agungdar2494Avatar border
TS
agungdar2494
Ubah Sampah Jadi Minyak, Komunitas Get Plastic Asal Jakarta Ini Menginspirasi!


Hallo Agan-Sista udah pada tahu tentang Komunitas Get Plastic belum? Ialah sebuah komunitas cinta lingkungan yang peduli akan banyaknya sampah tak bisa didaur ulang yang ada di Jakarta (khususnya). Inspiring Community yang diinisiasi oleh Dimas Bagus Wijanarko membuat sebuah gebrakan baru. Plastik tak lagi sekedar karya seni, pot bunga, apalagi sampah yang tak bisa didaur ulang, melainkan jadi bahan bakar minyak atau dasar pembuatan minyak premium dan solar.



Sebagaimana kita ketahui, sampah merupakan masalah besar bagi umat manusia di masa mendatang. Terutama sampah non daular ulang atau tak bisa terurai. Mirisnya, penggunaan plastik tak bisa dipisahkan dengan kebutuhan rumah tangga. 



Bahkan Trubus melalui situsnya life.trubus.id memposting sebuah foto yang diambil oleh fotografer Caroline Power. Foto tersebut menampilkan kumpulan sampah yang telah membentuk sebuah pulau yang luas. Apa kabar tahun-tahun berikutnya? Pada tahun 2017, Bantar Gebang diprediksi hanya akan bertahan dalam 10 tahun lagi, sedangkan pada juni 2019 lalu dilaporkan peningkatan jumlah sampah di Bantar Gebang adalah sebanyak 400%.


Quote:



Kembali bicara mengenai Komunitas Get Plastic, tahukah? Bahwa komunitas yang bisa dikatakan luar biasa ini berhasil membuat sebuah alat yang diberi nama GP07, dengan cara kerja merubah sampah menjadi gas, dan dari gas tersebut berubah menjadi minyak yang mengandung propane atau minyak mentah. 

Komunitas non-profit ini menjalankan kegiatannya dengan cara swadaya, dan menjual beberapa merchandise yang keuntungannya kemudian digunakan untuk operasional mengedukasi masyarakat dari kota hingga desa. 

Terkait alat GP07 sendiri belum dilakukan penjualan atau produksi lanjutan, karena untuk menjual alat yang dibuatnya secara otodidak tersebut memerlukan izin dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 

Komunitas yang terbentuk pada tahun 2016 ini, sampai sekarang masih terus berupaya melakukan sosialisasi, supaya masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, atau membakarnya secara asal. Akan sangat baik sekali jika sampah-sampah tersebut (khususnya sampah plastik) dapat dikumpulkan dan kemudian diproses menjadi bahan bakar minyak (BBM).




Quote:



Menginspirasi sekali bukan? Bukan tentang menyalahkan, namun kita tahu bahwa persoalan sampah agaknya adalah salah satu tanggungjawab pemerintah dalam pengentasannya. Mengingat adanya retribusi yang kita bayar guna mengatasi problema sampah ini. 

Namun jangan berhenti sampai disana, perubahan juga harus kita mulai dari diri kita sendiri. Pertama adalah tidak membuang sampah sembarangan, kedua meminimalisir penggunaan kantong atau semua barang habis pakai yang menggunakan plastik. Selain itu, adanya komunitas seperti Get Plastic ini juga harus kita dukung terus. Kalau bisa viralkan, supaya perkembangannya semakin masif dan intensif.


Sekian dulu thread ane kali ini. Kalau ada reader yang punya channel ke Komunitas Get Plastic, bolehlah share pengetahuan dan informasinya di mari. Siapa tahu TS atau kaskuser lain ada yang minat join. :goyang


:terimakasih

emoticon-Keep Posting Gan



referensi : di sini & di sini di sini
sumber foto : Google
Keywords : TASTETHELOCAL, INSPIRING PEOPLE, PRODUCT, PLACE, COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT, KASKUSXMLDSPOT


Diubah oleh agungdar2494 12-11-2019 07:57
sikodik
Mutimumut11
sebelahblog
sebelahblog dan 27 lainnya memberi reputasi
28
3.9K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan