feliiaAvatar border
TS
feliia
Merry Riana, Perempuan Tangguh yang Menjadi Kartini Masa Kini


Hallo agan dan sista semua, kembali lagi di thread ane. Kali ini thread ane bertemakan INSPIRING PEOPLE untuk ikut serta memeriahkan event MLDSPOTKONTENHUNT, KASKUSXMLDSPOT


Bicara tentang sosok motivator, banyak sekali tokoh dunia yang sangat inspiratif, bahkan di Negeri tercinta kita juga banyak sekali sosok sosok yang cocok untuk dijadikan panutan. Sebut saja, Mario Teguh, Najwa Shihab, atau tokoh Pahlawan dulu yang berjasa untuk Negeri ini. Kalau pada era sekarang, di Indonesia ane sangat terinspirasi dari kisah Merry Riana, yang ane anggap sebagai Kartini masa kini




Merry Riana, lahir di Jakarta pada 29 Mei 1980. Ia adalah seorang pengusaha, penulis, motivator, yang juga dikenal sebagai "Wanita sejuta dollar" karena sosoknya yang sangat inspiratif. Namanya mulai banyak dikenal masyarakat semenjak kisah hidupnya diabadikan dalam sebuah buku yang berjudul "Merry Riana, Mimpi Sejuta Dollar". Buku tersebut sukses menjadi best seller, hingga dilirik oleh Hestu Saputra selaku Sutradara film untuk mendokumentasikan buku tersebut menjadi sebuah film dengan judul yang sama. Diperankan oleh Chelsea Island, Dion Wiyoko, Kimberly Rider, film tersebut mulai dirilis pada 24 Desember 2014.

Kisah hidupnya yang penuh perjuangan dimulai saat Merry masuk ke salah satu perguruan tinggi di Singapura. Awalnya gadis yang saat itu berusia 18 tahun, akan masuk ke Universitas Trisakti, sayangnya saat itu Jakarta sedang terjadi kerusuhan besar pada tahun 1998. Orang tua Merry yang merasa khawatir akan keselamatan anakya memutuskan untuk mengirim Merry ke Singapura. Dengan perbekalan yang kurang memadai Merry tetap diberangkatkan, ia rela hidup sendiri di negeri orang, belum lagi kemampuan bahasa Inggris Merry yang saat itu belum cukup bagus, Merry harus bertahan dengan kondisi yang ada.

Ditengah kesibukan aktivitas nya sebagai pelajar, Merry memutuskan untuk bekerja paruh waktu, lantaran uang pemberian orang tuanya tidak cukup untuk biaya hidup di Negeri tetangga. Bahkan Merry mampu bekerja dibeberapa tempat sekaligus, ia rela melakoni berbagai pekerjaan, demi mencukupi kebutuhanya sebagai mahasiswa yang menaruh beban hidupnya dipundak sendiri. Meski begitu, untuk bayar uang semesternya pun, Merry terpaksa mengikuti program pinjaman pelajar dari Pemerintah Singapura. Hutang tersebut bisa dibayar setelah Merry lulus dan bekerja. Setelah lulus, berbagai usaha ia lakonkan untuk membayar hutang, jatuh bangun Merry membangun usahanya. Namun ia tidak terpaku pada kegagalan tersebut, semangat Merry yang selalu membara membuatnya bangkit lagi dan lagi. Terbukti, berkat kerja kerasnya kini ia sudah sukses seperti yang kita tahu.


Sebagai pemimpi, kita bisa melihat Merry Riana yang cocok untuk jadikan panutan dalam perjalanan mencapai kesuksesan, dari sosoknya yang sangat inspiratif. Berikut ane rangkum 4 poin yang bisa kita pelajari dari kisah Merry Riana menurut pandangan ane



1. Berani bermimpi ditengah kondisi yang serba terbatas



Ditengah kemelut kondisi keuangan Merry yang terbatas, membuat Merry harus memikul beban hidupnya sendiri diumur yang masih muda. Meski begitu Merry tetap berani bermimpi menghasilkan 1 juta Dollar, agar ia bebas keuangan sebelum berusia 30 tahun.
Bermodal tekad dan keyakinan ia membanting tulang ditengah kesibukanya sebagai Mahasiswa. Membuat gadis keturunan Tionghoa-Indonesia itu harus selalu berusaha dalam setiap kesempatan. Berkat kegigihanya dalam bekerja keras, Merry berhasil menggapai mimpi tersebut diusia 26 tahun. Ia berhasil mengantongi pendapatan sebesar 1 juta dollar Singapura pada tahun 2007.

