adnanami
TS
adnanami
Cari Muka dan Muka Dua, Karakter atau Budaya?


Tidak dapat dipungkiri dalam bersosial, kita akan menemui banyak orang dengan beragam karakter yang berbeda. Ada yang menyenangkan hati kita maupun membuat darah mendidih akibat sifat dan karakternya. Wajar lah namanya juga kita bergaul di lingkungan yang heterogen, sehingga perbedaan adalah hal yang biasa. Namun ada beberapa karakter yang keberadaannya sangat meresahkan banyak orang, yaitu sifat cari muka dan muka dua. Karakter seseorang yang semacam ini justru membuat orang lain terlihat buruk di suatu lingkaran pertemanan.

Sebenarnya apa sih latar belakang seseorang mencari muka? Tentu saja rasa kurang diperhatikan dan insecurealias minder yang terpendam. Dia merasa dirinya tidak cukup baik sehingga berusaha menampilkan citra diri yang keren agar tampak lebih berharga. Sebuah realita yang menyedihkan, bukan?

Pribadi - pribadi yang merasa terancam akan keberadaan seseorang yang dianggap lebih baik darinya, sebisa mungkin akan berusaha mempertahankan eksistensinya. Entah dengan cara yang baik seperti menorehkan prestasi atau justru dengan cara negatif seperti mencari muka. Jadi bisa disimpulkan bahwa orang yang suka cari muka itu belum mampu menelurkan prestasi sehingga memilih cara tersebut untuk bertahan. Keinginan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan adalah tujuan utama dari tindakannya tersebut.

Cari muka adalah sebuah karakter yang tampaknya telah membudaya saking banyaknya orang - orang yang berlaku seperti itu. Sebuah sifat yang beracun, karena membahayakan orang lain. Sebegitu besarnya dampak dari rasa insecure dalam diri seorang manusia untuk individu - individu lain di sekitarnya. Tak mudah untuk menghentikan langkah para pencari muka untuk bertaubat dari aksinya karena semua berakar dari dalam dirinya sendiri. Pandangannya yang secara tidak sadar diambil dari perspektif "kurang berharga", bahwa ada yang mengancam eksistensinya, serta ketidakberdayaan untuk membuahkan prestasi membuat dia terdesak melakukannya. Sehingga tindakan tersebut dijadikan sebagai survival mode (upaya mempertahankan hidup). Namun sayangnya tindakan ini justru salah besar. Karena cepat atau lambat orang akan mengetahui mana wajah yang sebenernya.

Apakah Agan dan Sista pernah bertemu dengan orang - orang yang suka cari muka? Komentar di bawah ya gan! Share pengalaman kalian disini.

Jika thread ini dirasa bermanfaat, silahkan follow adnanami di kaskus, share thread ini dan komentar di bawah ya Gan! Sis!

Sumber referensi :
1. disini

Quote:
Diubah oleh adnanami 15-10-2019 04:32
sebelahblogswiitdebbyzafinsyurga
zafinsyurga dan 19 lainnya memberi reputasi
20
9.2K
240
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan