nadz92Avatar border
TS
nadz92
Inspiratif!! 5 Tempat Bersejarah Di Surabaya Ini Dijadikan Sebagai Museum Edukasi.



MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOTseason 3 kali ini mengadakan event menulis tentang sebuah inspirasi, baik dari TASTETHELOCAL maupun luar.

Tema yang disuguhin ada 4 pilar yaitu, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY. Inspirasi apa saja yang kita dapatkan dari 4 tema tersebut.

Oleh karena itu kali ini gw mau membahas tentang inspirasi dari tema inspiring Place, dimana sebuah tempat yang bersejarah jaman dulu 'disulap' menjadi tempat yang bermanfaat dijaman sekarang.

Tentu saja hal itu menjadi inspirasi tersendiri bagi gw, dan mudah-mudahan juga bagi orang lain. Penasaran akan cerita dibalik 5 tempat bersejarah di Surabaya yang disulap menjadi sebuah museum?
Mari kita simak dibawah ini.
emoticon-cystg


Quote:


Tempat bersejarah yang pertama adalah gedung Siola,gedung yang merupakan salah satu cagar budaya tersebut adalah saksi bisu "pertempuran 10 November di Surabaya.

Gedung ini dulunya merupakan 'toserba' tekstil peninggalan orang Inggris yang bernama Robert Laidlaw. Dan merupakan 'toserba' terbesar diwilayah Hindia-Belanda.

Pada masa kini, gedung bersejarah tersebut sudah dijadikan sebuah Museum di kota Surabaya, dengan nama "Museum Kota Surabaya."

Semenjak resmi dibuka pada tanggal 3 Mei 2015, Museum gedung Siola Kota Surabaya ini pun sudah memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah yang ada diKota Surabaya.

Wah, tentu hal ini menjadi sebuah inspirasi dan juga manfaat bagi masyarakat sekitar untuk lebih mencintai Sejarah. Dan juga menjadi sebuah contoh yang baik dalam hal berkreatifitas.

Semoga Museum yang ada dikota Surabaya ini terus ada untuk selamanya, dan mengoleksi lebih banyak lagi benda-benda sejarahnya. Memang kreatif-kreatif semua dah orang Surabaya.
emoticon-2 Jempol


Quote:


Tempat bersejarah yang keselanjutnya adalah Tugu Pahlawan,monumen ini awalnya dijadikan untuk mengenang para Pahlawan pada pertempuran 10 November.

Namun dengan seiring berjalannya waktu, monumen Tugu Pahlawan tersebut pun dijadikan sebagai sebuah Museum. Dan diresmikan pada tanggal 19 Febuari 2000 oleh Presiden yang ke-4 yaitu Abdul Rahman Wahid.

Hal ini adalah sebuah kreatifitas yang sangat menginspirasi, karena bangunan bersejarah memang sangat cocok untuk dijadikan sebuah Museum.

Selain didalamnya penuh dengan koleksi benda-benda bersejarah, tempat atau gedungnya sendiri pun sudah merupakan koleksi bersejarah. Dan kreatifitas ini merupakan perpaduan yang sempurna antara gedung bersejarah dengan Museumnya.
emoticon-Jempol


Quote:


Masih mengenai tempat bersejarah yang ada dikota Surabaya, kali ini rumah guru pahlawan bangsa yang dijadikan sebagai Museum.Nama guru pahlawan bangsa tersebut ialah HOS Tjokroaminito.

Sosok HOS Tjokroaminito sendiri merupakan seorang guru dari tokoh-tokoh besar jaman dulu, selain itu beliau juga menjadi tempat diskusi para tokoh besar pada masa itu.

Kini rumah bersejarah tersebut sudah dijadikan sebuah museum oleh walikota Surabaya, yang diresmikan pada tanggal 27 November 2017.

Semenjak dijadikan sebagai museum, rumah mendiang HOS Tjokroaminito tersebut ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan. Selain untuk mengenal sosok HOS Tjokroaminito, tempat tersebut juga memiliki banyak informasi sejarah masa lampau.

Dengan demikian, orang yang datang kesana jadi terinspirasi untuk belajar tentang sejarah bangsa sendiri. Khususnya sejarah tentang rumah bersejarah tersebut.
emoticon-cystg


Quote:


Setelah rumah mendiang guru besar HOS Tjokroaminitodijadikan sebagai museum, kali ini giliran rumah bersejarahnya WR Soepratman yang dijadikan sebagai museum.

Siapa sih di Indonesia ini yang kaga kenal dengan pencipta lagu kebangsaan ini?
Nah, rumah bersejarah WR Soepratman diresmikan jadi museum edukatif pada tanggal 10 November 2018, bertepatan dengan "Hari Pahlawan".

Selain bangunan rumah yang memiliki nilai sejarah, didalam rumah pun terdapat berbagai replika sejarahnya. Mulai dari baju, foto-foto, dan juga biola yang sering dibawa kemana-mana oleh WR Soepratman sendiri.

Dengan adanya museum dari rumah WR Soepratman tersebut, diharapkan masyarakat lebih menghargai lagi jasa pahlawan bangsa. Dan juga menjadikan perjuangan para pahlawan sebagai inspirasi dalam kehidupannya.
emoticon-I Love Indonesia


Quote:


Bangungan tempat bersejarah yang terakhir yang disulap menjadi museum adalah Gedung Nasionalyang didirikan oleh Dr. Soetomo.

Gedung Nasional Indonesia yang bersejarah tersebut diresmikan sebagai museum pada November 2017 oleh walikota Surabaya, museum tersebut adalah museum khusus riwayat hidup Dr. Soetomo sekaligus tokoh pergerakan dimasanya.

Mudah-mudahan dengan adanya museum tersebut bisa menjadi sebuah inspirasi bagi para pemuda untuk berkreatifitas tanpa batas, demi kemajuan Indonesia yang lebih baik lagi.
emoticon-I Love Indonesia



"Perjuangan para pahlawan dimasa lalu adalah untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sekarang, perjuangan kita generasi penerus bangsa adalah mempertahankan kemerdekaan ini dan juga memajukan bangsa Indonesia ini ke tahap yang keselanjutnya, Yaitu melalui karya karya kreatif."




Narasi: Opini Pribadi
Referensi: liputan6.com
Sumber gambar: liputan6.com

NadarNadz
sebelahblog
yaaha21
yaaha21 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
400
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan