan diri, toh gak ada yang kita kejar, sambil menahan ngantuk ane cari-cari tempat di mana kira2 yang bisa buat di pake rebahan, dari kejauhan terlihat warna khas spbu pertamina, segera ane merapat ke spbu ini.

allhamdulilah pom bensin nya enak. dan kita cari lapak untuk merebahkan diri,
ane sempet liat jam sebelon pingsan, waktu itu jam 04:10.

seperti nya ane dan istri tidur cukup pulas, suara bising kendaraan lah yang menjadi alaram bagi kita. ane kebangun dan kembali melihat jam. 
jam 06:05 kita terbangun. arti nya ane dan istri tertidur 2 jam, lumayan lah pikir ane.

selesai membersihkan diri kita gas lagi dari kota cirebon ini, kali ini kita berkendara dengan suasana yang berbeda, ya setelah dari semalam kita berkendara dengan kondisi gelap, sekarang kita berkendara dengan kondisi terang,

lebih asik berkendara dengan kondisi terang, banyak pemandangan yang bisa kita nikmati ketimbang malam hari. kami pun penuh riang dan gembira melanjutkan perjalanan ini.

sedang asik berkendara. ane liat pelang penunjuk jalan yang menunjukan arah jalan,
ane sempet galau di sini, ane mau lewat selatan melalui bumiayu atau lurus terus ke arah tegal. sempet berhenti sebentar buat liat google maps.



Akhir nya setelah melalui beberapa pertimbangan, ane dan istri memutuskan untuk lurus terus ke arah tegal, dan kita akan lewat dieng untuk menuju jogja, yang arti nya saat di daerah pekalongan nanti kita harus mencari arah menuju dieng.

dengan santai dan menikmati indah nya hari yg cerah ini,  kita jalan perlahan menuju ke arah timur.
tidak lama kita memasuki daerah tegal. lumayan ramai di derah tegal ini, kita terus lanjut menuju pemalang, 

memasuki daerah pemalang istri ane nepuk-nepuk pundak, ane pikir dia kecapean, ternyata dia cuman bilang kalo perut nya sudah laper, ya memang setelah bangun jam 6 pagi di spbu cirebon itu kita belum sarapan. saat ini jam menunjukan pukul 8:30.
kita makan bubur dulu di alun alun kota pemalang.

sembari menyantap bubur,si abang bubur bertanya kepada kami, ini dari jakarta mas,
ane jawab iya mas, mau kemana ini mas tanya tukang bubur, ane jawab jalan-jalan aja mas,tujuan nya sih jogja dan mau lewat dieng.

Abang bubur lalu memberikan arah jalan menuju ke dieng,yang kata nya sekitar 4-5 jam lagi kami akan sampai di puncak dieng.
setelah membayar kita pamit untuk segera lanjut perjalanan. 

tak terasa kita tiba di derah pekalongan. melihat di google maps kita harus menuju daerah Kajen, setelah melihat plang penunjuk jalan yang menunjukan belok ke kanan untuk ke arah kajen,kita pun langsung bermanufer.

dilihat dari google maps sih daerah di depan yang akan kita lewati ini banyak di penuhi hutan lindung dan bukit2, jadi untuk persiapan kita isi dulu bensin yang kebetulan memang sudah tigal 2 bar ini.



jalanan di daerah kajen ini mulai menarik,tidak seperti jalur pantura yang cenderung lurus saja, di jalur kajen ini mulai naik turun,tak lama berselang kita masuk daerah Linggosari

jalanan di lingosari ini bener bener menantang gan, jalur nya asik turun naik dan belokan tajam pada setiap jengkal nya, di butuhkan kosentrasi khusus ketika melibas setiap tikungan yg ada, karna setiap tikungan yg kita lewatin di pastikan bawah nya jurang atau hutan dengan pohon yang rindang, 

skill berkendara ane di uji di jalur ini, ane harus buat seaman dan se nyaman mungkin saat berkendara,karna ada istri di belakang yang sedikit takut kalo kita lewat tikungan yg menurun dan bawah nya jurang yg cukup terjal.




daerah linggo sari yang di penuhi dengan hutan dan bukit2 ini begitu sepi, aspal nya pun cantik sekali,tidak ada kerusakan sama sekali, sehingga benar2 seperti berkendara di circuit motoGP. ane membayangkan jika berkendara mengunakan motor jenis sport di daerah ini, pasti enak nempelin dengkul ke aspal saat kita cornering,

 pemandangan yg indah serta jalan yg bagus, membuat kami terkagum-kagum saat melintasi daerah ini, 

tak terasa sudah hampir 2,5 jam kita berkendara. melewati bukit2 naik dan turun yg tiada habis nya.melewati tempat yang benar2 sangat sepi dan tempat2 yang sangat asri.

tiba2 gerimis mulai turun, memang sedari kita memasuki daerah linggosari ini mendung sudah mengikuti kami,
ane berharap jangan sampai turun hujan,sebab pasti akan sangat menyiksa sekali ketika hujan turun di daerah perbukitan seperti ini.

gerimis yang masih malu2 terus mengikuti kami. sampai pada saat nya mau memasuki daerah dieng hujan lebat benar2 turun. ane langsung merapat di sebuah bangunan. kebetulan ada seorang ibu yang juga berteduh.

ibu ini terlihat dari pakaian dan bawaan nya dia sedang berkebun, jadi di daerah ini warga sekita mempunyai pekerjaan berkebun, tentu nya tanaman khas daerah yg mereka tanam, seperti kol, wortel dan berbagai jenis sayuran lain nya.

ibu itu bertanya kepada kami,maksud dan tujuan kami.
kita jawab mau ke jogja bu. kata si ibu sekitar 4 jam lagi, dan puncak dieng sudah sekitar 30 menit lagi dari tempat kami berteduh.

hujan turun semakin deras, bahkan ini bukan deras yang biasa, ini sangat-sangat deras. dan tidak ada tanda tanda untuk berhenti. sekitar 30 menit kita berteduh hujan semakin lebat. ane gak tau, apakah memang hujan di derah perbukitan seperti ini,

ane berfikir,kalo kita bertahan menunggu hujan reda dan kita gak tau kapan berhenti nya. 
ane kepikiran giman kalau kita trobos aja ini hujan,agar kita tidak terlalu malam sampai di jogja nanti. istri pun setuju. 

setelah memakai jas hujan,dan memastikan barang2 aman kita terobos hujan yg sangat lebat ini,

asli gan ini hal gila. ujan yg deres di dataran dieng ini dingin nya luarrrr biasa, jari tangan dan kaki yg tidak menggunakan sarung tangan dan sepatu langsung beku, sehingga sangat sulit sekali untuk di gerakan. badan meng'gigil sejadi-jadi nya

mau berhenti lagi udh tanggung,udah basah semua, kita tetap lanjut dan bertahan.
di bawah hujan dengan guyuran yang sangat deras ini pemandangan cantik bukit2 dieng ini sungguh gila. ini pemandangan yang luar biasa yg penah ane lihat

memang kita menggigil kedinginan,tapi kita di bayar dengan pemandangan yg luar biasa indah ini, ane gak bohong agan-agan mesti merasakan sendiri lewat jalur ini ketika ke dieng suatu saat nanti.

motor matic yg ane gunakan pun sudah kepayahan sekali menaikin jalur dieng ini, dengan sisa sisa tenaga dia berusa mengantar ane dan istri sampai ke puncak.
ane sempet berbicara sama ini motor,

ayo dong, jangan ada masalah, plisss...
dengan susah payah akhir nya kita sampai di puncak dataran dieng, sebener nya kita mau ambil foto di tugu Dieng karna hujan yang sangat lebat dan kita gak mungkin buat keluarin hp atau kamera. jd kita urungkan niat kita tersebut

kita langsung lanjut turun ke arah wonosobo.
karna posisi kita sudah di dataran tinggi dieng,saat kita ke arah kota wonosobo jalanan otomatis selalu menurun. jalanan yg licin membuat kita ekstra hati hati.
kita sempet berhenti buat ambil foto di gerbang selamat datang dieng yg dari arah wonosobo, hitung2 menebus foto yang gagal di atas tadi

kebetulan juga di sini hujan sudah reda.walau masih mendung hujan sudah berhenti. sekalian kita lepas jas lalu kembali melanjutkan perjalanan.
tujuan kita kota wonosobo-parakan-temanggu-secang-magelang-jogja

tapi saat kita sedang menuju wonosobo ane lihat palang penunjuk arah ke kota parakan-temanggu. ane reflek langsung belok kiri mengikuti tulisan itu, bini ane sebagai boncenger sempat bertanya "kok kita belok, kata nya lurus terus sampai ketemu alun-alun wonosobo.

ane juga gak tau kenapa ane belok aja, kita berenti untuk bertanya sama warga sekitar agar lebih memastikan kalau jalur ini bisa tembus langsung ke parakan tanpa melalui wonosobo.

