alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
‘Gaji Pengangguran’ yang Dinanti, Permasalahan dan Solusi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db31ae79a972e295f0f248a/gaji-pengangguran-yang-dinanti-permasalahan-dan-solusi

‘Gaji Pengangguran’ yang Dinanti, Permasalahan dan Solusi


‘Gaji Pengangguran’ yang Dinanti, Permasalahan dan Solusi

Presiden dan Wakil Presiden telah dilantik. Susunan Menteri Kabinet sudah terbentuk. Ini berarti Indonesia sudah memiliki Pemerintah Pusat baru, yang siap untuk bekerja demi bangsa dan negara pada periode 2019-2024.

Ketika beli rokok di warung, dan Presiden Joko Widodo sedang mengumumkan para Menteri yang duduk di kabinetnya di televisi, saya dengar seseorang berkomentar: “Siapapun menterinya, nasib kita tetaplah begini.”

Saya memahami ucapan tersebut bukan sebagai bentuk ketidakpedulian terhadap pemerintah, melainkan besarnya harapan agar pemerintahan yang baru ini dapat membawa angin segar bagi kehidupan rakyat, khususnya di bidang ekonomi.

Memang ucapan tersebut tekesan ‘tak peduli dan putus asa’, yang disebabkan oleh pengalaman mereka selama ini, di mana pergantian pemerintahan tidak membawa perubahan atau perbaikan nasib.

Karena itu, di balik ucapan tersebut sebenarnya tercantum harapan yang sangat besar, agar siapapun yang memimpin negeri ini, hendaknya memberikan langkah konkrit dalam menyejahterakan rakyat.

Dan salah satu janji atau program kerja Presiden Jokowi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat adalah ‘Gaji Bagi Pengangguran’. Karena itu, mereka begitu antusias mendengar hal ini.

‘Gaji Pengangguran’ yang Dinanti, Permasalahan dan Solusi

Hany saja, banyak masyarakat yang salah persepsi dengan program ini. Mereka mengira, dengan menganggur atau tak punya pekerjaan tetap, maka mereka akan menerima gaji dari pemerintah setiap bulan.

Padahal gaji yang dimaksud hanya berlaku selama tiga bulan, yang digunakan untuk biaya pelatihan atau kursus bidang life skill, seperti mengemudi, kursus servis elektronik, mekanik, menjahit dan berbagai keterampilan lainnya.

Setelah memiliki keterampilan, diharapkan seseorang mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahliannya, sehingga tidak lagi menganggur.
****
Jika kurang sosialiasi dan penjelasan dari pemerintah tentang program ini, tentu masyarakat awam khususnya akan kecewa, karena mereka telanjur berharap akan mendapat gaji selama tak punya pekerjaan.

Selain itu, mereka yang mendapat gaji dan mengikuti pelatihan juga mungkin akan kecewa, jika setelah punya skill, tetap susah untuk mendapatkan pekerjaan sesuai bidangnya.

Karena itu, saya berharap, setelah program ‘gaji pengangguran’ ini jalan, maka pemerintah juga harus menyiapkan lapangan kerja (semacam ikatan dinas) kepada para pemegang kartu pra kerja tersebut. Sehingga begitu selesai mengikuti kursus/pelatihan, mereka langsung kerja, tanpa harus respot cari kerja lamar sana lamar sini, yang akhirnya ditolak juga, dan kembali lagi jadi pengangguran.

Atau, mereka diberi modal untuk membuka usaha sesuai bidang keahliannya, sehingga bisa mengaplikasikan keterampilannya secara mandiri, jik atidak ada lembaga yang bisa menampung keterampilannya.

Saya kira masalah yang umum dihadapi masyarakat Indoneoa bukan kurangnya keterampilan hidup (life skill), melainkan kurangnya lapangan kerja. Saya sendiri punya keterampilan di bidang servis elektronik, namun sampai sekarang saya masih nganggur, tak bisa memanfaatkan keterampilan ini, karena tak ada perusahaan atau pihak yang merekrut saya.

Karena itu, saya berharap program gaji pengangguran ini benar-benar dikelola secara profesional dan serius, sehingga benar-benar dapat memberikan keterampilan dan lapangan kerja yang pasti bagi rakyat Indonesia. (*)
****
Opini pribadi. Ref
profile-picture
profile-picture
ngejleb dan Junmai92 memberi reputasi
Diubah oleh Aboeyy
Reserved
profile-picture
Junmai92 memberi reputasi
Karena itu, saya berharap program gaji pengangguran ini benar-benar dikelola secara profesional dan serius, sehingga benar-benar dapat memberikan keterampilan dan lapangan kerja yang pasti bagi rakyat Indonesia.

Sama sih kayak.pendapat TS, semoga benar-benar bisa dimaksimalkan enggak buang anggaran
profile-picture
Aboeyy memberi reputasi
Kemana aja Om..
Kmrin rame2 kasus "sampah", kaga nongol..

---

Anti OOT..
Intinya apapun hal baik yg dilakukan oleh pemerintah harus kita dukung...
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Quote:


Iya, ane telat info, barusan tau setelah ada pm dari seseorang. Lg sibuk kerja lapangan, ga sempat monitor kasus itu. emoticon-Big Grin
Nah ini salah satu program yang menurut ane kurang cocok bagi masyarakat Indonesia karena masih banyak masyarakat yang ga pengen berjuamg tapi pengen sukses wkwk
profile-picture
Aboeyy memberi reputasi
Quote:


Program gaji itu kan untuk biaya kursus atau pelatihan life skill, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja, bukan gaji buta. emoticon-Big Grin
ane baru tau maksud dari programnya gan, terima kasih atas infonya nih,,
didukung dulu aja dah programnya sapa tau klo nganggur lagi setelah 3 bulan dapat dana dari pemerintah
bisa dapat lagi hehehe.. tapi yang ditinggal didaerah syukur2 dananya ga dikorupsikan o/ instansi yang mengurus dana tersebuut..
uppzz ini bukan menuduh hanya kekhawatiran akan program baru .. emoticon-Big Grin
Akankah terealisasikan?
Apakah ini salah satu pemecahan terbaik dr pemerintah dlm menangani pengangguran yg semakin meningkat di Indonesia?
emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Cendol Gan


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di