2. Keterbatasan bukan halangan untuk meraih kesuksesan



Seperti yang dialami oleh Merry Riana yang serba terbatas kala itu, tidak pantang menyerah ia bekerja keras demi bisa hidup layak di negeri orang. Keterbatasan tersebut tidak menjadikan Merry pesimis untuk mimpinya, ia justru semakin gigih dalam bekerja keras, pantang menyerah dan tidak mudah putus asa dengan kondisi yang ada.


3. Hidup mandiri dapat melatih ketegasan, pekerja keras dan gigih pada jiwa kita



Diusianya yang masih terbilang muda, Merry sudah bisa menjalani hidup yang sangat mandiri. Jauh dari orang tua tidak membuatnya tumbang selama hidup sendiri di negeri orang, ia justru bekerja keras menghidupi kebutuhan nya sendiri. Dengan segala usaha yang pernah ia lakukan dan keputusan yang sudah dibuat, perlahan keadaan tersebut membentuk karakter tegas dan pekerja keras yang melekat pada jiwanya. Itulah yang dibutuhkan seseorang untuk meraih kesuksesan. Jika tergantung dengan orang lain, kita tidak menjadi diri sendiri, karakter dalam diri kita terpendam karena segala keputusan bergantung kepada orang lain, dengan begitu kita akan sulit untuk berkembang.

4. Tetap berpikir positif dari kegagalan



Banyak orang yang merasa putus asa setelah mengalami kegagalan dalam mencapai kesuksesan, umumnya mereka akan trauma untuk mencoba melakukanya lagi. Namun adapula sebagian orang yang masih mau bangkit kembali, meski harus mengambil opsi lain untuk meneruskan usahanya lantaran takut gagal yang kedua kali. Adapula yang tetap bertekad melakukan jalan yang sama setelah mengalami kegagalan, ia belajar dari kegagalan tersebut dengan memahami kesalahan kesalahan yang harus dihindari agar kegagalan tersebut tidak terulang. Begitu pula yang dilakukan Merry, sebelum ia sukses seperti sekarang ini, Merry juga pernah mengalami rugi dalam bisnisnya. Ia gagal dalam usaha Multi Level Marketing yang membuatnya harus kehilangan uang sebesar 200 Dollar Singapura

Tak sampai disitu, Merry terus bekerja keras dengan menjajal bisnis investasi saham, namun bukanya untung Merry justru kembali mengalami kerugian sebesar 10 ribu Dollar Singapura. Meski beberapa kali gagal, ia tidak tumbang, yang dilakukan Merry terus bekerja keras bangkit lagi dan lagi. Karena baginya, hanya orang optimis saja yang bisa melihat kesempatan dalam kegagalan, jika kita mau memahami dan terus berpikir positif serta optimis pasti akan ada jalan dibalik kegagalan. Orang bilang, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, bagi orang yang optimis.

Keberanian dan kegigihanya untuk menggapai impianya meski dalan kondisi yang kurang memadai, membuat banyak orang terinspirasi atas keberhasilan yang ia capai. Begitu pula dengan ane yang haus akan motivasi untuk mencapai kesuksesan, yang bisa dibilang mustahil jika melihat kondisi yang ada.




emoticon-roseTak perlu bersedih

Atas cobaan yang menimpamu sekarang

Sebab kamu tidak tahu

Apa yang akan Tuhan beri kepadamu setelah ini emoticon-rose




Semoga thread ane kali ini bisa menjadi bagian dari TASTETHELOKAL dan juga INSPIRING PEOPLE buat agan dan sista sekalian. Terimakasih sudah membaca emoticon-Kiss





Tulisan : opini pribadi + referensi
Gambar : IG @merryriana

anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 26 lainnya memberi reputasi
27
4.7K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan