alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Latar Belakang Tak Menjadikannya Tercerai, Inilah Daerah Yang Patut Dicontoh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc1a4b7c9518b6fae09bc14/latar-belakang-tak-menjadikannya-tercerai-inilah-daerah-yang-patut-dicontoh

Latar Belakang Tak Menjadikannya Tercerai, Inilah Daerah Yang Patut Dicontoh

TASTETHELOCAL, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT


Latar Belakang Tak Menjadikannya Tercerai, Inilah Daerah Yang Patut Dicontoh


Bagaimana kabar Indonesia hari ini? Semoga masyarakat Indonesia tetap rukun dengan menjunjung tinggi keselarasan dan keseimbangan, dengan sikap tenggang rasa yang kini sudah mulai pudar.

Menjadi satu negara kepulauan, menjadikan Indonesia negeri yang sangat kaya. Sebuah negeri yang memiliki banyak suku dan ras, dengan adat istiadat yang berbeda tentunya.

Sebuah contoh kecil, daerah yang mampu menjadi sebuah tolak ukur, bahwa keberagaman tak selalu menjadi penghalang untuk hidup rukun dan saling berdampingan.

Ranupani




Nama yang familiar, namun kebanyakan dari kita mengenal Ranupani adalah obyek wisata. Dimana ada sebuah danau yang terletak di kawasan lereng gunung Semeru, yang memiliki keindahan luar biasa.

1. Kerukunan antar umat beragama

Sejak jaman sekolah, ane selalu tertarik jika ada yang berkisah mengenai Ranupani. Pertama kali adalah kisah dari seorang guru ane, yang mengatakan di daerah tersebut dihuni oleh warga yang memiliki latar belakang agama yang berbeda.

Quote:


Uniknya, mereka tetap bisa hidup rukun, tanpa ada diskriminasi antar warga yang berbeda agama.

2. Melestarikan budaya

Hidup rukun tersebut kabarnya, telah menjadi warisan selama turun temurun. Bagaimana tidak, setiap agama tentunya memiliki acara/ritual khusus yang biasanya ditandai dengan selamatan atau syukuran.

Menjadikannya unik adalah secara bersama dan gotong royong mereka melakukan selamatan. Kisah ini ane dengar langsung dari teman ane yang telah menjadi warga desa Ranupani, setelah menikahi gadis cantik warga asli daerah tersebut.

3. Gotong royong dan persaudaraan

Pernah juga ane melihat tayangan televisi yang menggambarkan betapa kearifan budaya setempat masih sangat terjaga, yaitu dengan gotong royong perbaikan jalan dan saluran air. Yang tentunya kini, hal tersebut sudah sangat jarang kita temui di daerah perkotaan.

4. Terjaganya alam

Menjadi salah satu tujuan wisata yang menjadi primadona, tak menjadikan Ranupani lupa akan menjaga alam. Hal ini bisa kita lihat dari tetap terjaganya kawasan hutan sebagai salah satu penunjang keberlangsungan kehidupan, sebagai penghasil oksigen, dan terjaganya ekosistem.

***


Dari sinilah, sebuah pelajaran berharga dapat kita petik, tak selamanya perbedaan itu menjadikan sebab sebuah perpecahan. Sekalipun kita berbeda suku, ras, ataupun agama. Kita masih bisa hidup berdampingan selama kita bisa saling menghormati dan menghargai antar sesama.

Quote:


Maka patutlah jika kita sebut warga Ranupani sebagai INSPIRING PEOPLE, warga masyarakat yang menjunjung tinggi kerukunan antar umat beragama. Menjadikan desa Ranupani sebagai INSPIRINGPLACE, tetap menjadi desa yang cantik, yang menawarkan keindahan alam, keramahan penduduk dan kedamaian di dalamnya.

Ranupani adalah sebuah desa yang menjadi penggagas INSPIRINGPRODUCT, kenapa demikian karena kerukunan adalah modal utama yang menjadikan sebuah wilayah hidup lebih makmur dan sejahtera.
profile-picture
arbib memberi reputasi
Diubah oleh Dharryzone
kirain inspirasi cerita layangan putus nih emoticon-Leh Uga
profile-picture
Dharryzone memberi reputasi
Quote:


Layangan putus bisa nyantol dimana aje gan


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di