susej.lolot
TS
susej.lolot
KPK Apresiasi Langkah Anies Baswedan Perbaiki Sistem E-Budgeting Warisan Ahok


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengambil langkah untuk memperbaharui sistem penganggaran digital (e-budgeting) era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendapat apresiasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Tujuan pembaharuan itu menurut Anies agar sistem bisa lebih maksimal dalam bekerja.”Terima kasih saya kepada KPK, spiritnya memang membuat penganggaran itu transparan. Kemudian kita bisa mengendalikan perilaku orang,” ujar Anies di Jakarta, Senin (4/11/2019).

Mantan Mendikbud menegaskan, tujuan sebuah sistem dibangun itu untuk memaksa agar semua pengguna mengikuti apa yang telah diatur. Dalam sebuah organisasi, beragam perilaku manusia tidak dapat ditentukan.

“Di sebuah organisasi selalu ada yang rajin, kurang rajin, tidak rajin. Ada yang jujur, kurang jujur, tidak jujur. Sistem yang dibuat itu harus berfungsi menaklukan semua, sehingga harus rajin, harus jujur,” tegasnya.

Kata Anies, apabila sistem hanya berfungsi untuk individu yang berperilaku baik, maka hal serupa, polemik anggaran DKI bakal terulang kembali. Untuk itu, pembaruan sistem penganggaran digital perlu dilakukan.

“Tapi kalau sistem itu hanya berfungsi jika hanya penggunanya jujur, jika penggunanya rajin, maka akan kecolongan terus. Karena itulah yang kita lakukan adalah melakukan perbaikan agar kita bisa memastikan tidak ada penyimpangan lagi. Seperti sekarang kalau ada penyimpangan, seperti anggaran yang lucu-lucu itu, tidak bisa dibedakan, ini adalah kemalasan, ini adalah keteledoran atau ini adalah titipan, enggak bisa dibedakan tuh, kenapa? Ya karena sistemnya bebas,” katanya.

Jika nantinya sistem tersebut sudah diperbaharui, maka Pemprov DKI Jakarta, bakal langsung mengetahuinya. Namun, Anies enggan berkomentar lebih jauh terkait hal tersebut. “Nanti lengkapnya saat kita luncurkan, dan kita mengetahui ini sejak tahun lalu, tapi ya itu tadi, kami ini di pemerintah, kalau ada masalah ya dikoreksi, perbaiki. Bukan diramaikan, Insya Allah segera beres,” pungkas Anies

Anies Perbaiki Sistem Warisan Ahok

Sistemnya memang banyak kekurangan.. karena harus diawasi manual.. yg menginput bisa saja salah.. baik sengaja atau tidak sengaja. Itulah yg terjadi di era Ahok terjadi penggelembungan dmana-mana. Setelah kecolongan malah marah2 di DPRD.

Tapi Ahok dan pendukungnya masih ngeyeel aja terus, gak mau mengakui kelemahan,merasa semua sistemnya sudah sempurna
bodohnya lagi Rencana Anggaran dikira udah Anggaran yg disetujui DPRD...
PSI bak pahlawan kesiangan, ngaku membongkar ini itu. Padahal kejanggalan rencana anggaran yang masih menggunakan sistem warisan Ahok sudah ditemukan duluan oleh Anies dan dalam tahap perbaikan tanpa perlu koar2.
Diubah oleh susej.lolot 05-11-2019 02:12
sendalbolong88sebelahblog4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.4K
42
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan