lina.whAvatar border
TS
lina.wh
Jika Kebaikanmu Dibalas dengan Kejahatan? Tunjukkan Sikap Bijak Ini



Hai Sist,dalam kehidupan sehari-hari komunitas atau pergaulan itu penting. Apalagi manusia adalah makhluk sosial, yang tidak bisa lepas dari bantuan atau keterlibatan manusia lain. Tentu, komunitas atau pergaulan itu sangat penting. Baik di dunia nyata maupun dunia maya.


Namun, jangan mudah terjebak dalam suatu pergaulan, ya Sist.Dalam pergaulan kita harus pandai-pandai membawa diri, karena karakter setiap manusia itu berbeda. Pandai membawa diri bukan berarti berprasangka buruk, ya Sist. Namun tahu batasan pergaulan, diantaranya tidak asal mengumbar rahasia pribadi, rahasia keluarga maupun mengorek rahasia teman.


Berbuat baik dengan teman itu sangat dianjurkan, Sist.Namun, bagaimana jadinya jika kebaikan kita justru dibalas dengan kejahatan? Tidak jarang kenyataannya, begitulah kehidupan. Harapan kita tidak selalu sama dengan kenyataan yang terjadi. Niat baik dan tulus kita tidak selalu dihargai apalagi berbalas sama. Padahal orang yang berbuat tulus dalam kebaikan itu tidak serta-merta ingin selalu mendapat balasan maupun imbalan. Yang lebih menyakitkan lagi malah pengkhianatan, fitnah, hujatan, bullying dan sejenisnya menjadi hadiah dari ketulusan kebaikan yang kita persembahkan kepada teman lain.


Diantara kalian, adakah yang pernah mengalaminya? Jika pernah, bagaimana seharusnya menyikapi hal tersebut? Cekidot Sist,tidak perlu bersedih atau berkecil hati. Tapi tunjukkan sikap bijak berikut :



1. Anggap hal tersebut sebagai ujian


Tulusnya kebaikan yang dibalas kejahatan adalah hal yang bisa membuat stresskita. Mental menjadi down serta pikiran menjadi kacau. Namun tetaplah berpikir, bahwa badai pasti berlalu. Mungkin dengan adanya masalah tersebut, akan menambah kedewasaan kita. Sehingga kita pun bisa berhati-hati dalam berbuat di lain kesempatan. Berpikir pula, bahwa orang yang membalas ketulusan kebaikan kita belum memiliki sifat kedewasaan yang matang. Selanjutnya, cukup bersabar dan berlapang dada serta tidak perlu larut dalam kesedihan maupun keterpurukan.




2. Segera move on


Move onitu hal yang sulit dilakukan ya Sist. Tapi berpikirlah kembali, apa gunanya selalu mengingat apalagi mendendam? Semuanya sudah terlanjur terjadi, dendam juga tidak akan mengubahnya. Dendam itu hanya akan menyulitkan ataupun menambah masalah.



3. Ingat selalu peribahasa "Apa yang kita tabur, itu yang akan kita tuai"


Peribahasa tersebut benar adanya, Sist.


Quote:



4. Tetaplah berbuat baik kepadanya


Kejahatan dia jangan dijadikan acuan untuk merubah ketulusan kebaikan kita. Namun, harus tetap berhati-hati dalam bergaul. Boleh berpendapat, namun tidak menghujat. Istilahnya be smart, Sist. Apapun yang kita lakukan adalah karena Tuhan Sang Penyayang.



Nah,itu hanya beberapa sikap bijak yang bisa kita lakukan saat ketulusan kebaikan kita dibalas dengan kejahatan. Mungkin Sista-Sista mau menambahkan? Tentu boleh Sist! Supaya ilmu kita semakin bertambah.



emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
Diubah oleh lina.wh 02-11-2019 15:55
WardahRos
ismilaila
Bisri767
Bisri767 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
4.5K
143
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan