febi12283Avatar border
TS
febi12283
5 Masakan Khas Bengkulu
Indonesia mempunyai aneka ragam kekayaan kuliner yang lezat dan unik. Setiap daerah memiliki ciri khas masakan masing-masing. Seperti halnya masakan khas Bengkulu, sebuah provinsi di Pulau Sumatera. Berikut ini ada 5 jenis makanan khas Bengkulu yang patut Anda coba dan ketahui.

1. Pendap
Pendap merupakan makanan bercitarasa pedas yang sangat populer di Provinsi Bengkulu. Pendap terdiri dari bahan ikan yang dicampur dengan beberapa bahan utama, seperti bawang putih, kencur, cabai giling, kelapa muda yang kemudian dimasak dalam balutan daun talas.



2. Gulai Kemba’ang
Gulai kemba’ang adalah masakan berkuah dengan bahan utamanya iga sapi. Umumnya, masyarakat setempat memasaknya di waktu-waktu istimewa, seperti Lebaran.






3. Tempoyak
Makanan khas Bengkulu ini terbuat dari fermentasi durian. Rasanya cenderung asam dan biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Ada juga yang mengolahnya sebagai sambal hingga bisa disantap bersama nasi dan ikan.




4. Lema
Sama halnya dengan tempoyak, jenis makanan ini dibuat dengan proses fermentasi. Bedanya, lema menggunakan adonan rebung (bambu muda) yang dicincang serta dicampur dengan ikan tawar. Efeknya, makanan khas daerah Rejang ini memiliki keasaman dan aroma yang cukup kuat. Namun, banyak yang menyukai rasanya dan menjadikannya sebagai lauk bersamaan dengan nasi dan lalapan.




5. Bagar Hiu
Selanjutnya, resep makanan khas Bengkulu lainnya adalah bagar hiu. Sesuai dengan namanya, masakan ini menggunakan daging ikan hiu dan biasanya jenis yang digunakan adalah hiu punai atau hiu tanduk karena tidak terlalu amis. Konon, bagar hiu merupakan salah satu makanan terfavorit mantan Presiden Sukarno selama masa pengasingan pada 1938-1942.




Penting untuk kita semua bahwa menjaga atau melestarikan khazanah budaya Indonesia supaya tidak tinggal sejarah adalah pekerjaan besar yang harus dilakukan oleh semua elemen bangsa, mulai dari seorang pelajar, mahasiswa, guru sampai profesi dan status sosial budaya lainnya. Jangan hanya berharap kepada pemerintahan saja. Kesadaran masyarakat juga sangat penting.


SEBAGAI ANAK DAERAH ASLI BENGKULU SEMUA MENU DI ATAS SUDAH PERNAH SAYA


CICIPI,MENU FAVORIT SAYA ADALAH TEMPOYAK,ADA ASAM DAN ADA MANIS,JIKA KALIAN ADA PENGALAMAN DENGAN MASAKAN


KHAS BENGKULU,BISA SHARE DI MARI BREemoticon-Shakehand2



PICTURE:GOOGLE
SUMBER:https://belindomag.nl/id/feature-id/5-masakan-khas-bengkulu
Diubah oleh febi12283 10-10-2019 10:59
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.5K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan