alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kepolisian /
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8de63265b24d4e0e7c76f8/bedah-ruu-kuhp-ayo-biasakan-baca-pasal-jangan-cuma-sepotong-sepotong

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Tampilkan isi Thread
Halaman 17 dari 20
Quote:


Bahwa kemudian isi RKHUP ini dipelintir segelintir oknum ya sudah menjadi suatu keniscayaan. Makanya, kita sebagai masyarakat awam jangan mau dibodoh-bodohi dan harus melek hukum agar dapat menyaring berita yang ter-diseminasi di sosial media.

Makanya disini dibutuhkan peran Pemerintah dan DPR, yang dalam hal ini sebagai pembuat dan pengeksekusi kebijakan UU, untuk mengedukasi masyarakat dan mensosialisasikan UU yang mereka buat. Jajak pendapat, audiensi, bahkan forum terbuka seperti yang diadakan di televisi-televisi nasional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan sosialisasi tersebut.

Sebagai contoh, perihal pasal penghinaan presiden. Bapak Yasonna Laoly selaku Kemenkumham yang mewakili pemerintah dalam pembahasan RKUHP tersebut dengan tegas dan padat menjelaskan bahwa penghinaan disana didefinisikan sebagai ‘penyerangan harkat martabat Presiden, pribadi dan sebagai seorang kepala negara, dalam istilah latin dikenal dengan sebutan ad hominem dalam berargumen/berdebat yang mana fokus penyerangan lebih kepada pribadi orangnya bukan substansinya.

Dapat disimpulkan bahwa ketika anda menghina pribadi Presiden yang juga seorang Kepala Negara dapat dipidana, itupun juga bersifat delik aduan. Jadi, selama tidak dilaporkan oleh Presiden ya lewat barang tu. Tetapi, ketika anda meng-kritik substansi kebijakan Presiden ya tidak dikenakan pidana.

Dari contoh dan definisi diatas, jelaslah perbedaan antara menghina Presiden dan meng-kritik Presiden. Mari jadi warga negara yang cerdas.
emoticon-Angkat Beer

profile-picture
profile-picture
eggnostick dan vitawulandari memberi reputasi
nais inpoh,sis..izin bukmak y
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Pasal 278
Setiap Orang yang membiarkan unggas yang diternaknya berjalan di kebun atau tanah yang telah ditaburi benih atau tanaman milik orang lain dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II (maksimal Rp 10 juta).


membiarkan = tidak mengurusi / tidak peduli !

makin gak masuk Akal aja !..
Apa kita mau jadi masyarakat yg akan sering LAPOR MELAPOR dan BERANTEM ama tetangga ??

tolong dijawab wahai Pembuat UU
bagus nih mbak trit nya
sangat bermanfaat sekali
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
tengs infonya sis,
sangat memberikan pencerahan
profile-picture
profile-picture
RezaKrocolatos dan vitawulandari memberi reputasi
ini semua adlh kraifikasi ane sejak awal thd postingan awal si TS sbg momod yg menyesatkan publik kaskus disini...

Quote:


Quote:


pasal2 penghinaan dlm kuhp jadul maupuan ruu kuhp 2019 adlh sebuah pasal karet bin gajes bngt.....krn, sdh ada pasal2 ttg fitnah & ujaran kebencian dlm ruu kuhp 2019 yg lbh bersifat obyektif scara hukum drpd subyektif bngt itu.... emoticon-Cape d...

Quote:


sori, agan momod fadel = momod vita => sama2 berusaha menyesatkan publik kaskus dgn mendukung rezim otoriter pemerintah+dpr dlm hal pasal penghinaan thd presiden, krn....

Quote:


tolong, baca lg semua sumber berita diatas itu, sebelum ente ber2 sekongkol tuk menyebarkan kesesatan publik kaskus tuk mendukung penuh thd pasal2 penghinaan thd presiden & wapres, yg aslinya adlh pasal2 basi nan busuk, gan.... !!! emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
perjaka gendeng dan westciss memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
nyimak plezzzemoticon-Traveller
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Quote:


Sorry gue mau tanya ama elu

Elu pernah tinggal atau tau gimana kehidupan di desa?

Mertua saya mengalami kok, tanaman jagung nya di embat habis sama ayam tetangga

Adanya pasal ini agar tetangga jg lbh memperhatikan hewan ternaknya

Bisa saja solusi memagai area taman agar unggas tidak keluar

Bukan berarti serta merta saling lapor melaporkan

Pertama tentu tegur agar lbh diperhatikan lg hewan ternaknya

Kedua di peringatkan dgn tegas

Ketiga y tentu saja pidanakan saja biar jera ?
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kampret garis keras kebakaran jembut saudara-saudara! emoticon-Ngakak

Kau itu yang menyesatkan dan provokasi tong! emoticon-Ngakak

Orang lain dipaksa mencari pasal-pasal jelek biar ada kawan! emoticon-Ngakak

V
V
V

Quote:
profile-picture
yoseful memberi reputasi
nunggu penjelasan yg korupsi nih gan emoticon-Leh Uga
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Balasan post fanatos22
anne tingal di Desa ndoro,,
tau betul masalah desa...justru ane mo tanya sampeyan,,,Mertua ente tanem jagung dimana ??
jangan dusta,,jagung harus ditempat yg panas dan lapang ,,kalo ada ayam samapai ngabisin jagung taneman Mertua ente pasti ENTE BOHONG,,,gak mungkin ayam bisa ngabisin jagung se petak sawah..karena watak unggas =berpindah..
hayooo
Quote:


justru karna itu, karna ada nya pasal2 absurd itulah, ruu kuhp 2019 harus di revisi total....

Quote:


dan, agan pasti penjilat 01 yg hny asbun aja..... baca ulang semua isi pasal2 kontroversial dlm ruu kuhp 2019 tsb, niscaya, agan bs paham dibagimana sisi kontroversialnya, itupun jk agan bs membaca & memahami isi2 pasal2 yg absurd bngt itu.....

Quote:


sori, agan tau gak sih maksudnya pasal2 karet ?? Mk sdh jelas2 mencabut & melarang adanya pasal2 sejenis di kemudian hari.... artinya, walopun agan terkesan netral, tp dlm postingan awal agan disini yg jg sekaligus sbg TS, agan mendukung kembalinya pasal2 kolonialisme masuk ke dlm ruu kuhp 2019, dgn mmbikin topik yg mengambil sumber dr meme2 gajes bngt.... yg jelas2 salah satu isi meme tsb yg mendukung pasal2 penghinaan thd presiden-wapres itu sdh pasal2 basi nan busuk, lalu jk agan ngotot mrasa tak bersalah dgn tetap terus menampilan meme yg satu itu, maka agan sdh melanggar aturan putusan MK pd 2006 tsb.....emoticon-Cape d...

Quote:


jk ada pasal 226 dlm ruu kuhp 2019, itu jg artinya harus dicabut atau dihilangkan pula.... atau di revisi jd pasal2 fitnah atau ujaran kebencian, krn jd lbh obyketif secara hukum, gan.....termasuk tuk thd presiden-wapres RI, ganti dgn pasal2 ttg fitnah ato ujaran kebencian.... bukan penghinaan.... isinya subyketif bngt.....alias gajes bngt.... mngkritik bg si A belum tentu dianggap sbg kritikan bg si B, dst dll dkk..... fakta & kenyataan di lapangan, bhw pasal2 penghinaan itu, dlm berbagai jenis & bentuknya yg macem2, sdh menjadi momok dlm demokrasi di Ri ini.... jd pasal2 karet nan gajes bngt.... baik tuk khusus nya presiden-wapre smaupun tuk warga RI lainnya secara umum....

Quote:


delik aduan itu sifatnay subyketif, lbh karna like and dislike semata, jk lg good mood, no laporan, tp jk lg bad mood, ya ada laporan..... gan.... emoticon-Cape d...


Diubah oleh yoseful
Kasian BEM ngoceh di TV OON dipermalukan pak Yasona dan ibu berbaju hijau, kencingin aja muka mahasiswa model begitu
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Terimakasih Gan sist.. sudah menjabarkan penjelasan dengan jelas, dari awal gw udh merasa ragu juga untuk ikut2an hal2 yang Viral tanpa tahu dasar dari permasalahan tsb, dan dengan adanya penjelasan di Thread ini gue jadi tau apa yang sebetulnya harus di revisi dan tidak
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
terima kasih atas informasinya gan buat nambah ilmu nih
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Quote:


kasian, agan trnyata gatot baca & paham thd logika hukum atas isi pasal2 yg kontroversial tsb, atau pura2 buta tuli bisu thd adanya sisi jelek nan buruk dlm ruu kuhp 2019 ini ya, dgn menelan mentah2 segala macam propagnda ala ORBA dlm pemerintah+dpr pd ruu kuhp 2019 yg penuh kontroversi ini ya ??..... emoticon-Malu (S)
Lihat 1 balasan
Quote:


Ini terakhir kalinya gue nanggepin elu, selanjutnya gue anggep elu troller yang hanya muter2 daonk.

Gue ngga merasa menyesatkan publik. Disini gue meluruskan beberapa hal yang viral karena hanya disajikan sepotong-sepotong tanpa tau isi pasal secara keseluruhan. Gue ngga memposisikan sebagai pihak yang pro atau kontra.

Tidak ada statement gue yang mendukung pasal penghinaan presiden, yang ada gue menjelaskan isi dan maksud dari pasal tersebut.

Terakhir, elu ngga usah ngerusuh di thread gue, bikin aja thread sendiri yang sesuai dengan sudut pandang elu.
Lihat 1 balasan
Quote:


Kegagalan anda dalam membaca dan memahami bukan merupakan urgensi bagi saya ataupun Mod Vita untuk meladeni anda.

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Quote:


Tanam menanam itu bukan harus berbisnis dan diperlukan area berhektar hektar , bisa dijadikan sebagai hobi bercocok tanam

Sama seperti kita mengurus anak

"Bukan saya mau menyamakan hewan dengan manusia"

Namun jika anak kita main" ke tmpt orang lalu merusak yang akan di peringati tentu adalah kita sebagai orang tua

Kalau anak mengerti bahasa manusia jd bisa kita ajari

Hewan tentu saja tidak mengerti, jadi pagari lah area hewan agar tidak keluar apalagi sampai merusak tanaman milik orang lain

Jadi jika ada hewan ternak beri makan, jangan biarkan nyari makan sampai tempat tetangga jd diembat itu namanya engak mau modal
profile-picture
profile-picture
gpandita dan vitawulandari memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Lu hidup di kota gak akan ngerti gimana keresahan masyarakat pedesaan terutama di sektor pertanian / peternakan.

Fyi gan,, pasal yg agan bawa diatas itu adalah hasil dari masukkan masyarakat.
Kalo gak ada masukkan, ya gak akan ada pasal itu.
Artinya disini bahwa masyarakat merasa resah jika ada ternak / unggas orang lain yg merusak lahan. Apalagi fokusnya yg sudah ditanami benih atau siap panen.

Buyut gua org indramayu dan tiap tahun gua pulang kampung. Disana masih punya sawah.
Dan lu tau apa yg riskan disana kalo punya Sawah atau ladang.?
Yaitu hewan ternak atau unggas yang di Angon.
Lu bisa bayangin ratusan bebek atau puluhan kambing lewat sawah lu.
Tanaman yg baru ditanam atau masih berbentuk benih, Dan yg lebih parah yg siap panen.
inilah fungsi adanya pasal itu. Agar si pemilik bisa lebih berhati2.
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Diubah oleh eggnostick
Lihat 4 balasan
Halaman 17 dari 20


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di