abang-abang gorengan yang mangkal di tepi jalan yg menjadi sasaran kami bertanya.
si abang menunjukan jalan ke kota parakan,' iya ini lurus aja ngikutin jalan,nanti tembus di parakan.begitu kata nya.

tanpa menjelaskan seperti apa medan yang ada di depan si abang menyuruh kami untuk lurus saja ,kami lanjutkan perjalanan dengan penuh percaya diri"

jalanan ini terus menanjak, di kanan dan kiri hanya ada tanaman teh seperti di daerah puncak bogor, pemandangan nya keren banget tidak kalah dengan di dieng tadi.
dari tadi ane perhatiin ini gunung apa sih kok sebelahan kaya gini, jadi sepanjang perjalanan menanjak ini ane seperti nya di apit oleh dua gunung dikiri dan kanan

sepertinya kami sudah sampai dataran paling tinggi. karna kita bisa melihat kota2 di bawah kita,ane gak tau itu kota2 apa aja. kenapa ane bisa nebak kita udh di dataran paling tinggi, karna terk yg kami lalui menjadi terus menurun. bahkan sangat gila menurut ane turunan nya, jangan coba coba jika baru belajar naik motor melewati daerah ini, 

saat menuruni trek inilah kami melihat sebuah tempat rekreasi bernama Sinsun tempat rekreasi nya bagus, masih terbilang belum terlalu ramai,

ane dan istri sempat berhenti dan melongok sebentar, bener2 tempat yang asik,karna berada di atas ketinggian yang pemandangan nya di kelilingi gunung ane masih belum sadar itu gunung apa. ane dan istri berencana akan ketempat ini lagi suatu saat nanti bersama anak anak.

pas mau jalan ane liat tulisan taman rekreasi Sinsun (sindoro-sumbing)
ooohhh ane baru sadar, ternyata dua gunung yang mengapit selama perjalanan ane ini adalah gunung sindoro di sebelah kiri dan gunung sumbing di sebalh kanan.

perjalanan menurun ini menuju daerah parakan ane disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa, pemandangan yg cuman bisa kita lihat di lukisan,asli gan bener2 indah.

turunan sudah habis,kita masuk daerah parakan, disini daerah nya bagus banget,gunung masih terlihat,benar2 seperti desa di bawah kaki gunung seperti di lukisan, ane lihat ada spbu, pas dengan di tandai strip bensin yg tingal satu garis, ane isi bensin sekalian buang air kecil,

melanjutkan perjalanan di parakan menuju temanggu, sudah habis suara kami karna sering berbicara teriak karna mengagumi alam di daerah parakan dan temanggu ini. beruntung lah orang2 yang tingal di daerah ini,daerah nya sejuk dan adem banget.

tak terasa setelah melewati secang kita masuk ke kota magelang. badan yang sudah lemes pantat yg seperti mau terbakar kembali bersemangat ketika memasuki kota magelang ini. karna sudah di pastikan tidak kurang dari satu jam kita pasti akan tiba di jogja. 
dan setelah kurang lebih satu jam berkendara kita sampai di kota jogja
akhir nya...
kita berhenti di tugu jogja,memesan teh hangat dan beberapa makanan khas angkringan untuk beristirahat,

angkringan nya sangat khas sekali,pilihan makan nya pun banyak,dan yg paling penting terlihat bersih.kita santai sambil ngobrol dengan pengunjung sekitar yg seperti nya memang orang2 jogja,






kita tanya2 kemereka siapa tau mereka tau ada penginapan murah di sekitaran tugu jogja ini.mereka memang merekomendasikan beberapa tempat, tapi semua tempat tersebut penuh. setelah muter2 kami mencari , kami dapat di hotel kecil bernama srikandi, kita langsung cek in untuk 2 malam.

sekitr jam 9 malam kita jalan2 keliling sekitaran malioboro untuk cari makan.
sebener nya nafsu makan sudah hilang,karna rasa lelah yang sudah gak bisa di tawar lagi,rindu nya badan ini akan rebahan di kasur membuat kami hanya membeli martabak telor dan berencana makan di hotel saja.

sampai di hotel martabak gak kita sentuh,kita rebahan dan ketiduran sampai pagi,,hehehe
badan yg lelah dan pantat yang seperti nya sudah tidak menyatu dengan badan membuat kami terlelap tanpa terjaga semenit pun.

bersambung....




VolkswagenPutih
angraic
vkry.fikri
vkry.fikri dan 18 lainnya memberi reputasi
19
9.8K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan