askakaAvatar border
TS
askaka
Kenapa Harus Merantau? Inilah Alasan Orang MinangKabau Merantau, No 4 Bikin Takjub!

sumber dari sini




Apa sih Merantau?

Menurut WikipediaMerantau adalah perginya seseorang dari tempat asal ia tumbuh besar ke wilayah lain untuk mencari pengalaman atau menjalani kehidupan.

Namun dalam Minangkabau merantau adalah sebuah keharusan. Jika seseorang ingin dipandang sudah dewasa ia harus merantau khususnya bagi pemuda Minangkabau. Masyarakat Minangkabau akan menganggap pemuda yang masih lajang dan tidak merantau sebagai seseorang yang penakut dan tidak mandiri.

Tidak hanya itu saja, merantau di Minangkabau disebabkan oleh faktor-faktor tertentu diantara lain:

1. Sistem Matrilineal
Sistem matrilineal adalah sistem dimana hak waris harta hanya diberikan pada pihak perempuan, sedangkan pihak laki-laki hanya memiliki hak kecil. Hal inilah yang membuat para kaum pria di Minangkabau memilih mengadu nasib di Wilayah lain.


sumber dari sini

2. Ekonomi
Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap tahun pertumbuhan penduduk terus meningkat, hal tersebut juga terjadi di Minangkabau. Di Minangkabau para Pemuda akan merasa malu kalau tidak bisa bekerja, mereka akan merasa terbeban jika terus meminta pada orangtua. Apalagi pada umumnya masyarakat Minangkabau berprofesi sebagai petani dan buruh lepas yang berpenghasilan seadanya.

3. Faktor Pendidikan
Adanya hukum "adat basandi sara', sara' basandi kitabullah" memperkuat bahwa pendidikan sangat penting bagi masyarakat Minangkabau khususnya pendidikan agama islam. Hal itu memaksa orang-orang pergi ke Wilayah lain untuk menuntut ilmu.

4. Meneruskan kesuksesan para perantau sebelumnya
Banyaknya perantau Minangkabau yang sukses, juga menjadi dorongan tersendiri bagi para pemuda yang ingin merantau. Contonya, Bapak Basriza Koto, jika dikulik lebih dalam latar belakangnya beliau bahkan tidak tamat Sekolah Dasar. Namun saat ini sosoknya sangat menginspirasi para pengusaha di Indonesia, pria yang akrab dipanggil babe Basko ini memiliki usaha dibidang batu bara sampai properti. Jadi tidak salah beliau disebut sebagai Crazy rich Pariaman.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa konsep merantau bagi masyarakat Minangkabau sangat berbeda dengan merantau yang dilakukan oleh masyarakat daerah lain. Namun apapun itu alasanya semua yang dilakukan dengan usaha dan doa pasti akan mencapai kesuksesan nantinya.
Diubah oleh askaka 07-01-2020 09:47
anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 38 lainnya memberi reputasi
37
12.1K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan