I.W.a.K
TS
I.W.a.K
Haruskah Karyawan Toko Membeli Sendiri Produk Yang Tidak Laku Demi Target Penjualan?


Hallo gans apa kabar?
Belakangan ini sedang hangat di salah satu media sosial isu miring tentang karyawan Indomart yang diwajibkan untuk membeli sisa donat yang tidak laku terjual. Menanggapi isu ini pihak manajemen Indomart menegaskan bahwa pihak perusahaan tidak pernah mengeluarkan kebijakan mewajibkan menjual produk tertentu kepada karyawan toko.

Lalu kenapa ada karyawan toko yang sampai dipaksa untuk membeli padahal menurut manajemen Indomartnya sendiri menegaskan bahwa donat yang tidak laku bisa dikembalikan dan akan dimusnahkan? Hal ini jelas adalah karena oknum supervisor atau pemilik toko ingin mendapatkan penjualan yang lebih banyak lagi. Sudah rahasia umum kalau target penjualan itu pasti ada di setiap perusahaan, begitu juga dengan punish and rewardnya.



Karyawan toko sebenarnya memang tidak akan dikenakan sanksi apapun atas berkurangnya jumlah penjualan dari suatu produk yang dijual tapi yang namanya posisi paling bawah ya mau ga mau harus siap ditekan juga efek dari atasannya langsung yang kena tekan juga dari manajemen.

Karyawan toko itu pekerja di toko, mereka melamar pekerjaannya pun memang sebagai itu, kalau tidak kasir, pramuniaga ya gudang. Jadi rasanya ya tidak tepat juga apabila mereka ikut dibebankan dalam penjualan. Beda halnya kalau mereka melamar menjadi sales atau marketing sekalipun masih anak baru maka tidak apa-apa kalau dibebankan dengan target penjualan dengan punish and reward yang berlaku selama punish yang ditetapkan masih masuk akal dan manusiawi.



Karyawan toko dipaksa beli donat yang tidak laku ini kalau kejadian setiap hari pastinya bosan dan lama-lama bisa jadi kepikiran menjual kembali dengan segala cara mereka. Inilah kenapa perusahaan roti terkenal semacam jeko dan lain sebagainya tidak pernah membagi donat yang masih sisa kepada karyawannya untuk salah satunya mencegah hal tersebut terjadi.

Lalu kemana mereka membawa donat yang tidak laku? Dimusnahkan! Demi menjaga kualitas dan mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Dan pihak manajemen Indomart pun sebenarnya sama melakukan hal tersebut.
•••

Kalau agan dan sista punya pendapat lain silahkan dishare pada kolom komentar.

Mohon maaf dan dikoreksi apabila ada yang kurang berkenan.

TERIMAKASIH.
emoticon-Shakehand2
Salam IWAK.



Ref ini
Pict google/twitter
4iinchmilktoasthoney999999999
999999999 dan 30 lainnya memberi reputasi
29
20K
233
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan