LordFariesAvatar border
TS
LordFaries
PDIP Sebut Anies Baswedan Harus Tiru Risma dalam Atasi Banjir

Liputan6.com, Jakarta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai banjir yang terjadi di DKI Jakarta adalah cermin rusaknya tata kelola lingkungan. Seharusnya, Pemprov DKI bisa melihat apa yang sudah dilakukan Jokowi, Basuki Tjahaha Purnama, Djarot Syaiful Hidayat, ketika memimpin.

BACA JUGA : Anies Baswedan Perkuat Tanggul Latuharhari Agar Tak Jebol, Usai Ada Rembesan
Gubernur DKI Anies Baswedan pun, kata dia, dapat melihat Tri Rismharini Wali Kota Surabaya, Hendrar Prihadi atau Hendi Wali Kota Semarang dalam pengendalian banjir.

Menurut dia, persoalan pencegahan dan pengendalian banjir itu merupakan ukuran kualitas kepemimpinan kepala daerah.

"Kota Surabaya, dan bahkan Kota Semarang secara topografis tidak jauh beda dengan Jakarta juga menghadapi ancaman karena menaiknya muka air laut. Demikian halnya Kota Surabaya tidak kalah kompleks. Namun melalui program komprehensif, terarah, fokus, dan pemimpinnya memahami persoalan lapangan, maka direction (arahan) yang diberikan sangat jelas, pencegahan banjir. Kedua kota besar tersebut terbukti efektif mengendalikan dan mencegah banjir," ungkap Hasto, Sabtu (4/1/2020).


Banjir Tak Bisa Diatasi dengan Membagi Nasi Bungkus

Ciliwung Meluap, Banjir Rendam Kawasan Rawajati
Warga menggunakan perahu karet berusaha keluar dari salah satu gang di Kawasan Rawajati yang tergenang banjir, Jakarta, Rabu Rabu (1/1/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Selasa sore (31/12/2019) mengakibatkan banjir di sejumlah titik di Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Dia menuturkan, apa yang terjadi di Jakarta tidak bisa diatasi dengan membagi nasi bungkus ketika banjir.

"Banjir di Jakarta tidak bisa juga dibelokkan akar persoalannya dengan menyalahkan hulu sungai. Banjir merupakan persoalan kepemimpinan dan manajemen. Pernyataan selebar apapun sungai di Jakarta, selama air dari selatan dibiarkan bebas mengalir ke daerah pesisir termasuk Jakarta, bukanlah pernyataan yang bijak, dan cenderung cuci tangan," ucapnya.

Menurut dia, pada Rakernas I PDIP tanggal 10-12 Januari, tentu akan menaruh perhatian soal ini.

"Rakernas I Partai secara khusus akan menaruh perhatian pada persoalan tersebut, sehingga lahirlah kebijakan komprehensif Partai di dalam mencegah dan mengendalikan banjir untuk dijalankan bagi seluruh kepala daerah dari PDI Perjuangan," kata Hasto.

https://m.liputan6.com/news/read/414...m-atasi-banjir

emoticon-Big Grin
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.5K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan