KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Banyuwangi /
[COC] Semarak Sekaten dan Festival Slamet Riyadi Solo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd13f909775135ee76b4c92/coc-semarak-sekaten-dan-festival-slamet-riyadi-solo

[COC] Semarak Sekaten dan Festival Slamet Riyadi Solo

[COC] Semarak Sekaten dan Festival Slamet Riyadi Solo



Festival Surakarta, Maulid Nabi Muhammad, Festival Malam Satu Suro, Sekaten Surakarta



[COC] Semarak Sekaten dan Festival Slamet Riyadi Solo

Sumber: dokpri


[COC] Semarak Sekaten dan Festival Slamet Riyadi Solo






Sekaten adalah tradisi perayaan turun-menurun untuk memeriahkan hari kelahiran nabi muhammad yang dilaksakan pada dua keraton yaitu Yogyakarta dan Surakarta.



Beberapa acara penting dalam perayaan sekaten adalah gamelan pusaka yang dimainkan di halaman Masjid Agung masing-masing keraton, pembacaan riwayat hidup Nabi Muhammad dan rangkaian pengajian di serambi Masjid Agung dan puncaknya yaitu Garebeg Mulud. Nah, kalau di Kota Solo sendiri ada arak-arakan kebo di malam satu suro.



Nah, Grebeg Mulud lebih dikenal dengan gunungan. Gunungan adalah sedekah hasil bumi terdiri dari beras ketan, makanan, buah-buahan, dan sayur-sayuran yang dibawa dari istana menuju Masjid Agung dengan arak-arakan abdi dalem keraton.



Sebelum gunungan, ada acara pengajian dulu di Masjid Agung. Kemudian acara bagi-bagi gunungan itu sendiri, masyarakat akan berlomba-lomba memperoleh makanan tersebut. Grebeg Maulid sama halnya dengan acara puncak Sekaten.



Nah, tradisi bagian ke dua yaitu Numplak Wajik. Numplak Wajik adalah lagu-lagu yang dimainkan dengan menggunakan gamelan mengiringi ketika gunungan dibawa menuju Masjid Agung.



Awalnya, perayaan sekaten diadakan sebagai salah satu upaya menyiarkan agama Islam yang dilakukan oleh Kerajaan-kerajaan Islam di tanah Jawa, yaitu zaman Kesultanan Demak.




Namun seiring perkembangan zaman, sekarang bagian dari tradisi dan perayaan di keraton Yogyakarta dan Surakarta. Meskipun menjadi bentuk tradisi, kemurnian tetap terjaga dan diwarisi secara turun-menurun.



[COC] Semarak Sekaten dan Festival Slamet Riyadi Solo

Sumber: dokpri


Selain acara di atas, Sekaten juga memberikan banyak hiburan seperti pasar malam dan pergelaran wayang di balai kota. Pasar malam terbagi menjadi dua tempat, yaitu di alun-alun kidul dan alun-alun utara bekas pasar klewer yang sementara.



[COC] Semarak Sekaten dan Festival Slamet Riyadi Solo



Jika lewat jalan Slamet Riyadi, kalian akan melihat ada festival Slamet Riyadi. Jalan Slamet Riyadi terkenal dengan icon kulinernya. Sepanjang jalan Slamet Riyadi banyak warung makanan yang menjajakan kuliner.



Di festival Slamet Riyadi sendiri terdiri dari kuliner, fashion, dan beberapa hiburan. Jadi buat GanSist yang main ke Kota Solo nggak akan menyesal. Apalagi malam minggu, ramai banget. Ada pilihan hiburan antara pasar malam di sekaten yang terdiri dua tempat, wayangan di balai kota, dan festival Slamet Riyadi.



Spoiler for Festival Solo:



[COC] Semarak Sekaten dan Festival Slamet Riyadi Solo



Sumber artikel: di sini, di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srirahayu14 dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Pejwan
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan bekticahyopurno memberi reputasi
Reserved
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan bekticahyopurno memberi reputasi
Reserved
emoticon-Cool
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
kapling stand makanan gak ada? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan indahmami memberi reputasi
Quote:


Udah full oms..
Maaf, anda kurang beruntung.
emoticon-Cool
Photo ne yu indah pundi emoticon-Malu
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


L a h a c i a..
Mengko ndax weruh.
emoticon-Leh Uga
penak e to seng urip neng tanah jowo, iso delokno acara ngunu kui. kapan iso melu acara ngunu kui
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Hmmm,....
Garai penasaran emoticon-Mad
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Alhamdulillah, rezeky niku..
emoticon-Malu

Lha, pean teng pundi sak niki?
emoticon-Bingung

Quote:


Niku pun diwakili tulisan oms..
Kulo seng moto.
emoticon-Malu
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
Mbak indah orang solo tho?
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Kulo teng lampung mbk yu...
profile-picture
indahmami memberi reputasi
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Diubah oleh adhityayodha
Quote:


Iyah, orang solo.
Kalau kamu sendiri?
emoticon-Malu

Quote:


Wahh..
Jauh banget.
Ehh..
Kemarin kan udah cerita yah pas ma nukho.
emoticon-nyantai

Quote:


Wahh..
Iya oms, gimana sekaten'y?
Semoga berkesan yah..
emoticon-Angel
profile-picture
pe.rusuh memberi reputasi
Bisa dibikin jadi 3 event tuh...1. sekaten sendiri sebagai rangkaian maulud nabi ( wisata religi ) acara sekitaran masjid gede ( terserah mau MTQ sekaten ato apa kek yg berkaitan dng maulud nabi ), alun" utara...2. festival solo ( terserahlah namanya apa ) hiburan rakyat seperti selama ini yg disebut sekaten...kan campur aduk ya selama ini, orang cenderung lupa bahwa sejatinya sekaten buat peringati maulud nabi, alun" selatan...3. festival kuliner...klo ini terserah sih bisa ada ato kagak toh disemua keramaian pasti ada jualan kuliner, benteng vastenberg...pasti rame tuh yg 1 bakal banyak rombongan bocah pesantren dll yg datang...btw dah lama gak liat sekaten
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Iyahh..
Masalah'y tahun nie borongan.
Semua jadi satu perayaan.
emoticon-Matabelo


Lagi banyak hiburan di bulan november.
emoticon-Matabelo


Terakhir kapan lihat sekaten'y oms?
emoticon-Bingung
Quote:


Dulu kayaknya udh pernah cerita deh, kalo ane dari magelang
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Lupa oms,
Maafkan aku.
Inget'y malang, surabaya,
emoticon-Malu
profile-picture
pe.rusuh memberi reputasi
Quote:


Gpp mbak. Kita udah jarang ngobrol sih
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Iyah, terakhir rubuhan bwi waktu kapan yah?
emoticon-Thinking
profile-picture
pe.rusuh memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di