alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da005ff09b5ca3f73594af0/hal-unik-dan-aneh-yang-kamu-gak-tahu-tentang-cleopatra

Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA

Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA

Mau kalian sekolah swasta atau sekolah negeri, pasti pernah denger dong yang namanya Cleopatraa?? Ratu Mesir ini konon memiliki kecantikan dan kekuasaan tak tertandingi pada jamannya dan menjadi salah satu wanita berpengaru dalam  sepanjang sejarah dunia. Ada banyak buku dan film tentang Cleopatra sampe kita gak tau lagi mana yang bener, mana yang hoax.  Nah sekarang yang bakal kita bahas adalah tentang mitos yang paling terkenal si Ratu Mesir ini.

1. Cleopatra menikah denga kedua adik lelakinya

Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA

Incest mmerupakan hal yang lumrah dan normal untuk keluarga kerajaan jaman dulu untuk mempertahankan kekuasaan keluarga kerajaan, termasuk di Mesir. Ayah Cleopatra adalah Raja Tolemy XII yang disinyalir menikahi sepupunya atau adiknya sendiri yaitu Ratu Tryphanea – CleopatraVI. Ketika Cleopatra berumur 18 tahun, bapaknya meninggal dan dia ditunjuk sebagai pengganti rajanya tapi syaratnya Cleo harus menikah, dan pastinya sama adiknya. Cleo menikahi adiknya Ptolemy XIII yang berumur 10 tahun. Sekitar beberapa tahun kemudian, ia meninggal jadi Cleopatra menikah lagi dengan adiknya Ptolemy XIV.

2. Cleopatra bukan orang asli Mesir

Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA
patung Alexander Agung

Nenek moyang Cleopatra adalah keturunan Yunani. Menurut sejarah Macedonia, Cleopatra berasal dari Dinasti Ptolemic yang merupakan Alexander Agung sebagai Ptolemy I. Dinasti Ptolemic berkuasa selama 300 tahun di Mesir. Dan orang Mesirnya gak mempermasalahkan hal tersebut. Karena sebelumnya, Mesir dikuasai oleh orang keturunan Persia yang memimpin kalah bagus dari kepemimpinan dibawah keluarga Alexander Agung. Semua keturanan keluarganya pun kebanyakan berbicara Bahasa Yunani bahkan semua dokumen kerajaan pada dinasti ini rangkap dua, berbahasa Yunani dan Mesir.

3. Cleopatra nggak cantik


Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA
Kalo kita denger atau baca nama Cleopatra pasti kebayangnya wanita eksotis berparas cantik, mata tajam, hidung mancung, bibir sensual, dengan badan yang proporsional. Apalagi setiap filnya, aktis yang meraninnya pasti cantik-cantik banget. Tapi ternyata selama ini kita salaaahhh.. Februari tahun 2007 ditemukan sebuah koin Mesir kuno dengan gambar wajah Cleopatra. Dan engg itu jauh sih dari patung atau gambar2 cantik yang selama ini kita tau. Dalam catatan Life of Anthony yang ditulis oleh Plutarch tahun 75 M, dituliskan kira2 “kecantikan Cleopatra yang sebenernya.. bukan sama penampilannya yang B aja atau yang bisa bikin orang terpana gitu. Tapi karakternya yang kuat dan kharismanya yang luarr biasa. Semua yang dia lakukan dan katakan membuat orang-oranga terpesona.” Cleopatra sendiri memang dikenal menguasi beberapa bidang pengetahuan kaya matematika, pengobatan, alkemi, ekonomi, sejarah, geografi bahkan Cleopatra juga menguasai 9 bahasa!

4. Cleopatra pandai berbaur dengan rakyatnya

Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA

Salah satu alasan kenapa Cleopatra sangaat dielu-elukan oleh rakyat Mesir adalah dia jago menyesuaikan diri dengan rakyatnya. Sebelumnya minter udah bahas kan kalo dia itu bukan orang asli Mesir. Nah sepanjang kekuasaan dinasti keluarga Ptolemic, Cleopatra satu-satunya penguasa dari diDInasti Ptolemic yang menerima dan melakukan aktifitas budaya local seperti berbicara Bahasa mesir, membaca hieroglif, memakai baju tradisional, menghadiri upacara dan festival lokal. Makanya gak heraann kalo Ratu karismatik ini begitu dipercaya dan dicintai rakyatnyaa emoticon-kisssing

5. Cleopatra membunuh semua sodara kandungnya

Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA
Ptolemy XIII

Lho lho tadi kayanya nikah sama adiknyaa?? Iya nikah. Tapi abis itu dibunuh. Adik pertamanya Ptolemy XIII dinikahi secara upacara yang gak ada kecocokan. Dia pun berpikir untuk ngerebut kekuasaan Cleopatra yang resmi ditunjuk oleh Bapaknya sebagai pemimpin Mesir. Ptolemy XIII minta bantuan Julius Caesar ehh tapi Caesarnya malah kecantol trus nyuruh dia akur sama kakaknya dan ngebiarin kakaknya jadi penguasa. Ngerasa dikhianatin Caesar, Ptolemy XIII bertarung denga Caesar di dekat sungai Nil dan berakhir Ptolemy XIII tenggelam di sungai. Yaa secara gak langsung sih Cleopatra membunuhnya. Yang adik lelakinya yang kedua, Ptolemy XIV meninggal dengan pernyataan “keadaan misterius” yang sebenernya diracunin oleh Cleopatra ini. Selain saudara laki-laki, Cleopatra juga punya saudara perempuan namanya Arsinoe. Arsinoe meninggal setelah dieksekusi atas perintah Cleopatra karena dia selalu ngebela dan ngedukung sodara-sodaranya yang laki untuk jadi raja trus setelah sodaranya pada meninggal, si Arsinoe ini menyatakan kalo adalah Ratu Mesir. Emang ye gan, tahta gak kenal sodara!

6. Mark Anthony rela ngebatalin perang demi Cleopatra

Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA

Rasa-rasanya gak mungkin, seorang penguasa besar kaya Mark Anthony ngebatalin penyerbuan yang udah disiapin kalo bukan karena alesan yang penting. Pas Anthony mau berangkat perang, dia dikabarin kalo Ratu Mesir mau ketemu di kota Tarsus (sekarang Turki). Pas pertama kali  ngeliat Cleopatra, Mark langsung terkesima. Pada saat ini Cleo menggunakan gaun dan berdandan seperti dewi asmara yunani, Aphrodite dan para pengawalnya pun didandanin ala cupid yess lengkap dengan sayapnya. Kata yang meluncur dari mulut wanita karismatik itu adalah “let’s make love, not war”. Langsung seketika luluh yang bikin Mark Anthony ninggalin pasukannya dan ngikut Cleo ke Alexandria. Sementara prajurit yang ditinggalinnya tetap berangkap ke medan perang dengan hasil gatot alias gagal total.

7. Boros


Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA

Sedari dulu kayanya udah wajar ya kalo horang kayah suka ngehambur-hamburin duit. 50% dari pendapatan kerajaan Mesir dipake oleh Cleopatra untuk kecantikan dan barang-barang mewah. Bukan Cuma buat dirinya sendiri, Ratu ini juga ngabisin uang kerajaan untuk  program mensejahterakan rakyatnya yang membuat Mesir terutama kota Alexandria jadi tempat yang paling sejahtera dan berkuasa pada jamannya.

8. Cleopatra punya 4 anak

Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA

Eeiitss jangan mikir anaknya dari hasil insesnya yaa yang kayanya eww.. Cleopatra gak punya anak dari hubungan dengan adik-adiknya. Dia punya 1 anak dari Julius Caesar namanya Caesarion. Sedangkan dari Mark Anthony punya sepasang anak kembar namanya Alexander Helios dan Cleopatra Selene serta satu orang anak lagi bernama Ptolemy Philadelphus. Semua anak lakinya terbunuh sedangkan Selene terus hidup dan mempunyai keturunan.

9. Kematian Cleopatra masih diperdebatkan

Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA

Kematian penguasa Mesir ini masih diperdebatkan. Mitos yang beredar adalah Cleopatra mati digigit ular. Diceritakan pada saat itu, Mesir didesak terus oleh pasukan Roma yang dipimpin oleh Octavian. Kemudian Cleo menulis surat kematian yang kemudian dikasi ke pengawalnya, trus bunuh diri dengan ular beracun yang mengigit dadanya. Permasalahannya adalah, racun ular gak akan bisa membunuh cepat, diperlukan waktu minimal sejam agar orang yang digigitnya mati. Dan selama sejam itu harusnya dia bisa menyelamatkan diri karena pada jaman itu dipercaya banyak tabib yang bikin dan punya penawar racun ular. Teori lain ada yang bilang kalo Cleopatran minum racun. Dan menurut ahli sejarah kuno, Strabo, menulis di jurnalnya kalo Cleopatra selalu punya dan memakai sisir yang direndam oleh racun. Dalam jangka waktu lama, itu bisa bikin Ratu ini mati keracunan. 

10. Punya pabrik parfum


Hal Unik dan Aneh yang Kamu Gak Tahu Tentang CLEOPATRA

Reruntuhan pabrik parfum Cleopatra ditemukan di dekat Ein Gedi, yang terletak di Laut Mati. Tempat itu juga digunakan sebagai salon kecantikan dan spa. Dia juga merangkum semua racikan seluruh parfumnya dalam satu buku bernama Gynaeciarum Libri. Sayangnya buku itu ikut hilang pada saat kebakaran besar di perpustakaan Alexandria.

Nah dari 10 poin tersebut, mana yang paling bikin kalian kaget?

Sumber :
https://www.grunge.com/112557/weird-...now-cleopatra/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Pertamax emoticon-I Love Indonesia
Waow emoticon-Wowcantik
ane yakin cleopatra ini cerdas banget, tapi memerintah dengan buruk
profile-picture
20.12.2013 memberi reputasi
nomer 3 gitu amat bre emoticon-Embarrassment
ane bantu nongolin sjw satu kecamatan ya
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
Diubah oleh Papa.T.Bob
Pgn tau ... cantik/ga sih ... klo spt yg di mulustrasi sih ... emoticon-2 Jempol
Yang ane tau cleopatra itu jelek😂
Jangan bayangin tante ketiperi
Doi cerdas tapi mungkin licik juga sih.
ternyata ga cakep yak kleopatra.. gw kira cakep, bak putri raja
Diubah oleh kreator.9.ES
Jejak emoticon-Traveller
cleo gak cantik ya
Quote:


Iya gan emoticon-Goyang
Cleopatra tuh kayak dongeng aja ya gannn ... hehehe jujur emang agak nimbulin stigma aneh sih setelah baca ini hehe thanks infonya gann
Cleopatra ada film parodynya lo emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
ebiang dan cupilonlen memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Bayangan ane, doi cakep gan.. macem artis kobeo giu,eh ternyata kagakemoticon-Hansip
uwow ternyata seperti itu. ane cuma tau kalo cleopatra tuh katanya syantique
nice thread nih gan menambah ilmu sejarah juga ni
Karena cantik itu relatif bre emoticon-Cool
Thanks gan, trit yang informatif. Terlalu banyak info yang salah kaprah di luar sana.
begini ini the best.. gak kaya yang atu lagi.. hape melulu..
pabrik parfum emoticon-Recommended Seller
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di