itsekaeAvatar border
TS
itsekae
5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari


Susah tidur di malam hari ??, hampir setiap orang pasti pernah mengalami masalah susah tidur. Gangguan tidur jika dibiarkan juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, karena gangguan tidur akan menyebabkan kurangnya waktu istirahat untuk tubuh kita.

Sebagian besar orang dewasa memerlukan 7 hingga 9 jam semalam untuk jumlah tidur terbaik, meskipun beberapa orang mungkin membutuhkan sedikitnya 6 jam atau sebanyak 10 jam tidur setiap hari.

Oleh karena itu menjaga kualitas tidur kita sangatlah penting, lalu apa saja penyebab susah tidur di malam hari ??

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

1. Jam tidur yang tidak konsisten



Jam tidur yang tidak konsisten akan mempengaruhi siklus tidur kita, sehingga durasi tidur kita juga tidak akan teratur. Jam tidur yang konsisten sangat penting agar kita terhindar dari masalah susah tidur di malam hari.

Jam tidur yang tidak teratur setiap malam akan mempengaruhi kondisi tubuh, karena tubuh tidak mendapatkan porsi untuk istirahat yang cukup dan teratur.

2. Terlalu banyak cahaya



Cahaya dapat menyebabkan kita susah tidur, karena cahaya dapat mempengaruhi produksi hormon melatonin dalam tubuh, hormon melatonin sangat penting karena dapat memberi tanda pada tubuh untuk segera tidur.

Hormon melatonin biasanya akan diproduksi tubuh pada saat gelap, atau di kondisi dengan sumber cahaya yang minim. Oleh karena itu cahaya dapat menjadi penyebab gangguan susah tidur yang kita alami.

Handphone, tv, serta berbagai macam gadget lainnya yang memiliki layar juga akan menjadi penyebab masalah susah tidur di malam hari.

3. Kafein



Suka minum kopi ??, kebiasaan tersebut dapat menjadi penyebab susah tidur, karena kopi mengandung kafein yang cukup tinggi.

Kafein dapat menambah konsentrasi, fokus, serta meningkatkan kerja jantung. Tentu hal tersebut dapat menghambat proses tidur kita, kandungan kafein juga dapat bertahan di dalam tubuh selama 5 jam.

Kandungan kafein tidak hanya terdapat pada kopi, kafein juga terdapat pada teh, obat-obatan, serta 'energy drink'.

4. Stress



Banyak pikiran atau bahkan cenderung stress akan menjadi faktor yang menyebabkan gangguan susah tidur, berbagai macam permasalahan hidup dapat memicu stress bahkan hingga depresi.

Semakin tinggi tingkat stress seseorang akan membuat orang tersebut semakin susah untuk tidur di malam hari.

5. Tempat tidur



Keadaan tempat tidur yang kurang bersih dan rapi juga dapat menjadi penyebab susah tidur, bagi sebagian orang kebersihan tempat tidur akan mempengaruhi kenyamanan tidur mereka.

Bukan hanya tempat tidur, sebaiknya badan juga dalam keadaan bersih agar tidur bisa lebih nyaman dan nyenyak.

Lingkungan atau tempat tidur yang nyaman akan meminimalkan gangguan ketika kita sedang tidur, sehingga kualitas tidur akan menjadi lebih baik lagi.

Jangan remehkan jika mengalami masalah atau gangguan yang menyebabkan susah tidur, apalagi jika hal tersebut dialami setiap hari.

Susah tidur akan mengakibatkan gangguan kesehatan, atau bisa juga menjadi indikasi kesehatan yang sedang bermasalah.


Selamat Tidur agan sekalian emoticon-Betty

SUMBER INFO
Diubah oleh itsekae 09-01-2020 06:58
tata604
rykenpb
lina.wh
lina.wh dan 9 lainnya memberi reputasi
10
5.8K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan