I.W.a.KAvatar border
TS
I.W.a.K
Viral Gigitan Bisa Ular Kobra Dapat Disembuhkan Dengan Bawang Merah, Benarkah?


Sejumlah daerah di Indonesia pada awal musim penghujan ini dihebohkan dengan banyaknya penemuan anakan ular kobra yang tentu saja menimbulkan keresahan bagi warga, karena seperti yang diketahui ular kobra walaupun masih berupa anakan sudah memiliki bisa yang juga mematikan bila orang yang terkena bisanya tidak segera ditangani dengan benar.

Ramai tentang pemberitaan penemuan ular kobra ini diikuti juga dengan ramainya postingan di media sosial tentang bagaimana cara penanganannya, termasuk juga tentang bagaimana cara menangani orang yang terkena gigitan bisa ular kobra secara medis maupun non medis atau tradisional.

Menggunakan bawang merah untuk mengobati orang yang terkena bisa ular kobra menjadi viral setelah seseorang melalui postingannya di Facebook mengatakan bahwa bawang merah beserta kulitnya yang dikunyah sampai halus kemudian ditempelkan pada bekas luka gigitan ular kobra akan bisa membuat bengkak akibat gigitan itu menjadi kempes. Orang tersebut juga mengatakan bahwa ini adalah berdasar dari pengalaman pribadinya.



Menanggapi hal ini kepada kompas.com Ahli Toksonologi dan Bisa Ular, Dr. dr. Tri Maharani, M.Si.SE.SP.EMmengatakan bahwa postingan tersebut adalah hoax. Beliau menghimbau agar masyarakat tidak menggunakan cara seperti itu ataupun pergi ke dukun. Jangan pula mengeluarkan darah, menghisap atau menyedot racun ular, memijat, mengikat dan menggunakan obat herbal pada bekas gigitan ular. Bahaya!

Langkah yang paling benar adalah segera ke tempat pelayanan kesehatan terdekat untuk medapatkan tindakan medis. Korban gigitan ular untuk pertolongan pertama sebelum mendapat perawatan medis diharapkan untuk tenang dan tidak banyak bergerak guna mencegah penyebaran bisa di dalam tubuh atau bisa juga dengan memasang bidai di area gigitan ular sebagai antisipasi pergerakan.



Well musim penghujan begini memang waktu yang ideal buat telur-telur ular kobra itu menetas karena telur ular membutuhkan suhu yang lembab beda halnya dengan telur ayam yang harus hangat. Waspada saja dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan seluruh area tempat tinggal kita masing-masing. Bila menemukan ular kobra ataupun telurnya kalau tidak paham segera hubungi ahlinya atau Damkar di nomor 113 atau 1131.

Sekali lagi mohon diingat apabila kita apes terkena gigitan bisa ular kobra ataupun melihat orang lain yang terkena segera larikan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat dengan pertolongan pertama seperti yang sudah disampaikan di atas.
•••

Kalau agan dan sista punya pendapat lain silahkan dibagikan pada kolom komentar. Mohon maaf dan dikoreksi apabila ada kesalahan.

Terimakasih.



Sumber ini
Gambar 1 2 3
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
20.3K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan