alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Benarkah Harga Rokok Naik Hingga Rp.50.000 di Tahun 2020?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9b15235cf6c4485e5dfa40/benarkah-harga-rokok-naik-hingga-rp50000-di-tahun-2020

Benarkah Harga Rokok Naik Hingga Rp.50.000 di Tahun 2020?

Quote:


Benarkah Harga Rokok Naik Hingga Rp.50.000 di Tahun 2020?


Beredar di grup-grup aplikasi pesan singkat Whatsapp tentang kenaikan harga dari berbagai merek rokok hingga menyentuh harga Rp.50.000. Informasi yang beredar itu menyebut bahwa harga rokok di tahun 2020 menembus harga yang cukup fantastis, diantaranya seperti Djarum Super seharga Rp.39.500, Marlboro seharga Rp.51.800, hingga LA Ice seharga Rp.40.800.

Benarkah Harga Rokok Naik Hingga Rp.50.000 di Tahun 2020?


Selain beredar di grup aplikasi Whatsapp, informasi ini juga beredar di jejaring media sosial Facebook. Pengguna yang membagikan tersebut bernama ‘Video Kekinian’ yang mengunggah postingannya pada tanggal 6 Oktober 2019. Diawal postingannya pengguna tersebut menyebut bahwa harga-harga tersebut adalah harga rokok penyesuaian yang akan diumumkan pemerintah. Namun di akhir postingan ia menyebut bahwa masih ada kemungkinan harga akan berubah.

Hingga tulisan ini dibuat postingan tersebut sudah dibagikan sebanyak 9,7 ribu kali dan dikomentari oleh 6,2 ribu orang.

Lantas bagaimana kebenaran informasi yang tengah viral tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari TurnBackHoax.id, Hansip Hoax mendapatkan berbagai klarifikasi dari sejumlah produsen rokok dan juga Kementerian Keuangan mengenai informasi kenaikan harga rokok pada tahun 2020 ini.

PT. Djarum menyatakan bahwa informasi yang tertera pada pesan yang viral di grup-grup Whatsapp tersebut tidak benar. Senior Manager Corporate Communications PT Djarum, Budi Darmawan menyebut bahwa harga rokok tahun ini masih sama, dan tahun depan memang akan berubah karena kenaikan cukai. Namun masih belum dipastikan berapa harga rokok setelah kenaikan cukai tersebut.

Sementara itu Direksi PT HM Sampoerna Tbk, Troy Modlin, juga mengatakan bahwa informasi yang beredar tersebut tidak benar. Troy menyatakan bahwa ia masih menunggu dikeluarkannya rincian kebijakan cukai secara resmi. Pihaknya pun masih belum menentukan harga jual eceran rokok pada tahun 2020 mendatang.

Di lain sisi, pemerintah melalui Kementerian Keuangan juga ikut mengklarifikasi informasi yang beredar tersebut. Kabiro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Nufransa Wira Sakti, mengatakan bahwa peraturan mengenai harga rokok ini belum dikeluarkan.

Seperti diketahui, pemerintah memang telah memutuskan menaikkan tarif cukai rokok sebesar 23 persen dan berlaku mulai 1 Januari 2020. Dengan menaikan tarif cukai, pemerintah meyakini penerimaan negara akan naik dan dapat digunakan sebagai pembiayaan anggaran di APBN 2020.

KESIMPULAN
Berdasarkan pemeriksaan fakta tersebut, Hansip Hoax menyimpulkan bahwa harga rokok pada tahun 2020 nanti yang tengah viral di media sosial dan berbagai grup-grup Whatsapp adalah informasi yang salah alias hoax.

Sebarkan ya informasi klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.

SUMBER


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 12 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 4 lainnya memberi reputasi
prasaan isu ini udah dr kapan taon


emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marmut.garong dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gak ngaruh ama gue secara gue bukan perokok
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marmut.garong dan 11 lainnya memberi reputasi
HOAX

naek menjadi Rp.49.900
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
Waduh, ngerokok itu ngak baik.
profile-picture
profile-picture
marmut.garong dan vizum78 memberi reputasi
Balasan post Auto.Banned
Quote:


2015 itu harganya juga sama kek waktu 2015 naeknya segitu padahal kenyataannya kagak nyampe
Tetap saja ada yang jual beli batanganemoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marmut.garong dan 2 lainnya memberi reputasi
2018 harga rokok artis 60jt kalo ga salah
profile-picture
profile-picture
marmut.garong dan harriezt1771 memberi reputasi
tenang gan, kalo rokok naik 2x lipat
gaji juga dinaikin 2x lipat


kalo gak dinaikin gajinya gampang, tinggal di demo
profile-picture
marmut.garong memberi reputasi
Back to gelek kalo besok2 emang 50rb emoticon-Ngakak
profile-picture
a.r.i.f. memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mau 100rb gw juga kaga peduli
emoticon-Cool
profile-picture
marmut.garong memberi reputasi
tiru saja cara negara lain yang sudah sukses menurunkan jumlah perokok, dan pada akhirnya sukses menurunkan jumlah orang sakit karena asap rokok.

Ga usah malu-malu, apakah Amerika sudah berhasil? Tiru saja.
Seperti cara yang dilakukan Ahok. Buat apa kita berusaha menemukan roda dari awal (reinvent the wheel)? Padahal roda sudah ditemukan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marmut.garong dan 5 lainnya memberi reputasi
linting dewe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
belial dan 3 lainnya memberi reputasi
tar kalo udah naek nastak biasanya komen beli bensin aja mampu masak beli rokok g bisa
Quote:


Yang perlu diatur itu adalah rokok hanya dijual ke batas usia minimal dan aturan sanksi bagi perokok di bawah usia minimal baik saat kedapatan di masyarakat ato di sekolah.

Kalo tahun di bawah tahun 98 (97 ke bawah), secara "tatanan" sosial, "anak2" baru boleh gondrong dan merokok selepas lulus sma, sebelum itu, maka saat kedapatan dia merokok ato berambut gondrong akan otomatis ternilai sebagai remaja nakal.

Norma itu ogud pikir cukup baik, setidak2nya si anak sudah akan bisa "mikir" apakah dia mau ikut2an dan menjadi perokok ato memilih untuk tidak merokok saat usia lepas sma, walo itu akan 80% pengaruh dari lingkungan dan/atau pergaulan.

emoticon-cystg

Btw ogud bekas perokok dan sudah bukan perokok lagi dan sebenernya "sebodo" amat dengan harga rokok naik ato nggak.

Tapi kalok memang membuat rokok jadi nggak laku, "kasihan" para petani tembakau dan buruh pabrik rokok yang akan kehilangan pekerjaan, kecuali eksport tembakau bisa "mengganti" pendapatan dari penjualan rokok dalam negeri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anarchy0001 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Oegank
Lihat 3 balasan
kalo gak mampu beli rokok hisap asap kopaja aja emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kampret.stres dan eggnostick memberi reputasi
Bodo amat
Pada akhirnya Indonesia jadi negara pengimpor rokok terbesar dunia , dari awal udah di grand design oleh antek asing , asong .. makanya pita cukai , harga rokok di naikin truss ..


Masih gak percya mass broo , Coba kau tengoh harga Marlboro lokal sama malrboro impor ... Beda2 tipis lahh ...


emoticon-Leh Uga
profile-picture
R310s memberi reputasi
Balasan post Oegank
Quote:


Kita sudah gak eskpor ... Tafi impor tembakau
Malah impor tembakau dari negara cinak ...

Akibat salah kebijakan di jaman kebo , petani tembakau dihimbau tanam tanaman lain , dengan alasan rokok membahayakan


emoticon-Jempol
Diubah oleh ahmad.c
wuih itu mah hoax jaman kapan wkwk sampe di goreng lagi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di