nissinfoAvatar border
TS
nissinfo
Eits.. Jangan Dibuang! Ada Beberapa Buah dan Sayur Yang Punya Manfaat Tersembunyi Lho
Siapa sangka ada khasiat dari bagian buah dan sayur ini sering dibuang dan dianggap tak berguna. Sungguh, tidak berperiketumbuhan sekali :')
Bagian buah dan sayur ini sering dibuang karena manfaat yang terkandung belum terlalu diketahui masyarakat luas. Nah, abis baca artikel ini, udah tau dong ya.. Woiya duns.

Semua orang tahu lah ya kalo buah dan sayur merupakan sumber nutrisi terpenting bagi tubuh. True? Yap.
Tapi sayang banget kesadaran itu tidak diimbangi dengan pengetahuan cukup tentang apa saja kandungan dari buah dan sayur itu. Janin, misalnya. Eh.

Okeey, berikut beberapa bagian buah dan sayur yang sering kali dibuang tanpa tahu manfaat yang dikandung di dalamnya.



1. Kulit apel



Siapa nih yang suka makan apel? πŸ™ƒ
Biasanya kalo makan apel, kulitnya dikupas dulu ato langsung dimakan sama kulit-kulitnya? Ato bijinya ikutan dimakan? WOW, ntaps gan. Tapi pohonnya jangan ikutan dimakan yah.
Tapi juga banyak yang beralasan beribu alasan kalo kulit apel itu susah buat dikonsumsi. Gini, coba bandingin. Susahan mana? Makan apel sama kulitnya ato Jalanin idup penuh dengan keputus asaan? Ow jangan putus asa gan, jodoh ga bakal ketuker kok. Cuman lagi nyasar aj di ati orang. Eh.

Tapi gaes, di dalam kulit apel yang anda buang terdapat kandungan quercetin, yaitu antioksidan yang menjaga kesehatan paru-paru dan otak kita. WOWπŸ™ƒ dan buka itu aja, ada kandungan serat dan vitamin juga lho gaes.
Jadi, kalo mau makan apel sama kulitnya, tapi ga mau ngunyah kulitnya. Ya jus aja, tapi jangan lupa dicuci dulu yah, biar semua kuman membandel jadi ga ikutan diblender, kan kasian T_T uhukk



2. Kulit buah sitrus



Ada banyak jenis buah sitrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan lain-lain yang masih sodaraan sama buah yg disebutin? Ditulis? Diketik lah.

Pasti kalo makan buahnya, cuman dagingnya aja ya? Fix, kita sama. Tapi tahu kah anda? Senyawa flavon polmoksilasi di kulit buah sitrus, bukan kulit anda yah, juga mampu mencegah munculnya penyakit jantung dan peradangan dalam tubuh. Hayo yang suka radang tenggorokan segala macem, ngeradang kok suka_-"

Nah kalo ga mau mengonsumsi langsung karena rasanya yang sangat asyam dan pahit, olah aja jadi campuran dalam jus.
Atau, rendam kulit jeruk di dalam air, potong sesuai keinginan, dan campurkan dengan menu masakan yang kita akan buat.



3. Daun buah bit



Sebelumnya tau apa itu bit? Apakah sejenis kendaraan? Motor misalnya. Eh.
Buah bit termasuk jenis umbi-umbian, bentuknya mirip dengan kentang dengan warna unyus kemerahan.

Kebanyakan dari kita, hmm.. Bukan, anda (saya belum pernah makan soalnya, uhukk) hanya mengonsumsi akarnya saja atau pun dagingnya. Dan daunnya dibuang gitu aja.
Padahal daun buah bit memiliki kandungan kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin K. Yakin masih mau buang daunnya? Atau, anda mau toilet baru cuman 6ribu? Ei_- malah iklan. Ga nyambung pula T_T
But gaes, daunnya bisa diolah dengan menumisnya sama kek sayur pada umumnya. Jangan lupa tar bagi ke saya ya, tumisannya. Kirim via goput aja. Ditunggu.



4. Kulit semangka



Kulit semangka bisa dikonsumsi? Apa?! Kulit manggis sekarang udah ada ekstraknya? Ei_-
Kulit semangka memiliki berbagai kandungan yang berguna bagi tubuh, yaitu asam amino, atau sering juga disebut sebagai L-citruline, berperan dalam penghilangan kadar nitrogen dalam darah dan juga dapat meningkatkan kinerja otot dan mengurangi nyeri pada otot.



5. Daun Lobak



Sama kek daun buah bit, daun lobak juga dapat dikonsumsi lho? Masa? Iya ih T_T ga percayaan deeh (nanya sendiri, jawab sendiri πŸ™ƒ )

Dalam daun lobak terkandung banyak vitamin A, vitamin K, zat besi, kalium, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.
Lalu, bagaimanakah cara mengolahnya? Tumis saja. Tapi ingat, jangan memasaknya dalam waktu yang lama, tar gosong soalnya. Ehe. Ya selain gosong, kandungan di dalamnya bisa hilang. Dan tak tau kemana harus kucari.



