KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Imparsial: Ada 31 Kasus Intoleransi di Indonesia, Mayoritas Pelarangan Ibadah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd1319e0577a971c4247272/imparsial-ada-31-kasus-intoleransi-di-indonesia-mayoritas-pelarangan-ibadah

Imparsial: Ada 31 Kasus Intoleransi di Indonesia, Mayoritas Pelarangan Ibadah

Imparsial: Ada 31 Kasus Intoleransi di Indonesia, Mayoritas Pelarangan Ibadah

Imparsial menemukan adanya 31 kasus intoleransi yang terjadi di Indonesia sejak November 2018 hingga November 2019. Mayoritas kasus intoleransi tersebut yakni pelarangan ibadah.

"Setidaknya Ada 31 kasus yang kami monitoring melalui media, pelanggaran terhadap hak kebebasan beragama atau intoleransi di Indonesia, bentuk beragam yang paling banyak dan dominan adalah pelarangan atau pembubaran ritual pengajian ceramah atau pelaksanaan ibadah agama atau kepercayaan, ada 12 kasus," kata Koordinator Program Penelitian Imparsial Ardimanto Adiputra saat memberi pemaparan di kantor Imparsial, Jakarta Selatan, Minggu (17/11/2019).

Temuan 31 kasus tersebut dari hasil pemantauan dan pengumpulan data oleh Imparsial. Sebelas di antaranya merupakan pelarangan beribadah.

Kemudian ada tiga kasus terkait perusakan rumah ibadah dan dua kasus pelarangan kebudayaan etnis tertentu. Kasus lainnya, terkait aturan tata cara berpakaian keagamaan, imbauan mewaspadai aliran tertentu, hingga penolakan bertetangga dengan agama lain.

Ardimanto menyebut pelaku intoleran paling banyak didominasi oleh kelompok masyarakat. Mereka menggerakkan masyarakat sekitar untuk melakukan tindakan intoleransi.

"Nah melihat dari ke-31 kasus ini memang pelaku dominan dari pelanggaran kebebasan beragama didominasi kelompok masyarakat sipil yang mereka mengorganisir masyarakat sekitar," ucapnya.

Selain itu, kata Ardimanto, pelaku lainnya ialah aparat penegak hukum dan pemerintah. "Aparat negara masih sumbang sebagai pelaku pelanggaran terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan di mana seharusnya mereka pihak yang melindungi hak kebebasan beragama dan berkeyakinan di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Imparsial Gufron Mabruri mengungkap intoleransi yang terus berulang lantaran peraturan yang membatasi kebebasan beragama dan hukum yang belum tegas. Karena itu, dia mendorong pemerintah untuk mencabut beberapa peraturan dan mempertegas hukum terhadap pelaku intoleran.

"Pemerintah segera mencabut atau merevisi peraturan perundang-undangan dan kebijakan baik di tingkat nasional dan lokal yang membatasi hak atas kebebasan beragama dan berkeyakinan, dan mendorong penegakan hukum yang tegas dan adil terhadap para pelaku intoleran," ucap Gufron.




-----------------------------------------------------------------
Siapa pemilik sah negara ini ?

Pemilik sah negara ini adalah seluruh rakyat Indonesia.

Rakyat Indonesia.....

Bukan rakyat Islam, bukan rakyat Kristen,bukan rakyat Budha,bukan rakyat hindu atau rakyat aliran kepercayaan.

Jadi jangan merasa mayoritas karena agama kalian.
Ini negara Indonesia yang pemiliknya seluruh rakyat Indonesia bukan rakyat agama A,B,C,D

Hargai dan hormati sesama pemilik sah bangsa ini...

Jadilah orang yang beradab dan berkeadilan sesuai tuntunan yang di wajibkan oleh setiap agama.

emoticon-Cool

Rakyat Indonesia

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 4
itulah fungsi agama sebenarnya, membuat orang intoleran emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imamz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sibungsu yg selalu ketakutan kekurangan member....

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ffffffffffffffu dan 2 lainnya memberi reputasi
Penelitian goblok dan penakut idiot tolol.

Tinggal lu blg saja kelompok mana yg intoleran plg banyak kan bisa??? Sebut agamanya dsn jabarnya apa sj intoleran yg mereka lakukan.

Klo lakukan penelitian itu jgn tolol dan pengecut, itukan ilmiah so ungkapkan sejelas2nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunity dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
si bungsu dari keluarga abraham emang blank suckemoticon-Ngakak
Saran yang baik
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
mau rakyat negara ini jadi beradab
maka negara harus berani bantai manusia barbar yang biadab

sayangnya negara ini klo di demo barbar lgsg nyalinya ciut
emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
lennon69 dan extreme78 memberi reputasi
kata kampret yg gak suka org beribadah itu pki

jadi kampret itu kini jadi pki milenial dong
liat aja siapa yg sweeping org yg gak seagama dgn mereka beribadah

betul ?
profile-picture
profile-picture
alter dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Imparsial: Ada 31 Kasus Intoleransi di Indonesia, Mayoritas Pelarangan Ibadah

Imparsial: Ada 31 Kasus Intoleransi di Indonesia, Mayoritas Pelarangan Ibadah
profile-picture
handratas memberi reputasi
Quote:


di dalam islam itu tidak boleh ada paksaan tuk masuk islam bre...

Cuman satu hal yang mewajibkan bagi orang yang ingin masuk islam yaitu percaya kebesaran Allah dengan segala firmannya.

Alasan lain kagak di pakai atau di anggap tidak sah andai masuk ke agama islam.

Sayangnya banyak orang muslim yg melupakan hal ini padahal syarat paling utama dan satu2nya masuk yaa cuman itu.

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
lennon69 dan 37sanchi memberi reputasi
Sebut agamanya pake disembunyiin lagi, kita udh pada tau lah.

GOBLOG.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
padahal gampang bgt !
ga usah pake survey2an.
sdh nyata siapa2 provokator nya
profile-picture
profile-picture
lennon69 dan extreme78 memberi reputasi
khusus seimin dan seamin
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Udah tau lah siapa yang paling banyak menolak tuhemoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


fakta di lapangan yang sering terjadi yaa di lakukan oleh kebanyakan muslim...

Ane tidak akan mengarahkan keagamanya karena ini murni perbuatan sekelompok orang muslim....


Di negara lain juga terjadi tapi beda agamanya tapi tetap manusia yg beragama.


Ane tidak membela yg nyata2 salah walaupun itu seagama dgn ane...

Agama itu ane analogikan sebagai pisau ,tinggal yg menggunakannya saja tuk memakainya untuk apa ?

positip atau negatip.

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


yaelah sutil goreng muncul pula di mariemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


Ane liat trit ente .... Ane cuman meramekanemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Toleransi = mengingatkan kafir2 untuk beribadah sesuai dengan skb 3 menteri

Intoleransi = tidak membiarkan muslim bikin pengajian di atas badan jalan, maupun di tempat umum seperti Monas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alter dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


tengkyu kalo gitu bre emoticon-Ngacir
profile-picture
kelazcorro memberi reputasi
Quote:


Aelah kemana breemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
profile-picture
kelazcorro memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di