alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tedhak Siten, Ritual Piton-Piton Adat Jawa yang Mulai Hilang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9db9af9a972e216121e215/tedhak-siten-ritual-piton-piton-adat-jawa-yang-mulai-hilang

Tedhak Siten, Ritual Piton-Piton Adat Jawa yang Mulai Hilang

Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 9
Quote:


Trus, yg akan jd penerus keluarga siapa klo gk punya anak?
Kebanyakan ritual jadi aneh, kaya maren gw ngikut pengajian anak, segala dibawain air ember di celupin uang logam, kemudian di basuh ke kepalanya. Di letakin di tanah bertiker, jerit jerit dan di doakan.

Dan adapula, tahlilan, di pandu kyai, kaya pakean orang Hindu. Serba putih, dan di sana, ada air bersikan kembang kembang, dan duan pandan.


Yang gw pertanyakan, emang syariat ajaran Nabi Muhammad, masih kurang ya? Sampe ada campurin, Islam ke ritualan begitu...

Ya, kalo mau Ritualan, ya monggo. Pake ritual budaya sendiri, tapi jangan sekali" campur adukin cara Islam. Kan Islam, udah begitu adanya, gak usah ditambahin ini itu..
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
Quote:


Ayuk lestarikan kk. Biar tetap ada
Quote:


Cara nyebarin Islam dahulu kan bgt gan! Gak harus ngutet di Islam 😋😋😋, ini aja para wali mungkin udh bingung cari jalan keluar. Dulu Masyarakat mayoritas non muslim kn?
Quote:

Mapan gak mapan tempat ane masih gan budaya ini.

Quote:
lahhh ... Kakak udh mulai mudar bener ini tradisi

Quote:

Entar kalo di patent negara lain pada protes. Adat sendr gak diakui emoticon-Malu
Quote:

Terima kasihh kak. Baru ngeh juga ternyata kalo 2

Quote:

Iya betul kakak. Soalnya generasi muda gak suka ribet sekarang ini.
Quote:

Silakan kakak. Semoga akan tetap terjaga kelestariannya


Quote:


iya si gan, ada bnernya. orang sekarang pengetahuan kepercayaannya makin dalam juga, jadinya tradisi kaya gini makin bner bner ditinggalkan emoticon-Jempol


Quote:


klo mnurut ane tergantung sudut pandangnya si gan, klo dari kepercayaan emng syirik namun klo dilihat dari adat emng itu adalah bagian dari tradisi leluhur emoticon-Jempol
Quote:


Tergantung dr masing-masing orang kok kak. Klo udh niat boros2in uang dan ribet. Kebudayaan ini akan hilang
Quote:

Yah, memang duku masyarakat Indonesia Mayoritas hindu budha kk. Jd islam cara nyebarin juga pkek media seperti ini

Quote:

Prhl masih banyak kk. Ritual macam bgnian

Quote:

Jawa barat kek nya masih juga kk
Quote:


Aqiqah biasanya sih 40 hari kk. Atau 7 hari beda lgi
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Quote:


Yg bnyk ya
Quote:


iya sih, klo 7 bulan sekarang udah gk se komplit dulu yg butuh budget bnyak, skrang cuma d ambil ritual beberapa aja buat syarat gk semuanya
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
Bid'ah mngkin itu bray makanya ditinggalken
Balasan post faridz070
Quote:


Abis tu dimakan/dibuang?

Mubazir

profile-picture
faridz070 memberi reputasi
Quote:


Namanya juga Dalam rangka KB sis emoticon-Shakehand2
Diubah oleh adirembang
Quote:


Bukan bid,ah.
Karena biaya mahal dan ga wajib kalo ga mampu.
Halaman 7 dari 9


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di