6. Kulit kentang



Kulit lagi gaes.
Siapa yg ga suka kentang? πŸ‘‰DiaπŸ‘ˆ

Pada umumnya kentang dikonsumsi dengan dibersihkan hingga bersih dulu kan yak. Ya dikupas kulitnya gitu.
Padahal kulit kentang mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, dan nutrisi lainnya.
Bakal sayang banget ya kalo dibuang sia-sia. Auto pasti nyesel udh nyia-nyiain yg udah berjuang demi dia, tapi ga peka-peka. Bodoamat lah_-
Jadi, abis ini kalo mau ngolah kentang, gosah kupas dulu. Cuci aja sampe bersih. Bersih bening, seperti tanpa kaca. Ei.



7. Biji labu kuning



Ni labu biasanya diapain? Dikolak? Dijilat? Diputar? Trus dicelupin?
Pasti bijinya dilupain nih. Cuman konsumsi dagingnya aja. Padahal dalam biji labu mengandung magnesium, zat besi, protein, dan fitosterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.



8. Batang bayam




Bayam, masyarakat kita sering hanya mengonsumsi daunnya aja kan ya? Dan batangnya dibuang. Setega itukah anda?

Untuk anda ketahui, batang bayam mengandung lebih banyak serat daripada daunnya lho T_T Bahkan kandungan gizinyapun sama besarnya.



9. Batang brokoli



Bagian brokoli yg dimanfaatkan biasanya cuman kepala bunganya aja ya, trus batang besarnya dibuang, dicampakkan, sungguh kasihan sekali dia. Brokolinya. Padahal batangnya itu (kok ambigu ya_-) punya banyak vitamin dan nutrisi lho. Apa? Toilet baru cuman 6rb (2)?



10. Rambut Jagung



Berkarya tanpa batas sekali ya, yg ngucir rambut jagungnya :") duh, wawasanku luas banged

Rambut jagung dapat membantu menurunkan kadar gula darah (pixabay)
Mungkin kita sering mengabaikan bagian ini, namun siapa sangka justru bagian inilah yang memiliki manfaat luar biasa.
Rambut jagung ternyata memiliki khasiat untuk melarutkan batu empedu dan menurunkan tekanan darah.
Anda bisa merebusnya dan meminum ekstrak dari larutan rambut jagung ini untuk melarutkan batu empedu dan menurunkan tekanan darah.



11. Akar bawang merah



Ga banyak yg tau kalo akar bawang merah ini punya khasiat untuk menurunkan suhu tubuh lho.
Akarnya mengandung sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang bisa digunakan untuk menyembuhkan flu dan sinus. Masa? Iya emoticon-Smilie
Cara mengkonsumsinya, kita hanya perlu menyiapkan 4-5 akarnya jangan lupa dicuci yah, kemudian direbus, lalu minum air hasil rebusannya.



12. Kulit jeruk



Kulit jeruk memiliki sifat anti-penuaan, bisa awet muda nih gaes, dan juga bisa digunakan untuk memutihkan kulit dan gigi serta mengurangi berat badan dengan menurunkan kadar kolesterol.
Coba kita buktikan emoticon-Smilie

Nah gaes kulit jeruk juga bisa menyembuhkan mabuk perjalanan nih, hayo yg suka mabok.
Caranya, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari. Kemudian ambil nafas yg dalam sambil mencium kulit jeruk, emm.. bukan dicium beneran yah, dihirup gitu maksudnya. Maka akan menyembuhkan rasa mual dan pusing.



13. Kulit jeruk bali



Kulit jeruk ini bisa menghilangkan aghoma aghoma tak sedap nih.
Caranya?
Potong dan keringkan bagian putih kulit jeruk ini. Lalu, letakan di sekitar rumah atau kamar untuk menjaga udara harum dan menghilangkan bau tak sedap. Uwaw.



14. Kulit pisang



Gaes, jangan buang kulit pisang sembarangan, tar ada yg kepeleset (katanya). Daripada dibuang, mending manfaatkan kulit pisang untuk banyak hal. Bisa buat kulit kering dan pecah-pecah kek ati ini..ugh :'( kulit pecah-pecah biasanya di kaki kan ya..
Begini caranya..
Oleskan kulit pisang ke area kulit yg kering dan pecah-pecah itu. Gampang kan? Lakukan dengan rutin, tiap hari kalo bisa. Nah kulit kamu bakal lembab lagi dalam waktu singkat. Ya kecuali ngolesinnya jarang banget sih.

Sekian dulu gaes, makasi udah mampir.
Sumber : berbagai syumber
lina.wh
nona212
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.1K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan