alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kepolisian /
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8de63265b24d4e0e7c76f8/bedah-ruu-kuhp-ayo-biasakan-baca-pasal-jangan-cuma-sepotong-sepotong

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Tampilkan isi Thread
Halaman 11 dari 20
Quote:


Gila aja ,,udah luka luka sepeda motor rusak ..ganti rugi ayam pula.
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Quote:


Ente kebut2an sih, ayam orang di hajar juga.. Wkwkkwkwk..
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Quote:

Ya lo balik aja mnta ganti rugi, gegara ayamnya ntu orang lo sampe jatoh emoticon-Big Grin

Quote:


Ya kalo lawan polisi moral ormas paling bersih itu cukup lo berpegang uu yg berlaku aja.
Norma adat ya gk bisa di jadiin patokan, adat lo adat gue dan adat lain beda2 emoticon-Big Grin
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Terus kenapa nggak ada Yang klarifikasi kalau uu Yang bermasalah diatas sudah ada di KUHP Yang sekarang dipake? Orang orang pada taunya kalau pasal2 kontroversial tsb adalah pasal2 baru Yang ditambahkan di RUU KUHP

Plus sy setuju sama pasal hewan kalau perlu jangan unggas saja tapi hewan besar seperti sapi ato kambing juga, soalnya waktu kerja di dinas pertanian banyak petami ngeluh kalau lahannya hancur dimakan sapj tp nggak ada aturan buat nyelesaiin masalah tsb. Bakan ada Yang sampe bawa parang ke kantor buat minta di proses masalhnya....
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan vitawulandari memberi reputasi
Quote:


Sudah ada, di ILC pun di bahas kmren.
Sbenernya gak perlu klarifikasipun sbagai rakyat yg ngaku kritis akan persoalan seharusnya cek & ricek.
Bukan maen judge berdasar framming media
Indonesia krisis membaca emoticon-Big Grin

Dalam KUHP yang berlaku saat ini, 'Pasal Unggas Jalan-jalan' tertuang dalam Pasal 548, 549, 550. Dalam RUU KUHP, menjadi Pasal 278, Pasal 279 dan Pasal 280. Berikut bunyinya:

Pasal 278
Setiap Orang yang membiarkan unggas yang diternaknya berjalan di kebun atau tanah yang telah ditaburi benih atau tanaman milik orang lain dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II (maksimal Rp 10 juta).

Pasal 279
1. Setiap Orang yang membiarkan Ternaknya berjalan di kebun, tanah perumputan, tanah yang ditaburi benih atau penanaman, atau tanah yang disiapkan untuk ditaburi benih atau ditanami dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II.
2. Ternak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat diram­pas untuk negara.
Pasal 280
Dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II, Setiap Orang yang:
a. berjalan atau berkendaraan di atas tanah pembenihan, penanaman, atau yang disiapkan untuk itu yang merupakan milik orang lain; atau
b. tanpa hak berjalan atau berkendaraan di atas tanah yang oleh pemiliknya dilarang Masuk atau sudah diberi larangan Masuk dengan jelas.

Jadi ini bukan unggas aja, orangpun bisa kena
Cmiiw emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh malibuuuu
Lihat 1 balasan
Quote:


Lah iya lah gan,, ngapain coba masuk2 kebon orang mau selfie apa nyolong singkong? Ya kl ente ngerusak ya dilaporin lah gan.. Hehheje
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan vitawulandari memberi reputasi
Quote:


Untuk kasus ini diatur secara khusus di UU lalu lintas dan KUHPerdata.

Quote:


Jadi gini, kalau pengemudi nabrak ayam sampai ayamnya mati, pengemudi bisa dipidana karena kelalaian menngemudi (pasal 234 LLAJ ayat 1)

Tapi kalau ayam itu tiba2 nyebrang sementara pengemudi tsb udah berusaha menghindar dan berupaya supaya ngga nabrak, maka pengemudi ngga bisa dituntut. (Pasal 234 LLAJ ayat 3 point c)

Jika pengemudi terluka dan/atau mengalami kerugian yang disebabkan kecelakaan nabrak ayam tsb, maka pemilik ayam dapat dikategorikan sebagai pihak yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas dan dapat dituntut ganti rugi (Pasal 236 LLAJ)

Mengenai kewajiban mengganti kerugian, menurut Pasal 236 KUHP ayat (2) para pihak dapat membuat kesepakatan damai aka musyawarah di luar pengadilan mengenai hal penggantian kerugian.

Ribet ya? Begitulah hukum di Indonesia, antara peraturan yang satu dengan yang lain saling terkait dan saling melengkapi. Untuk menetapkan siapa yang salah dan siapa yg harus membayar ganti rugi jujur aja ribet, kudu dirunut secara hati2 dan dibuktikan dulu emoticon-Big Grin

Quote:


Kalau agan baca thread ini dengan seksama, itu udah gue lampirkan perbandingan KUHP lama dengan yg rancangan ini. Ya gue ngga tau kenapa diributkannya baru sekarang, pihak penolak pasti punya alasan juga sih.

Quote:


Untuk pasal ternak sebenernya udah ada di KUHP maupun di KUHPerdata.

Quote:


Sayangnya di pasal tsb ngga dijelaskan secara rinci apa aja binatang/ternak yang dimaksud. Atau mungkin guenya aja yg beum nemu. Silahkan bagi teman2 bagi teman2 barangkali ada yg tau aturan terkait binatang/ternak.
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:


Mbaaa nya detail dan sabar banget jelasinnya.
Tipe gue banget nih yg kek gini emoticon-Malu (S)











emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vitawulandari dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh vitawulandari
Quote:


Bisa aja, modus...jomblo oportunis ente.. 😂
profile-picture
profile-picture
vitawulandari dan mbakendut memberi reputasi
Quote:


Emang mahasiswa doang yg bisa berjuang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
vitawulandari dan mbakendut memberi reputasi


Quote:


Idealnya sih gitu..
UU diharapkan bisa memberikan kepastian hukum yg adil bagi seluruh masyarakat, termasuk menghindarkan golongan masyarakat tertentu dr golongan masyarakat lain.

Tapi kenyataannya penegak hukum di Indonesia seringkali tebang pilih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vitawulandari dan 4 lainnya memberi reputasi


Quote:


Gw setuju dengan opini lu soal berpegang sama UU yg berlaku. Idealnya memang harus begitu.

Cuma masalahnya, selama polisi yg asli belom bisa menindak tegas ormas2 laknat yg suka jadi polisi moral itu, kebebasan, dan adat orang2 tertentu bakalan terancam.
Karena ormas2 laknat itu selalu sok mau menyeragamkan adat org lain supaya sama dengan adatnya mereka.

Dan khusus buat pasal zina/kumpul kebo ini, mereka bs pake ini buat bahan utk mempersekusi orang yg ga ngerti hukum ketika mereka sweeping di lapangan.
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Diubah oleh gojira48
ane kemaren sempet geram ama meme2 yang bertebaran, malah melecehkan kaum hawa
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Ane ga mo di cap bodoh sm menkumham

Jd ane baca dulu trit ini

Mungkin sosialisasi nya aja yg kalah gencar dr hoaks yg beredar
Makanya ga pada baca

Harusnya dibeberin kyk gini
Supaya masyarakat bisa liat
Apanya yg berubah?
Perubahannya merugikan rakyat apa ngga?
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
momodkuh terkeceh

emoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamat
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
terima kasih penjelasannya.. kita terlalu cepat bereaksi tanpa tahu substansinya... Saya tanya salah satu mahasiswa yg demo udah baca belum RUU nya dia bilang belum.. kalo mau demo tahu dulu masalahnya apa.... hadeuh
Sebenarnya yang paling darurat dan memprihatinkan di Indonesia ini, adalah darurat membaca
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
memang miris sekali, literasi orang indonesia itu. kalau diceritakan tentang pengalaman saya sendiri, bagaimana seseorang menyikapi suatu berita saja sudah buat geleng2 contohnya ya di pergaulan sehari hari, bisa kelihatan cara orang lain yang literasinya tinggi dan orang lain yang kurang literasinya saat diskusi. emoticon-Cape d...
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Balasan post malibuuuu
Quote:


yang jadi pertanyaan gua lu ngapain jalan² di kebun milik orang lain ? mo maling ? ato jangan² emang dasar nya lu maling maka nya lu protes ?
Diubah oleh bata.aku.yes
Pengen ikutan komentar tapi takut gobloknya kelihatan
Jadi nyimak aja lah
emoticon-Traveller
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Diubah oleh kicquck
Halaman 11 dari 20


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di