iissuwandi
TS
iissuwandi
Di Ambang Kepunahan, 5 Kuliner Khas Indonesia Ini Semakin Sulit Ditemukan!

Sumber gambar

Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista, ane doakan semoga selalu dalam kebaikan dan kesejahteraan. Berbicara tentang kekayaan kuliner Indonesia sudah pasti tidak diragukan lagi kelezatannya. Namun, taukah GanSist, ternyata ada beberapa kuliner asli nusantara yang kehadirannya sudah amat sulit ditemukan atau hampir punah! Berikut ini kuliner asli Indonesia yang hampir lenyap.

1. Sayur Babanci Khas Betawi

Sumber gambar

Mungkin bagi GanSist namanya terdengar aneh, kuliner yang satu ini berasal dari daerah Jakarta. Meskipun namanya sayur Babanci, tetapi sayuran ini tidak memakai jenis sayuran apapun. Kuliner ini berisi daging sapi, kelapa muda, dan petai yang di guyur dengan kuah asam peda bersantan. Bagi masyarakat Betawi yang ingin mencicipi kuliner ini, biasanya mengolahnya sendiri, karena kuliner ini jarang ditemukan di penjual manapun.

2. Gulo Puan Khas Palembang

Sumber gambar

Meskipun pemilik nama Puan sedang hangat diperbincangkan saat ini, namun percayalah GanSist, makanan ini tidak ada sangkut pautnya dengan beliau. Palembang memang identik sekali dengan empek-empek, ya, GanSist. Namun ternyata ada makanan unik khas Palembang yang hampir punah, Gulo Puan, makanan ini terbuat dari susu kerbau dan gula yang dimasak selama beberapa jam. Karena terbuat dari gula sudah pasti rasanya manis seperti permen. Karena sulitnya menemukan susu kerbau, makanya makanan ini semakin sulit ditemukan.

3. Bubur Bassang Khas Makasar

Sumber gambar

Bubur ini berasal dari Makasar, dan biasanya dijadikan sebagai menu sarapan masyarakat setempat. Nama Bassang sendiri berasal dari kata bassoro yang artinya kenyang. Bubur Bassang sendiri terbuat dari jagung, ketan, tepung terigu, santan, gula, dan garam.

4. Kidu Khas Sumatra Utara

Sumber gambar

Bagi GanSist yang belum mengenal kidu, ni ane kenalin. Kidu adalah sejenis ulat yang menghuni pohon enau yang telah membusuk. Kidu merupakan makanan khas suku Karo yang tergolong ekstrem. Biasanya makanan ini disajikan sebagai menu utama di setiap acara adat setiap tahunnya.

5. Wedang Tahu Khas Semarang

Sumber gambar

Tahu yang digunakan bukan seperti tahu yang biasanya GanSist jadikan lauk pendamping nasi. Tahu di sini tercipta dari hasil merebus sari kedelai selama lebih kurang 4 jam sehingga menjadi bubur tahu. Bubur tahu ini kemudian dipadukan dengan wedang jahe. Minuman ini berasal dari Tiongkok, dan diperkenalkan pertama kali di Indonesia adalah di kota Semarang, Jawa Tengah.

Kuliner di atas memang sudah sulit ditemukan, ya, GanSist. Faktor sulitnya mencari bahan baku dan sepinya peminat menjadi sebab hampir punahnya kuliner tersebut.

Ane pamit undur diri, sampai ketemu di thread ane selanjutnya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa jejak cendol, rate, dan subscribe-nya. Terima kasih, salam hangat, selamat beraktifitas.


Sumber
Diubah oleh iissuwandi 05-10-2019 23:11
actandprovebekticahyopurnoceuhetty
ceuhetty dan 48 lainnya memberi reputasi
49
14.4K
243
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan