Richy211
TS
Richy211
Cara Memilih Buah Jeruk yang Manis, No.4 Paling Gampang!


Sumber: sini

Happy mondayAgan dan Sista. Hari ini langit begitu cerah, angin berhembus semilir perlahan menyibak dedaunan kering di pelataran.


Akibat di halaman rumah TS terdapat beberapa pohon buah seperti mangga, jambu, belimbing, alpukat, dan pohon rambutan saja yang telah ditebang. Hal ini memunculkan inspirasi bagi TS untuk membuat thread tentang buah. Yap, buah yang ingin TS kupas adalah buah jeruk. Duh, sayangnya di rumah TS belom ada pohon ini.


Buah jeruk adalah buah yang tentunya disukai oleh semua orang. Tidak hanya rasanya yang segar, tetapi juga kaya akan vitamin. Buah jeruk bisa dikonsumsi langsung, dibuat jus, sebagai campuran beberapa makanan seperti puding, salad, dan kue. Bahkan jeruk nipis dan jeruk purut seringkali ditambahkan ke dalam masakan agar citarasanya lebih mantap misalnya soto. Terkadang sambal pun bisa ditambahkan jeruk biar ada rasa asam-asamnya gitu šŸ˜. Karena hidup tidak melulu manis kaya gula, kadang kita butuh rasa asam.


Buah jeruk konon ada yang lokal dan impor. Yang lokal misalnya jeruk pontianak, jeruk medan, jeruk bali dan jeruk nipis. Sedangkan yang impor misalnya jeruk mandarin, jeruk ponkam, jeruk sunkist dan lemon.


Saat membeli buah jeruk, pasti kita sering dikeluhkan karena rasanya yang masam/kecut. Padahal kita menginginkan buah jeruk yang memiliki cita rasa manis dan segar. Bahkan kita sering terkecoh oleh pedagang buah yang menyebut bahwa buah jeruk yang dijualnya itu manis. Sebagai orang awam seperti TS ini terkadang cukup susah membedakan mana buah jeruk yang benar-benar manis. Berikut ini beberapa tips untuk memilih buah jeruk yang manis.


1. Kulitnya mengkilap.



Sumber: sini

Ketika GanSis membeli jeruk di pasar atau di mana saja pilihlah buah jeruk yang memiliki kulit mengkilap. Karena hal ini menandakan bahwa buah jeruk tersebut punya kualitas yang bagus dan dalam keadaan masih fresh. Untuk rasa sudah pasti manis karena buah jeruk tersebut sudah benar-benar matang. Buah yang matang dari pohonnya memang memiliki cita rasa manis yang lebih enak dan segar.


2. Perhatikan bagian bawah dan permukaan kulit jeruk.



Sumber: sini

Saat membeli buah jeruk, GanSis jangan lupa cek bagian bawahnya. Kulit jeruk yang bagian bawahnya cekung/lumpang memilki cita rasa manis karena kandungan air yang banyak. Selain itu, buah jeruk yang sudah matang dan rasanya manis memiliki tekstur kulit yang halus dan mulus. Sebaiknya GanSis jangan memilih jeruk yang tekstur kulitnya tebal dan kasar karena rasanya kurang segar.


3. Tekan kulit jeruk.



Sumber: sini

Buah jeruk memang ada yang memiliki tekstur kulit tebal ataupun tipis tergantung pada jenis buah jeruknya. Yang membedakannya adalah kandungan air pada buah jeruk tersebut, kulit buah jeruk yang tebal lebih sedikit kandungan airnya sedangkan yang tipis cenderung lebih banyak. Kalau TS lebih suka yang berkulit tipis karena lebih manis dan segar serta kandungan airnya lebih banyak ( berdasarkan opini emak TS bahwa buah jeruk dengan kulit tipis lebih manis rasanya).


4. Minta sampel untuk dicicipi dulu.



Sumber: sini

Langkah terakhir yang paling mudah dan simpel adalah minta sampel untuk dicicipi terlebih dahulu. Namun, sayangnya tidak di semua tempat kita bisa mencicipi buah yang akan kita beli šŸ˜‚. Terkecuali GanSis membeli di pasar atau di beberapa pedagang buah di pinggir jalan. Soalnya emak TS kalo beli buah jeruk pasti minta sampel buat diicip-icip dulu manis atau tidak. Lumayan juga kan dapat gratisan šŸ˜.


Sumber: sini
Diubah oleh Richy211 31-10-2020 02:12
zafinsyurgaGutSchreibentien212700
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
33
16.9K
279
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan