lurika
TS
lurika
8 Jajanan Khas Makassar Ini Masih Menjadi Primadona Dalam Era Cheese Cake


Assalamualaikum Agan n Sist. Berjumpa lagi bersama ane di thread ane, (heheheh, iyalah thread ane masa thread tetangga๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ). Tanpa banyak basa-basi entar basi beneran, yukk langsung aja ane membuka threadnya.

Kali ini ane mau membahas soal jajanan tradisional yang ada di Makassar. Jajanan tradisional ini masih eksis sampe sekarang, lho. Dibuktikan dari sekian banyaknya kue modifikasi yang dijual dipasaran dengan harga murah meriah, kue-kue ini pun juga masih menjadi primadona. Banyak konsumen yang masih menjadikannya makanan utama dipagi hari atau jajanan sore dan bekal untuk anak-anak.

Selain itu, kue ini juga sering dijadikan oleh-oleh khas kota Makassar yang tidak memakai label produksi. Tapi, walaupun tanpa label produksi dan embel-embel Badan Pengawas Obat dan Makanan, kue-kue ini dijamin halal dan sehat, secara kue-kue ini selalu fresh from the oven AganSist. No pengawet-pengawetan buatan.

Agan dan Sist penasaran? Yuk, dilanjutin baca thread ane sampe habis.

1. Taripang
Kue primadona kita yang pertama adalah kue taripang. Kue ini bentuknya oval dan diselimuti cairan karamel yang terbuat dari gula merah. Bahan utama dari kue ini adalah tepung ketan bisa ketan putih ataupun hitam, tapi masyarakat Makassar lebih suka memakai tepung ketan hitam katanya biar terlihat manis. Tepung ketan tersebut kemudian dicampur dengan bahan-bahan pendampingnya lainnya, seperti kelapa, santan kental, dan air, tak lupa juga untuk rasa manis dan sedikit gurih tambahkan gula dan garam secukupnya atau sesuai selera.



2. Buroncong
Yang kedua adalah kue tradisional khas Makassar yang bernama Buroncong. Kue ini sangatlah disukai oleh semua kalangan masyarakat, bahkan saat berada di Poros Kota Makassar Daeng penjual jajanan ini sangat mudah untuk ditemui, memilih berjualan didepan Toko perlengkapan sekolah dan ATK terbesar di Kota Makassar. Bahan-bahan untuk membuat kue inipun mudah banget didapat di pasaran. Bahan utamanya terdiri dari terigu dan kelapa parut yang setengah tua, jangan lupa juga santan encernya dan bahan tambahan lainnya seperti gula, soda kue dan garam.



3. Bassang
Primadona berikutnya adalah bassang. Bassang adalah makanan yang terbuat dari jagung pulut yang dimasak dengan santan hingga menjadi seperti bubur. Bassang adalah kue khas Makassar yang sering disantap dipagi hari atau menjadi pengganti nasi saat sarapan.



4. Putu Cangkir
Si mungil berwarna kuning ini adalah kue primadona selanjutnya. Kue ini memiliki isian didalamnya berupa kelapa parut. Kue ini terbuat dari tepung beras dan tepung ketan yang dikukus. Kue ini banyak dijumpai di Kabupaten Gowa. Bentuknya yang menyerupai cangkir jika dibalik membuat namanya memiliki aksen cangkir. Kue ini juga kerap dijadikan oleh-oleh, kue ini bernama Kue Putu Cangkir, selain warna khas yang berwarna kuning kini kue ini juga telah dimodifikasi dengan berbagai perisai makanan seperti pandan yang berwarna hijau, dan juga ada yang berwarna hitam yang berasal dari beras ketan hitam.



5. Bubur Ketan Hitam
Kue primadona selanjutnya berasal dari beras ketan hitam. Biasanya bubur ini jika dijual akan selalu diduetkan dengan bubur bassang, tapi untuk sekarang ini mereka hanya diduetkan saat dikampung-kampung saja. Jika sudah di perkotaan mereka selalu dijual terpisah. Bubur ini dimasak dengan santan yang dimasak hingga kekentalan yang diinginkan. Bubur ini memiliki toping taburan santan kental diatasnya yang menambah keinginan menyantapnya tak terkendalikan.



6. Ka'do' Bo'dong
Kue yang satu ini sudah jarang terlihat dan susah didapat jika di perkotaan. Kue ka'do' bo'dong ini hanya eksis dikampung-kampung, walaupun seperti itu kue ini masih tetap menjadi primadona sebab kue ini masih terus eksis hingga sekarang. Kue ini terbuat dari bahan utama tepung beras ketan dan kelapa yang agak muda. Cara memasak kue ini tidak beda jauh dengan kerak telor. Bedanya kue ini memiliki isian kelapa dan gula. Kue ini nikmat disantap saat sore hari bersama teh.



7. Burangasa'
Burangasa' adalah kue yang isiannya full dengan kacang hijau yang sudah dimasak hingga kental dan sedikit mengering. Kue ini juga senasib dengan kue sebelumnya. Mereka hanya eksis di kampung-kampung, padahal kue ini cocok banget temani hari kita yang sedang suram karena rasa manis dari kacang hijaunya membuat hari kita ceria lagi.



8. Bayao Pannyu
Kue primadonna yang terakhir adalah kue bayao pannyu atau dalam bahasa Indonesia kue telur penyu. Eits, jangan salah sangka dulu yah, kue ini 100% terbuat dari tepung-tepungan yang memiliki isian kelapa parut, kue ini berbentuk bulat dan luarannya diolesi dengan tepung. Kue ini mirip dengan mochi maka dari itu kue ini diberi nama mochi biar kekinian.



Gimana GanSist, apa ada yang berniat mencoba salah satu jajanan tradisional Makassar ini? Jika ada silahkan cari cara nembuat dari masing-masing kue diatas, mbah google mah lengkap GanSist.

Sudah dulu yah tulisannya. Ane mau lanjut rebahan. Siapa tahu nemu ide baru lagi. Sampai jumpa di thread ane selanjutnya.

Diubah oleh lurika 20-02-2022 12:45
embunsuciriwidyfarinamany
farinamany dan 50 lainnya memberi reputasi
51
14.7K
350
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan