benben1404Avatar border
TS
benben1404
Komik Marvel Pertama Terjual Seharga Rp 17,7 Miliar di Pelelangan!
Agan dan Sista penggemar karakter-karakter besutan Marvel, udah tau belum sejarah awal Marvel Comics?





Dilansir dari Britannica, Marvel Comics pertama kali ditemukan tahun 1939 oleh Martin Goodman, dan waktu itu bernama ‘Timely Comics’ (nama Marvel Comics baru dipakai di tahun 60an).




Melihat popularitas komik pada saat itu, Goodman yang tadinya adalah seorang penerbit majalah, memutuskan untuk beralih dan menerbitkan komik bertema superhero.  Komik pertama terbitan Timely terbit pada bulan Oktober 1939, dengan judul ‘Marvel Comics no. 1’, dan mengisahkan sekelompok superhero, di antaranya Human Torch, Masked Rider, dan Sub-Mariner. Saat itu, publik belum mengenal hero-hero Marvel yang kita kenal sekarang ini. Captain America aja baru muncul di era keemasan komik, yakni di tahun 1940an.




Kalo dilihat dari covernya, komik bersejarah ini dijual seharga 10 sen, alias murah banget. Tapi, jangan harap kalian bisa mendapatkan komik tersebut dengan harga yang sama hari ini.

‘Marvel Comics no.1’ kini udah dianggap barang langka, dan beberapa waktu lalu komik ini berhasil terjual di pelelangan dengan harga fantastis, yakni $1,26 juta atau sekitar Rp 17,7 miliar! 

Pelelangan dilakukan di Dallas, Texas pada Kamis, 21 November 2019 lalu. Menurut juru lelang Heritage Auctions, komik ini terjual dalam kondisi yang masih cukup bagus pada pembeli yang nggak mau disebutkan namanya.




Menurut Ed Jaster, Wakil Presiden Heritage Auctions, komik ini merupakan “salinan bersejarah dari komik bersejarah”.  Pihak Heritage mengatakan komik ini pertama kali dibeli di kios koran oleh seorang tukang pos di Uniontown, Pennsylvania, yang memang gemar membeli cetakan pertama komik dan majalah. Jaster mengklaim kalau sejak itu, komik ini baru beberapa kali berpindah tangan.

Komik ini memecahkan rekor sebagai komik Marvel termahal yang pernah terjual sepanjag sejarah. Rekor sebelumnya dipegang oleh komik antologi ‘Amazing Fantasy #15’  terbitan 1962, yang memuat kemunculan perdana Spider-Man. Komik tersebut terjual seharga $1,1 juta (Rp 15,5 Miliar) pada tahun 2011 silam.

Sementara itu, rekor komik termahal sepanjang sejarah masih dipegang oleh komik Superman terbitan DC Comics tahun 1938, yang terjual seharga $3.2 juta (47 miliar) di eBay.




Nah, Gan Sis yang punya koleksi komik di rumah, mending disimpen baik-baik. Siapa tau nanti bisa dijual dengan harga miliaran. 



Spoiler for sumber:




cor7
StevJr
sebelahblog
sebelahblog dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6.4K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan