KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcfb25c68cc95726807b97e/mengubah-sampah-menjadi-rupiah-peluang-bisnis-klobot-jagung

Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung

Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung

Bermodal bahan daur ulang menjadi uang jutaan

Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot JagungSumber Gambar

Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung di Malang

Siapa sih yang nda tau jagung? Tentu di seluruh penjuru tanah air tau tentang buah ini. Buah yang sering diolah menjadi makanan pelengkap, camilan, bahkan menjadi makanan pokok di sebagian daerah tanah air ini kerap kali kita jumpai.


Dari hasil pengolahan tersebut hanya biji jagungnya sajalah yang dimanfaatkan, tidak ada yang berfikir bahwa kulit jagung yang dikenal dengan klobot pun bisa dimanfaatkan.


Untuk itu, dalam rangka memeriahkan event MLDSPOTKONTENHUNT yang bekerja sama dengan KASKUSXMLDSPOT aku ingin berbagi wawasan mengenai pengolahan klobot jagung yang menjadi INSPIRING PRODUC bagi Agan dan Sista sekalian.


Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung Dokumen Pribadi (Bross dari klobot)

Klobot jagung yang dianggap sebagai limbah bisa disulap menjadi berbagai kreasi kerajinan cantik , mulai dari hiasan dapur, hiasan rumah, hingga pernak-pernik fashion bahkan memiliki nilai jual.


Tujuanku mengangkat kerajinan ini selain untuk membagikan INSPIRING PRODUC, juga untuk memperkenalkan kerajinan dari Malang yang memiliki TASTETHELOCAL pada Gansis sekalian.


Karena TS sebagai salah satu penggerak UMKM di Malang akan turut bangga ketika banyak pembaca yang termotivasi untuk membuka usaha ini. Bebarapa keuntungannya dari usaha ini bisa makin menginspirasi Gansis buat bergelut di bidang kerajinan daur ulang, simak beberapa keuntungannya yuukemoticon-Blue Guy Cendol (S)


Keuntungan membuat kerajinan dari klobot jagung


1. Bahan Mudah Didapat

Di daerah Malang khususnya, klobot jagung sangat mudah ditemui, apalagi bila musim panen tiba akan sangat melimpah, bahkan dibiarkan menggunung kemudian dibakar.
Mungkin di daerah Gansis pun sama, karena kebanyakan dari masyarakat menganggap klobot ini sebagai limbah, begitu pasca panen hanya diambil jagungnya saja.

Jadi setelah membaca thread ini kalau menjumpai klobot jagung jangan disia-siain yah Gansis, lumayan bisa membantu perekonomian emoticon-Malu (S) lebih-lebih bisa membuka usaha.

Selain klobot jagung sebagai bahan utama, untuk membuat kerajinan klobot jagung diperlukan beberapa bahan pelengkap seperti lem, dan pewarna tekstil.

Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung Dokumen Pribadi


2. Proses Pengolahan yang Mudah

Sering kita jumpai banyak orang enggan memulai hal baru karena malas mencoba, namun ketika sudah tau prosesnya akan banyak yang berlomba-lomba untuk mencoba.

Nah, berhubung proses pembuatan kerajinan klobot ini sangat mudah makanya buru-buru deh peaktekin karena memang caranya sangat mudah.

Persiapan : Setelah dipanen, klobot jagung dibersihkan dan dikeringkan, baru disortir jntuk mendapat klobit yang bagus.

Pewarnaan: Rendam klobot dengan pewarna tekstil sesuai warna yang diinginkan selama satu hari, atau bisa juga direbus selama satu jam untuk proses yang lebih cepat.

Produksi: setelah memalui proses perendaman/perebusan, klobot jagung perlu ditiriskan hingga kering, inilah yang menentukan kualitas dari kerajinan kita nantinya.
Setelah klobot kering bisa dibentuk sesuai keinginan, menjadi pernak-pernik fashion, maupun hiasan lainnya.


3. Mengurangi Sampah

Sudah menjadi rahasia umum kalau pasca panen jagung banyak klobot menggunung dimana-mana, bahkan dianggap sebagai limbah. Namun dengan mengolah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual akan mengurangi volume sampah hasil produksi jagung.

Di Malang khususnya, pemerintah daerah banyak melakukan pelatihan terkait daur ulang limbah, salah satunya pengolahan limbah jagung menjadi produk yang diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan karena limbah ini.

Keren kan Gansis? dimulai dari hal yang sederhana, tapi berdampak besar👍


4. Prospek Besar

Mungkin Gansis tidak tau bahwa bisnis kerajinan klobot ini banyak diminati di luar sana.
Seperti bisnis daur ulang pada umumnya, pasar dari kerajinan klobot ini adalah sampai manca negara.

Kita ketahui bahwa banyak penikmat seni lebih menyukai kerajinan handmade seperti kerajinan klobot ini yang dirasa memiliki ciri khas tersendiri.

Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung Dokumen Pribadi


Semoga saja dengan informasi ini bisa memotivasi Gansis buat mencobanya.
Tentu menjadi kebahagiaan tersendiri dong bagi TS bisa membagikan INSPIRING PRODUC yang memiliki TASTETHELOCAL pada pembaca sekalian, apalagi produk-produk ini merupakan hasil kreasi dari pengrajin di Malang.
Makin bangga deh jadi orang Malangemoticon-Malu (S)

Selamat mencoba yah
Jangan lupa like dan share agar lebih bermanfaat👍👍


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Penulis : ningdidien
Sumber : Opini Pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rain171 dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Peluang Bisnis Klobot Jagung
Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagungbros klobot jagung

Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung Pernak-pernik klobot

Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung Boneka Klobot

Mengubah Sampah menjadi Rupiah, Peluang Bisnis Klobot Jagung
Buket Klobot
profile-picture
diisantos memberi reputasi
Diubah oleh ningdidien
Merubah Sampah menjadi Rupiah
profile-picture
diisantos memberi reputasi
Kerajinan Klobot Jagung.. Inspiring produc yang menjanjikan
jangan cuma musiman nih, coba dijual di tempat-tempat wisata😅
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
Quote:


Hahaha.. kan aq penggeraknya.. 😅 ntar tk pake buat bantu promosi..
kalau ditempat ane, klobot jagung biasanya dipakai buat pakan ternak sis.
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
Quote:


Waah.. setelah ini bagi dua yah sama ternaknya.. hehehe ntar yg bagus" buat kerajinan adja..
Spoiler for Klobot:
guuilee dr klobot jagung bisa jadi beginian yak, keren jugaaa
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
wah keren banget nihh gann jadi tau lebih banyak soal bisnis ginii
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
ayoo makin maju bisnis di indonesia makin maju generasi muda bangsa
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
makasih gan infonyaa bermanfaat banget buat anee
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
kalau mau tetap hidup kudu pinter cari peluang dapetin duit.
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
Quote:

Bener Gan.. penting telaten.. bnyak sebenarnya inspirasi d sekitar kita yg bisa menjadi peluang usaha..
Quote:


Quote:

Aamiin.. moga bisa memotivasi sista buat membuka usaha dg memanfaatkan hal" yg ada disekitar kita..
Lihat 1 balasan
Quote:

Pandai" memanfaatkan peluang..
Quote:

Bener Gan.. bnyak peluang usaha d sekitar kita, tinggal mau jemput bola buat eksekusinya atau tidak..
wah bisa dicoba nih, kebetulan dirumah banyak
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
Quote:


Selamat mencoba Gan.. moga bisa menjadi inspirasi membuka usahaemoticon-Recommended Seller
Wahh..
Kreatif banget.
emoticon-Wowemoticon-Wow
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
Balasan post ningdidien
betull cuma kitenya aja yakk seringan kaga engeh kl itu bisa dijadikan sesuatuuu
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
Quote:

Bener bingiiiiiits Sis.. bukan cuman klobot, bahkan kulit bawangpun disulap jdi kerajinan d Malang🤭
Quote:


Biasa qt baru sadar kalau sebenernya disekitar qt berprluang buat membuat sesuatu.. tpi kdg qt enggan mencoba..

ketika qt sudah mengetahui potensinya malah timbul masalah baru krna malas memulai🤣
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Keren din
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di