CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Ungkap Awal Mula Munculnya Ide JPO Tanpa Atap
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc3b224af7e933fa5059a31/anies-ungkap-awal-mula-munculnya-ide-jpo-tanpa-atap

Anies Ungkap Awal Mula Munculnya Ide JPO Tanpa Atap

Anies Ungkap Awal Mula Munculnya Ide JPO Tanpa AtapJakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menceritakan asal mula mendapat ide mencopot atap jembatan penyeberangan orang (JPO). Ide itu datang saat Anies sedang berjalan kaki di kawasan Sudirman.

"Saya ini seringkali lihat di sini berdiri, saya lihatin apa yang bisa menjadi unik ya. Terus saya jalan kaki. Ketika berjalan kaki saya merasakan keunikan karena gedung-gedung yang tinggi. Tapi ketika saya melewati jembatan penyeberangan yang pengalamannya lebih unik lagi, karena saya di atas mobil-mobil tapi pada saat itu justru saya nggak merasakan bagian dari sebuah areal yang penuh dengan gedung tinggi," ungkap Anies di JPO di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019).


Anies pun mengumpulkan bawahannya dan membandingkan JPO di Indonesia dengan di negara lain. Menurut Anies, JPO tanpa atap bisa ditemukan juga di negara lain.

"Karena itu saya katakan, saya panggilin kepala dinas, coba kita satu dulu kita. Lalu sebelum itu dilakukan kita studi, cek di berbagai tempat di negara-negara lain jembatan penyeberangan orang tanpa atap. Dan desainnya banyak sekali. Nanti silakan aja lihat di-google. Langsung saja lihat itu banyak JPO yang tanpa atap, " kata Anies.


Implementasi ide itu pun tidak perlu dengan membangun jembatan baru. Anies mengatakan hanya dengan mengubah sedikit tampilannya, JPO itu bisa menjadi atraksi baru.

"Jadi tidak ada yang baru, dalam artian membangun. Tapi begitu dikasih, ubah dikit aja. Langsung dia menjadi tempat atraksi," tutur Anies.

Dia juga menjelaskan pertimbangan soal hujan. Anies mengatakan JPO ini menghubungkan area terbuka dengan area terbuka. Oleh sebab itu, tidak ada bedanya apabila atap JPO itu dicopot.

"Tapi kalau dari outdoor ke outdoor, tidak ada bedanya. Kan mereka berjalan di trotoar, outdoor, menyebrang outdoor lagi. Artinya tidak ada bedanya. Wong dari tempat yang terbuka ke sebrang yang terbuka juga," jelas Anies.


Anies juga mengatakan bahwa JPO tanpa atap tersebut memberikan pengalaman yang unik bagi masyarakat. Sesudah dua hari JPO ini dibuka, sudah banyak orang yang mendatanginya.

"Dan justru memberikan pengalaman yang unik. Ini baru dibuka 2 hari saja sudah banyak yang datang ke sini untuk foto-foto," ujar Anies. (imk/imk).


Sumber:
https://m.detik.com/news/berita/d-47...-atap?single=1


Mkasih Pak Goodbener untuk ide2 cemerlangnya.
Andai Pak Goodbener ngga jalan kaki ....ngga akan nemu ide itu.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Muzmuz
Halaman 1 dari 12
Bahagia warganya....


Basah warganya....


Maklumin aja....




Anies Ungkap Awal Mula Munculnya Ide JPO Tanpa Atap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasperjaka dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kalo mau liat gedung2 tinggi, liat aja dari trotoar, ngapain harus bongkar atap JPO, bambang!!

11:12 lu ama Jokowi!


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasperjaka dan 28 lainnya memberi reputasi
whatdefakkkkkk emoticon-Cape deeehh

Bener2 gabener pilihan umat kitak2 sangat menjunjung estetka sampai2 rela warganya kepanasan

Selamat deh ya pak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasperjaka dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Beautifikasi emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Gub yg dulu2 kmana aja???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qintilllll dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
primitif sekali ck ck ck emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Liat gedung indofood tower dari trotoar ma dari JPO apa bedanya wan abud tolol ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
david1094 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
wan aibon udah biasa hidup tanpa otak, makanya yg"tanpa tanpa" itu bikin hidup lebih enteng emoticon-Ultah
wan aibon gegara keseringan ngaibon makanya pikirannya gak beres mulu. trotoar utk pejalan kaki malah dikasi ke pkl. jembatan buat nyeberang malah dipake buat selfie2
gabener tergoblok dlm sejarah indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasperjaka dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cipokan.yuk
Anies Ungkap Awal Mula Munculnya Ide JPO Tanpa Atap
potonya pas malem hari ... coba pak di posisi yg sama jam 12 siang emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
david1094 dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan



Dan justru memberikan pengalaman yang unik. Ini baru dibuka 2 hari saja sudah banyak yang datang ke sini untuk foto-foto," ujar Anies

PKS: Jembatan fungsinya utk nyebrang, bkn poto poto !!!!
PAHAM ENTE ??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasperjaka dan 13 lainnya memberi reputasi
orang udik aja yang poto disitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
ditunggu ide cemerlangnya buat ngatasin masalah jamban & kebiasaan berak di kali warga pinggiran....biar ngising sekalian selfie2
emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
Kata orang PKS mah JPO itu jangan dijadiin tempat berteduh,gunakan sesuai fungsinya,lah ini jadiin JPO buat liat-liat pemandangan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
iya satu lagi tuh lu lagi selfie2 ntar burung eek, mampus kau
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan maskompor memberi reputasi
Norak emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan maskompor memberi reputasi
Balasan post valkyr7
Lu yang goblok. Orang mau bunuh diri kan biar bisa lihat pemandangan yang bagus dulu sebelum mati. kalau sekarat,bakalan dijenguk dan auto disolatin kalau mati
emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
david1094 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kardus2019
Balasan post valkyr7
Quote:

ada ilmunya di arsitektur mata kuliah lansekap namanya sikuen
yaitu memberikan nilai pada ruang dgn menggiring pengguna menikmati lingkungan yg didesain dgn baik sesuai alur pedestrian

tapi ya jangan dipikir sendirilah ... walopun indah dipandang mata belom tentu aman & nyaman bagi pengguna jalan
bikin sayembara kek ke mahasiswa2 arsitektur utk mendesain jpo yg estetis namun sesuai fungsinya
semuanya ada ilmunya wan abuud gak sesuai selera pribadi ente suka2 doank emoticon-Hammer

jpo pake atep juga bisa bagus kalo didesain sama mahasiswa arsitek (gak perlu arsitek biar murah) emoticon-Big Grin
bisa pake bahan transparan anti uv, pasang panel surya sekaligus jadi sumber listrik malem hari, model postmo, dekon, architecton dst yg aneh2 tak terbatas sesuai imaginasi ... tapi gak ngawur ala wanabud ada unsur estetis, teknis & sosiologis di dalamnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qintilllll dan 32 lainnya memberi reputasi
ya lu lewatnya cuma sesekali abud, coba tiap hari makin item lu emoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
Sekarang masih belum rame...

Nanti pas musim hujan, bakalan kerasa banget efeknya....

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan maskompor memberi reputasi
Balasan post kinonotabi
Quote:


Maaf kalo ane salah.. ini maksudnya lingkungannya d desain dulu kan ?.. emoticon-Malu (S)

Kalo emang iya.. bukannya tuh gedung dan jalan sudirman udah lama jadi?.. trus (lingkungan) apanya yg mau d desain lagi ?.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan ekaputra19 memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di