hardlen
TS
hardlen
Cara Lacak Perangkat Android dan iPhone yang Hilang

Ilustrasi. (Pixabay)





Ponsel yang hilang memang dapat membuat pemiliknya panik dan cemas. Dalam situasi ini, kita tidak tahu di mana dan di tangan siapa ponsel kita berada. Memang berbahaya rasanya ketika berbagai jenis data pribadi seperti media foto, video, rekaman suara, catatan, pekerjaan, sampai akun media sosial yang masih menyangkut di ponsel tersebut tidak ada dalam genggaman kita.

Alih-alih panik dalam menghadapi situasi seperti ini, lebih baik untuk langsung mencarinya lewat platform atau aplikasi yang telah tersedia. Namun satu hal yang perlu diingat bahwa lokasi ponsel hanya dapat dilacak jika GPS menyala, dikutip dari CNNIndonesia.com.Berikut ulasan cara melacak ponsel Android dan iPhone yang hilang.

Android

Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk melacak keberadaan ponsel dengan sistem operasi Android. Pertama, Anda dapat lacak melalui komputer dengan kunjungi laman myaccount.google.com/find-your-phone atau ketik ‘temukan telepon saya’ di kolom pencarian Google. Sebagai catatan, perangkat Anda harus sudah terhubung dengan akun Google.

Setelah itu, Google akan menunjukkan peta tempat di mana perangkat berada. Jika peta saja tidak cukup, Anda dapat klik ‘Ring’ atau ‘Dering’ untuk membuat perangkat berdering dengan volume penuh selama beberapa menit.

Bila Anda masih tidak bisa menemukannya, pilih menu ‘Recover’ atau ‘Pulihkan’ untuk opsi yang lainnya. Dengan ini, Anda bisa mengunci perangkat disertai pesan dan tombol hijau yang berguna memanggil nomor terprogram. Jika ponsel benar-benar hilang, Anda bisa pilih untuk menghapusnya.

Kedua, Anda bisa meminjam perangkat Android lain milik teman atau keluarga dan membuka aplikasi Google Find My Device dari Play Store. Jika belum tersedia, unduh terlebih dulu. Ketika aplikasi terbuka, masuklah ke akun yang terkait dengan ponsel yang hilang. Bila berhasil masuk, Anda akan melihat peta dan semua perangkat Anda yang terkait.

Saat perangkat muncul, ketuk untuk tersedia opsi ‘Play Sound, ‘Secure Device’, atau ‘Erase Device’. Untuk pilihan ‘Play Sound’, telepon akan berdering dengan volume penuh selama 5 menit. Opsi ‘Secure Device’ akan mengunci perangkat dengan pesan dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sedangkan pada opsi ‘Erase Device’, Anda bisa sepenuhnya menghapus perangkat tersebut.

iPhone

Sebelumnya, pasang password angka atau kata terlebih dulu agar ponsel tidak mudah dibuka saat hilang atau dicuri. Tak hanya itu, iPhone juga hanya bisa dilacak apabila fitur iCloud dalam keadaan aktif. Untuk mengaktifkannya, pergi dulu ke menu ‘Pengaturan’ dan temukan ‘iCloud’.

Ketika ponsel menghilang, gunakan perangkat dengan sistem operasi Apple lainnya untuk mengakses aplikasi ‘Find iPhone’. Aplikasi ini pada umumnya telah terpasang di tiap ponsel Apple tanpa harus diunduh terlebih dulu.

Saat ‘Find iPhone’ terbuka, masukkan alamat e-mail dan kata kunci akun iCloud Anda. Setelah berhasil masuk, perangkat yang telah terpasang akun iCloud Anda akan muncul beserta keberadaannya di peta. Langkah selanjutnya ialah ketuk ponsel dan Anda akan diberikan beberapa opsi untuk melakukan tindakan.

Terdapat tiga opsi yang bisa dipilih saat perangkat telah ditemukan di peta, yaitu ‘Play Sound’, ‘Lost Mode’, serta ‘Erase iPhone’. Pilihan-pilihan ini mirip dengan perangkat Android. Pada fitur ‘Lost Mode’, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon dan pesan yang akan tampil pada layar kunci iPhone yang hilang.

Selain lewat aplikasi ‘Find iPhone’, Anda juga bisa kunjungi laman dengan alamat icloud.com/find.

lina.whseabiscuitNadarNadz
NadarNadz dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.5K
26
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan