haz0204Avatar border
TS
haz0204
Bekerja di Luar Zona Nyaman, Why Not? 7 Tips Berikut Ini Bisa Anda Terapkan Lho!
Bekerja di Luar Zona Nyaman






Assalamualaikum. Hai, Agan dan Sista. Bagaimana kabar hari ini? Semoga sehat selalu, ya. Jumpa lagi di thread ane.


Pada dasarnya hampir sebagian besar orang selalu memilih pekerjaan yang ia sukai. Sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Bagi beberapa orang, mungkin bekerja di luar kriteria kita merupakan hal yang sulit. Itulah sebabnya, terkadang mereka tak bisa bertahan lama dengan pekerjaan tersebut.

Namun, bagaimana jadinya jika suatu saat kita harus menerima pekerjaan yang bisa dibilang tak sesuai dengan diri kita? Atau bisa dikatakan pekerjaan tersebut merupakan suatu pekerjaan di luar zona nyaman kita? Misalnya saja kita yang pendiam, mendapat pekerjaan menjadi seorang marketer di mana kecakapan dalam berbicara sangat dibutuhkan? Haruskah kita menolaknya? Sementara kita sangat membutuhkan pekerjaan guna bisa memenuhi segala kebutuhan?

Beberapa tips berikut bisa diterapkan bagi orang yang baru saja mendapatkan pekerjaan di luar zona nyamannya :

1. Tanamkan Rasa Suka Pada Pekerjaan Tersebut

Sebelum menekuni pekerjaan itu, tanamkan dulu rasa suka pada pekerjaan yang akan kita tekuni itu. Ibaratnya, jika kita menyukai orang, pasti apapun nanti meski ada yang menjelek-jelekkan kita tetap bertahan suka sama orang tersebut. Begitu pun dengan pekerjaan. Segala sesuatu jika dikerjakan atas dasar suka, pasti hasilnya baik.

Quote:


2. Yakinkan Diri Bahwa Kita Mampu

Meski pekerjaan tersebut adalah baru dan bisa dikatakan tak biasa buat kita, jangan pernah melakukannya dengan ragu. Terus yakinkan diri bahwa kita mampu. Jika orang lain saja bisa, maka kenapa kita tak bisa?

Quote:


3. Dengarkan Arahan Pimpinan dan Rekan Kerja dengan Baik

Sebagai orang baru, pastinya sebelum melakukan pekerjaan akan diberi arahan oleh pimpinan dan juga rekan kerja lainnya. Dengarkan arahan tersebut dengan baik. Catat hal-hal yang sekiranya perlu dicatat.

Quote:


4. Jangan Malu Bertanya

Seperti kata pepatah, "Malu Bertanya sesat di jalan."
Jika sekiranya betul-betul belum paham dengan pekerjaan kita, maka jangan pernah malu untuk menanyakan hal-hal tersebut pada pimpinan atau pun rekan kerja kita.

Quote:


5. Jangan Pernah Takut Gagal

Saat kita hendak mulai melakukan pekerjaan baru tersebut, jangan pernah takut gagal. Gagal di langkah pertama adalah hal yang wajar. Selanjutnya terus mencoba dan mencoba hingga kita bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan baik.

Quote:


6. Lakukan dan Tekuni Pekerjaan dengan Penuh Tanggung Jawab

Setelah diberi arahan dan sebagainya, lakukan dan tekuni pekerjaan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Beri yang terbaik untuk perusahaan tempat kita bekerja.

Quote:


7. Terus Gali Potensi Diri

Saat kita sudah bisa melakukan pekerjaan yang tadinya merupakan hal baru dan di luar zona nyaman kita, jangan lantas cepat puas. Terus gali potensi diri agar kita bisa selalu melakukan yang terbaik untuk pekerjaan tersebut.

Quote:


Tak ada hal yang sulit dilakukan jika kita tekun menjalankan suatu pekerjaan. Seperti kata pepatah, bisa karena biasa. Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan buat Agan dan Sista yang baru saja mendapatkan pekerjaan di luar zona nyamannya. Semoga bermanfaat.

Sekian dulu dari ane. Kurang dan lebihnya mohon maaf. Sampai jumpa di thread selanjutnya. Ditunggu komen, cendol, dan rate-nya, Gansis.



Penulis : Haz
Sumber Tulisan : Opini Pribadi
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 16 lainnya memberi reputasi
17
5.1K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan