cattleyaonlyAvatar border
TS
cattleyaonly
Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain
Lamongan. Apa sih yang pertama kali terlintas di benak Agan dan Sista ketika mendengar nama kabupaten di Jawa Timur itu? Pecel Lamongan? Persela? Ataukah Wisata Bahari Lamongan, wahana wisata yang mirip dengan Dufan di Ancol?

Sebagai seorang yang terlahir di kabupaten itu, tak ada salahnya jika ane menuliskan tentang makanan khasnya. Berikut ini makanan khas daerah lamongan yang endess banget:

1. Otak-otak bandeng
Agan dan Sista pastinya sudah tak asing lagi dengan makanan yang bernama otak-otak bukan? Makanan yang berbahan dasar menggunakan ikan ini di daerah lain dibuat dalam bentuk potongan-potongan kecil memanjang, digoreng dan dimakan dengan saus khusus. Namun, Gan, Sist, otak-otak bandeng khas Lamongan tidak demikian adanya. Otak-otak berbentuk ikan bandeng, tapi daging ikannya telah dipisahkan dari duri dan diberi bumbu-bumbu. Cara memasaknya cukup digoreng. Selain dijadikan kudapan, otak-otak bandeng ini bisa juga difungsikan sebagai lauk. Rasanya yang gurih, asin dan pedas. Awas, makanan ini bisa membuat kita gagal diet.



2. Jongkong
Di daerah lain juga ada kudapan yang bernama jongkong. Namun, GanSist, ane pernah kecele, ternyata jongkong yang ane beli berwarna putih dari ketan, berisi unti (gula merah dan kelapa parut muda) dan dibungkus daun pisang. Jongkong khas Lamongan memiliki warna hitam. Pewarnaannya berasal dari abu pembakaran merang. Cara membuat pewarna hitam dengan membakar merang/ jerami. Abunya kita beri air. Biarkan sampai abu mengendap. Airnya yang berwarna hitam itulah yang kita pakai sebagai pewarna jongkong. Karenanya jongkong memiliki cita rasa yang khas. Kudapan ini biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut.



3. Nasi Boranan
Nasi yang penjualnya memakai tempat bernama boran, sejenis bakul besar berbahan dasar bambu. Nasi boranan memiliki aroma yang khas karena disajikan di pincuk daun jati.
Lauk yang disajikan cukup beragam, diantaranya tempe goreng, ayam goreng, telur, kuthuk (ikan gabus), bandeng, otak-otak, ikan sili dan lain-lain.



4. Pecel Stasiun Babat
Sebenarnya, pecel dijual di mana-mana. Tapi pecel di stasiun Babat ini sangat melegenda. Penjualnya kebanyakan ibu-ibu yang sudah sepuh. Cita rasanya yang maknyus membuat pecel ini dikenang walaupun putra daerahnya telah melanglang buana. Ini salah satu makanan yang diburu ketika musim mudik.



5. Pecel Lamongan
Siapa yang tak mengenal makanan ini? Warungnya tersebar di berbagai daerah. Biasanya warung Pecel lele Lamongan berupa warung tenda dengan spanduk warung bergambar ikan lele, ayam dan bebek. Makanan yang disajikan antara lain lele, ayam, bebek, tahu dan tempe goreng . Pecel Lamongan disajikan dengan sambalnya yang khas dan lalapan. Kepopulerannya membuat banyak orang membuka usaha yang dilabeli pecel Lamongan walaupun penjualnya bukan asli Lamongan



6. Tahu Campur Lamongan
Tahu campur Lamongan merupakan masakan khas dari Lamongan Jawa Timur. Masakan ini disajikan dengan berupa campuran bahan makanan seperti tahu, singkong, mie kuning (bisa juga diganti soun), taoge, selada dan daging tetelan (sandung lamur) dan kikil, dengan tambahan petis udang.
Namun tahu campur bisa juga ditemukan di beberapa kota di Jawa Timur, seperti di Malang dan di Surabaya.



7. Soto Lamongan
Salah satu jenis soto yang rasanya endess punya. Ciri khas kuahnya, dibumbui rempah kuning dan kental yang berasal dari koya. Appa sih koya itu? Koya diracik dari kerupuk udang asli dan harus dihaluskan sampai teksturnya lembut.



8. Wingko Babat
Kudapan ini berbahan dasar tepung ketan, kelapa parut muda dan gula pasir. Rasanya yang gurih dan legit membuat panganan ini disukai banyak orang. Kue ini merupakan kue tradisonal yang biasa dibuat oleh orang-orang di Kecamatan Babat sejak orang tua ane belum lahir. Dulu panganan ini dibuat dengan diameter besar dan merupakan salah satu kue hantaran pada upacara pernikahan. Namun, sejalan dengan berlalunya waktu, nama panganan yang namanya diembel-embeli dengan nama daerah asalnya menjadi jajanan oleh-oleh yang terkenal di Semarang. Pasti Agan Sista tak pernah melewatkan gerai jajanan oleh-oleh di sepanjang jalan Pandanaran jika berkunjung ke Semarang. Di gerai-gerai itu terdapat salah satu primadona.oleh-oleh adalah wingko babat.



Kuy, berwisata kuliner di Lamongan!
Gimana, Gan Sist, apa kuliner termaknyus di daerah kalian?

Sumber foto: google
Diubah oleh cattleyaonly 30-10-2019 05:59
bekticahyopurno
ceuhetty
tien212700
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
5.7K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan