ningdidienAvatar border
TS
ningdidien
Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung


Bermodal bahan daur ulang menjadi uang jutaan

Sumber Gambar

Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung di Malang

Siapa sih yang nda tau jagung? Tentu di seluruh penjuru tanah air tau tentang buah ini. Buah yang sering diolah menjadi makanan pelengkap, camilan, bahkan menjadi makanan pokok di sebagian daerah tanah air ini kerap kali kita jumpai.


Dari hasil pengolahan tersebut hanya biji jagungnya sajalah yang dimanfaatkan, tidak ada yang berfikir bahwa kulit jagung yang dikenal dengan klobot pun bisa dimanfaatkan.


Untuk itu, dalam rangka memeriahkan event MLDSPOTKONTENHUNTyang bekerja sama dengan KASKUSXMLDSPOT aku ingin berbagi wawasan mengenai pengolahan klobot jagung yang menjadi INSPIRING PRODUC bagi Agan dan Sista sekalian.


Dokumen Pribadi (Bross dari klobot)

Klobot jagung yang dianggap sebagai limbah bisa disulap menjadi berbagai kreasi kerajinan cantik , mulai dari hiasan dapur, hiasan rumah, hingga pernak-pernik fashion bahkan memiliki nilai jual.


Tujuanku mengangkat kerajinan ini selain untuk membagikan INSPIRING PRODUC, juga untuk memperkenalkan kerajinan dari Malang yang memiliki TASTETHELOCAL pada Gansis sekalian.


Karena TS sebagai salah satu penggerak UMKM di Malang akan turut bangga ketika banyak pembaca yang termotivasi untuk membuka usaha ini. Bebarapa keuntungannya dari usaha ini bisa makin menginspirasi Gansis buat bergelut di bidang kerajinan daur ulang, simak beberapa keuntungannya yuukemoticon-Blue Guy Cendol (S)


Keuntungan membuat kerajinan dari klobot jagung


1. Bahan Mudah Didapat

Di daerah Malang khususnya, klobot jagung sangat mudah ditemui, apalagi bila musim panen tiba akan sangat melimpah, bahkan dibiarkan menggunung kemudian dibakar.
Mungkin di daerah Gansis pun sama, karena kebanyakan dari masyarakat menganggap klobot ini sebagai limbah, begitu pasca panen hanya diambil jagungnya saja.

Jadi setelah membaca thread ini kalau menjumpai klobot jagung jangan disia-siain yah Gansis, lumayan bisa membantu perekonomian emoticon-Malu (S) lebih-lebih bisa membuka usaha.

Selain klobot jagung sebagai bahan utama, untuk membuat kerajinan klobot jagung diperlukan beberapa bahan pelengkap seperti lem, dan pewarna tekstil.

Dokumen Pribadi


2. Proses Pengolahan yang Mudah

Sering kita jumpai banyak orang enggan memulai hal baru karena malas mencoba, namun ketika sudah tau prosesnya akan banyak yang berlomba-lomba untuk mencoba.

Nah, berhubung proses pembuatan kerajinan klobot ini sangat mudah makanya buru-buru deh peaktekin karena memang caranya sangat mudah.

Persiapan : Setelah dipanen, klobot jagung dibersihkan dan dikeringkan, baru disortir jntuk mendapat klobit yang bagus.

Pewarnaan: Rendam klobot dengan pewarna tekstil sesuai warna yang diinginkan selama satu hari, atau bisa juga direbus selama satu jam untuk proses yang lebih cepat.

Produksi: setelah memalui proses perendaman/perebusan, klobot jagung perlu ditiriskan hingga kering, inilah yang menentukan kualitas dari kerajinan kita nantinya.
Setelah klobot kering bisa dibentuk sesuai keinginan, menjadi pernak-pernik fashion, maupun hiasan lainnya.


3. Mengurangi Sampah

Sudah menjadi rahasia umum kalau pasca panen jagung banyak klobot menggunung dimana-mana, bahkan dianggap sebagai limbah. Namun dengan mengolah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual akan mengurangi volume sampah hasil produksi jagung.

Di Malang khususnya, pemerintah daerah banyak melakukan pelatihan terkait daur ulang limbah, salah satunya pengolahan limbah jagung menjadi produk yang diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan karena limbah ini.

Keren kan Gansis? dimulai dari hal yang sederhana, tapi berdampak besar👍


4. Prospek Besar

Mungkin Gansis tidak tau bahwa bisnis kerajinan klobot ini banyak diminati di luar sana.
Seperti bisnis daur ulang pada umumnya, pasar dari kerajinan klobot ini adalah sampai manca negara.

Kita ketahui bahwa banyak penikmat seni lebih menyukai kerajinan handmade seperti kerajinan klobot ini yang dirasa memiliki ciri khas tersendiri.

Dokumen Pribadi


Semoga saja dengan informasi ini bisa memotivasi Gansis buat mencobanya.
Tentu menjadi kebahagiaan tersendiri dong bagi TS bisa membagikan INSPIRING PRODUC yang memiliki TASTETHELOCAL pada pembaca sekalian, apalagi produk-produk ini merupakan hasil kreasi dari pengrajin di Malang.
Makin bangga deh jadi orang Malangemoticon-Malu (S)

Selamat mencoba yah
Jangan lupa like dan share agar lebih bermanfaat👍👍


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Penulis : ningdidien
Sumber : Opini Pribadi
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 22 lainnya memberi reputasi
23
2K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan