AdelineNordicaAvatar border
TS
AdelineNordica
Kendaraan Canggih Masa Depan, No. 1 Bisa Keliling Dunia Hanya Kurang dari Satu Jam
Assalamualaikum, GanSis. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu bersemangat membaca thread saya ya.
emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Apa sih yang ada dibayangan GanSis tentang transportasi masa depan? Kalau berdasarkan film Science Fiction yang sering kita tonton, tentu sudah tidak asing dengan kendaraan super cepat dan canggih. Ada mobil terbang, mobil yang bisa menyetir sendiri, hingga drone penumpang.

Quote:


Ternyata, di kehidupan nyata memang sudah ada pembuatan kendaraan seperti transportasi tersebut, bukan sekadar fiksi semata. Bahkan saat ini kita sudah disuguhkan dengan penemuan motor terbang/hoverbike Scorpion 3 yang digunakan polisi di Dubai, Uni Emirat Arab sana untuk berpatroli. Juga kendaraan darat serupa jet, Bloodhound LSR (transformasi dari Bloodhound SSC) yang kecepatannya bisa mengalahkan kecepatan suara. Satu dari kemutakhiran teknologi ini tentunya untuk meminilasir emisi gas karbon dari kendaraan bermotor dan mengefisiensikan waktu.

Berikut kendaraan canggih masa depan yang dapat membuat kita terkagum-kagum.


1. Starship-Super Heavy Earth to Earth
Quote:


Starship-Super Heavy biasa dikenal dengan Big Falcon Rocket (BFR) mempunyai kapasitas muatan ke orbit Bumi sebesar 150.000 kg (330.000 lb). Pengembangan pertama pada tahun 2012 dengan jadwal penerbangan pertama ke Bulan pada tahun 2023 nanti. Berbahan  bakar Subcooled CH 4/ LOX dengan 3 mesin Raptor dan 3 mesin Raptor kosong. Tujuan dibuatnya roket buatan SpaceX, Amerika serikat ini adalah untuk menjelajah Mars, transportasi Bumi-Bulan, antar planet, antar benua, peluncuran orbit, dan wisata luar angkasa.

Perjalanan dengan Starship dapat ditempuh dalam waktu kurang dari setengah jam. Berpergian dengan Starship ini dapat mengurangi gesekan terhadap atmosfer karena dilakukan di luar angkas begitu juga turbulensi dan cuaca.

Keren sekali bukan jika dapat berkeliling dunia dengan waktu singkat. Sebelum berangkat penumpang dibawa menggunakan kapal feri menuju pangkalan Starship. Kecepatan yang dihasilkan pesawat ini sebesar 760 mph (1.220 km/ jam).

Beberapa prediksi juga sudah dilakukan oleh para ahli. Misal, untuk penerbangan dari New York ke Shanghai dengan kecepatan maksimal 27.000 km/ jam. Hongkong ke Singapura selama 22 menit, Bangkok ke Dubai selama 27 menit, Los Angeles ke Toronto selama 24 menit, New york ke Paris selama 30 menit, dan berbagai negara lainnya.


2. Hyperloop One

Quote:


Nah, kalau yang ini kendaraan transportasi darat yang beroperasi di terowongan. Namanya Hyperloop atau biasa dikenal Hyperloop Space X/ Tesla yang digagas oleh Elon Musk. Sistim kerjanya membutuhkan levitasi medan listrik dan medan magnet. Hambatan aeorinamiknya juga sangat rendah. Jadi, ketika melaju hampir seperti melayang di lintasan. Mirip kereta bawah tanah. Kendaraan ini dapat mengangkut penumpang beserta barang kargo dengan cepat dan aman. Tidak perlu khawatir mengalami kemacetan dan bebas emisi gas karbon.

Hyperloop sudah diuji coba pada tahun 2013 dengan rute Los Angeles ke San Francisco dengan estimasi waktu tempuh setengah jam dan kecepatan maksimal 1.200 km/ jam yang artinya hampir setara dengan kecepatan suara. Sepertinya Bloodhound akan punya saingan berat.


3. Transportasi Terowongan Bawah Tanah

Quote:


Sedang dikejar waktu tiba-tiba terjebak macet dan terjebak hujan? Pakai terowongan bawah tanah khusus saja. Lagi-lagi Elon Musk membuat terobosan. Terowongan ini diadaptasi dari permodelan Hyperloop. Kendaraan yang melaju pada terowongan bebas hambatan ini memungkinkan melaju di daerah padat penduduk sekalipun.
Perkiraan rute perjalanan antara New York ke Washington DC dalam waktu kurang dari 30 menit. 

Cara kerja terowongan ini cukup ringkas. Di sebuah jalan akan disediakan tempat khusus untuk membawa kendaraan meluncur ke bawah terowongan sebagai tempat transit. Mirip sistim kerja lift bawah tanah.


4. Pop.Up Next
Quote:


Pop Up Next merupakan moda dari mobil terbang. Kita bisa berkendara hanya dengan memesannya melalui aplikasi. Ya, mirip seperti mobil terbang online. Cukup mengetikan tempat tujuan, maka kendaraan ini akan membawa ke manapun sesuai pesanan penumpang. Tidak hanya itu, informasi seputar kemacetan, biaya, ridesharing, dan permintaan untuk melanjutkan ke kendaraan lain juga dapat dilakukan oleh Pop Up. Kendaraan ini dapat meluncur dengan kecepatan 100 km/ jam menyesuaikan kapasitas baterai yang digunakan.


5. Renault Float

Quote:


Kecerdasan Yunchen Chai melahirkan sebuah kendaraan masa depan bernama Float Renault. Float ini dapat berinteraksi melalui aplikasi online seperti Facebook diadaptasi ke sebuah mobil gelembung bernama Float. Sesuai dengan arti namanya. Float melayang di atas jalan raya dengan menggunakan teknogi levitasi magnetik dan listrik. Kursi penumpang dapat diputar dan pintu dapat digeser. Kendaraan ini juga dapat berputar ke segala arah secara otonom.


6. Mercedes-Benz F 015 Luxury in Motion
Quote:


Mobil mewah dengan kecanggihan otonom. Apalagi kalau bukan Mercedes-Benz F 015 Luxury punya gaya. Mobil yang digadang-gadang sebagai kendaraan masa depan ini, mempunyai fitur terbaik di enam layar display-nya. Mulai dari update informasi, pengubahan interior mobil bahkan sampai menjadi layar digital. Hanya dengan kedipan mata, gerak tubuh, dan sentuhan pada monitor memungkinkan mobil ini melakukan self-driving.

Selain itu, bentuk kursi yang bisa diubah sesuai keinginan menjadikan penumpang lebih santai sambil mengerjakan pekerjaan lain. Mercedes ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 200 km/jam.


7. Transit Elevated Bus (TEB)
Quote:


Transit Elevated Bus sudah diuji coba pada negara China tahun 2016. Alasan dibuatnya kendaraan ini adalah untuk mengurangi kemacetan di negara tersebut.

Tinggi bus mencapai 4,5 meter dengan dua tingkat. Memungkinkan penumpang berada di atas bus dan kendaraan lain di jalan yang sama dapat lewat di sela bus (untuk kendaraan dengan tinggi di bawah 2 meter). Penumpang naik kendaraan ini melalui tangga naik-turun dari atas bus. Kapasitas TEB ini dapat menampung hingga 1.400 penumpang dengan kecepatan 60 km/ jam.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Bagaiman GanSis? Kira-kira kendaraan mana yang ingin kalian naiki duluan? Kalau saya tetap BFR yang menjadi impian utama.

Sekian thread saya. Silakan tinggalkan cendol dan komentar jika GanSis merasa tulisan ini bermanfaat agar kita dapat berdiskusi. Salam cinta dan terima kasih.

emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Referensi:
12 3 4 5 6

#Teknologi
#Kendaraan
#Masadepan
Diubah oleh AdelineNordica 26-11-2019 14:16
asepdeni343
anasabila
sebelahblog
sebelahblog dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.8K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan