mbak.farAvatar border
TS
mbak.far
Ingin Menghindari Artikel Trib*n di Halaman Pertama Google? Sini!

Sumber gambar: kompasiana.com


Kalau sudah membahas tentang tulis-menulis di media online, pembicaraan kita mungkin akan lebih banyak pada kata kunci (keywords), kureri, viewers(jumlah pengunjung), google analytics, search engine optimization, dan lain lain, yang intinya menulis demi memuaskan kriteria mesin.

Tidak semua penulis, menulis hanya agar dibaca manusia. Apalagi menulis online, di mana tuntutan klik dan jumlah pengunjung menjadi seperti hal yang dikejar kejar. emoticon-Embarrassment

Namun, jangan sampai demi kepentingan uang, bisnis dan sejenisnya, penulis (media online) mengabaikan sisi jurnalistik. Misalnya dengan membuat judul click bait.

Ini sungguh tak elok.

Judul memang faktor penting dari sebuah tulisan, baik artikel, berita, atau jenis tulisan lain. Biasanya judul unik dan bombastis akan menarik calon pengunjung untuk meng-klik serta melanjutkan membaca isi tulisan. Atau paling tidak, meng-klik.

Akan tetapi jika ujungnya click bait, judulnya A isinya B, tentu ini terkesan menipu pembaca. Belum lagi terpaksa korban kuota secara sia sia jadinya. Hahaha ...

Rada mengesalkan memang, kalau kita menuju mesin pencarian google, mengetikkan sesuatu atau seseorang yang hendak kita cari referensinya, eh, justru menemukan tulisan yang nggak nyambung dengan judul.

Terlebih lagi jika tulisan tersebut sebenarnya sangat pendek, tetapi memakan berlembar lembar halaman, multiple pages. Misalnya, nih, sebuah artikel yang terdiri dari 3 paragraf dipecah jadi 5 paragraf. Yang isi tulisan sebenarnya sudah muat dalam 3 halaman, bisa dipanjang panjangin jadi 4-5 halaman. Bahkan dalam satu halaman, kadang cuma terdapat satu kalimat doang. Hadeeuuh. Ini tentu merugikan pembaca, terutama pembaca missqueen tipe penghemat kuota macam ane. Hahahaha ...

Nah, sebenarnya pemaparan di atas, ada hubungannya dengan langkah atau tips yang saya bagikan di bawah. (Silakan hubungkan sendiri, hubungannya di mana. Ane kagak enak nyambunginnya emoticon-Embarrassment)

Life hack ini sebenarnya dibagikan oleh Warung Sains Teknologi, ane kira bermanfaat beut buat Agan yang ingin menghindari artikel tribun di page one mesin pencarian google Agan.

Maksudnya, barangkali Agan ingin menghindari artikel yang bisa jadi multiple page dan memasang judul click bait, yang ujungnya bakar kuota secara sia sia itu emoticon-Big Grin

Untuk menghindari, caranya mudah sekali. Agan tinggal ketikkan sesuatu atau nama seseorang atau kata yang hendak dicari di mesin pencarian google, kemudian klik spasi, lalu ketik tanda minus (-), dan ketik kata tribun tanpa spasi.

Contoh: Ahok -tribun

Di bawah adalah hasil screenshoot before-after:

Spoiler for before:


Spoiler for after:



Nah, bagaimana? Bisa membedakan antara before afternya?

Moga gak galham dan bisa ambil manfaatnya emoticon-Big Grin

See you next thread. Moga paham dengan maksud dari narasi ane emoticon-Big Grin


___o0o___

Referensi: sini

anasabila
sebelahblog
LemonJr
LemonJr dan 46 lainnya memberi reputasi
47
9.5K
158
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan