alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Bikin SIM Di Indonesia Mahal? Ada Yang Lebih Mahal, Di Jepang SIM Sampai 30 Juta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da7eb8dc8393a598b3d51b9/bikin-sim-di-indonesia-mahal-ada-yang-lebih-mahal-di-jepang-sim-sampai-30-juta

Bikin SIM Di Indonesia Mahal? Ada Yang Lebih Mahal, Di Jepang SIM Sampai 30 Juta

Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 10
Jepang mah kendaraan umumnya udah baik, terintegrasi, aman, dan nyaman. Coba naik angkot di Indo malam-malam belum tentu aman.
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Quote:


Disana berarti ukuran materi cuman rumah ma tabungan ya gan
Klo disini malah panen mobil motor ampe garasi aja gk punya emoticon-Big Grin
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Quote:


Quote:


Analisa yg menarik emoticon-Leh Uga
walaaaah jauh lebih mahal dan jauh lebih ketat... pantesan ga banyak yang punya kendaraan pribadi.. di sana transportasi umumnya juga udah ada dan banyak rute..
Quote:


Bukan ribet bukan mahal

Inilah negara maju

Jgn bandingin sama negara blegug kaya kita

Lw liat aja di negara asalnya motor moped/skutik/matic 125-250cc ada yg pake atau enggak?

Karena gk memenuhi standar keamanan, motor terlalu "kencang" tapi safetynya mines, gak ada abs, traction control, cakram cuma depan doank, ban gak lebar, dsb

Makanya di Jepang cm ada skutik max 50cc karena aman
Atau moge diatas 250cc yg ud jelas double cakram, abs, dst

Skelas NMAX/PCX atau bahkaj XMAX aja sepertinya gak ada tuh

Gk heran disini kecelakaan lalu lintas dimana2
Udahalah bkin SIM nembak, mau gk nembak tes prakteknya goblok2 gk standar internasional

Udah gitu penilainya jg klo gk disogok gk bakal lulusin, baru ada rencana komputerisasi biar objektif pula kan goblok bgt, kemana aja selama puluhan tahun ini cobak?

Ud berapa nyawa melayang gara2 banyak yg gak layak berkendara di jalanan tp punya SIM

Udahlah sempet dikorupsi pula dana pengadaan alat simulator SIM, sampe alatnya cm kebeli dkit, dan jd pajangan doank, tetep aja di satpas tes prakteknya govlok dan pake motor2 yg ud govlok2 juga


Quote:


bener bangett. gatau sih gan disana mungkin ada batasannya ya. ya disana angkutan umum mumpuni sih gan. kalo disini ya gimana lagi kannnnn tau sendiri hehe
Quote:


Nah sebenernya disana udah dikasih sarana angkutan ya, trus mungkin karena biaya pajak mobil dan pembuatan sim yg mahal masyarakat lebih milih naik angkutan massal ya gan. Mindsetnya yg diubah, nah kalo di indonesia mindsetnya masih lama susah dirubah
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
lihat sisi positifnya gan,, jika punya track record yg baguss.. akan dpat fasilitas khusus seperyi diskon barang dn lain-lain..
btw keren yaa, disana dikasih jatah 6 poin.. jika dlm setahun sudh dpt 6 poin krn kesalahan akan dicabut.. dan disana gk ada razia sim n stnk pertanda aman bgt nih negara
Balasan post doyanoncom
beda lah gan...
buat warga sana juga termasuk mahal, karena emang dipaksa buat naik transportasi umum..

misal di Jepang avg salary 40jt, bikin sim 30jt.. 75% gaji
di Indo min salary 3.94jt. bikin sim A 120rb.. 3% gaji
yg ga punya sim pd bs nyetir ga?
Balasan post nawap
Quote:


yah karena banyak yang maunya cepet beres... bikin sim dulu baru belajar bawa kendaraan... terus bawanya ngasal dan membahayakan orang lain.. idealnya klo punya sim ya ada skill minimal, harus udah bisa safety riding, sehingga bisa berkendara dengan aman ya.
ngak ada tuh yg sen ke kiri, belok kanan, atau ngak tahu aturan di jalan..

klo bikin sim, pas ujian praktek, lumayan ribet loh, banyak yg udah biasa bawa kendaraan aja ngulang...
ane juga ngulang karena tes lewatin cone2, tapi sambil mundur mobilnya... tapi ada beberapa temen yg bikin tanpa nyogok karena emang udah jago bawa kendaraannya..


Quote:

Iya kaan...
Ya walaupun ada 2 kartu juga perlu bikin lagi duit lagi, tapi kalau belum sempet ngurus kan masih ada kartu id lain misal beli tiket kereta kan
profile-picture
Daniswara92 memberi reputasi
Quote:


Ribet banget ya jadinya emoticon-Cape d...
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
mau compare kok negara maju.

kok ndak di bandingin sama timor sekalian?
kira kira nembaknya berapa ya?
Pendapatan perkapitanya dulu brpa. Jng disamakan dng Indonesia.
hmm.. simny bisa naik level. mantap bener hehe
Quote:


Bandinginnya disana 30jt bisa dapet apa gt aja gan
Halaman 6 dari 10


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di