OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Banyak Yang Bilang Motor Ini Mirip Honda CS1 Tapi Versi Adventure, Ganteng Banget!
Membahas soal motor adventure Honda di Indonesia pasti sebagian orang sudah mengenal sosok Honda CRF yang unggul dalam CRF250 Rallynya dan versi entri hadir pilihan CRF150L. Nah bagaimana jika agan mendengar sebuah Honda XRE apa yang berada dibenak anda, apakah sosok skutik, apakah sosok motor bebek?, nah memang terdengar asing ditelinga kita sebagai konsumen otomotif roda dua di Indonesia, pasalnya kendaraan sport adventure ini khusus diperuntukkan pasar otomotif di Amerika Latin tepatnya di Brazil.

Memiliki wajah yang tampan tak menutup kemungkinan bagi sebagian orang akan jatuh hati jika melihat sebuah XRE ini karena bentuknya yang pure adventure dengan moncong seperti paruh dan runcing tersebut sebagai pengental nuansa adventurenya.
 


Saudara dari CRF ini diperkenalkan Honda di Brazil dengan produk pertamanya XRE 300 pada tahun 2009 lalu, seperti namanya yang diberikan motor ini memiliki kapasitas mesin 300cc. Selain XRE300, Honda menawarkan varian yang lebih kecil dan compact dengan andalannya XRE190 yang baru diperkenalkan pada tahun 2016 lalu. 

Dari segi desain keduanya sekilas memiliki kesamaan, namun jika diperhatikan seksama, muncul berbagai perbedaan mencolok pada bodi. Untuk XRE300 jika dilihat lebih detail bodi yang ditampilkan lebih padat dan terkesan lebih runcing terletak pada bagian moncong serta headlampnya. Sedangkan XRE190 terlihat lebih tinggi di bagian depan dan headlamp beserta paruh yang diberikan lebih pendek dan tumpul. Namun tetap saja pada bagian headlamp dan paruh tersebut adalah sebagai daya tarik motor ini sebagai sosok motor sport adventure karena mengeluarkan aura motor adventure sejati. 


Untuk segi spesifikasi mulai dari kaki-kaki, keduanya menggunakan spec yang sama berbekal velg spoke atau yang kita biasa sebut velg jari-jari dengan ukuran ring 21 untuk depan dan ring 18 untuk belakang, ukuran tersebut dimiliki oleh varian XRE300, sedangkan ukuran velg depan ring 19 dan velg belakang berukuran ring 17 dimiliki oleh varian terkecilnya XRE190. 

Varian terbaru sekarang sudah diberi fitur teknologi ABS sehingga pengereman jauh lebih aman. Pengereman tersebut ditopang oleh single disc 256mm bagian depan dan single disc 220mm bagian belakang hal tersebut merupakan sektor pengereman dari XRE300. 

Sedangkan sektor pengereman dari XRE190 ditopang dengan single disc 240mm bagian depan dan single disc 220mm bagian belakang. Hal terpenting untuk menunjang kenyamanan berkendara adalah penggunaan suspensi yang baik dan mumpuni karena itu Honda membekali keduanya dengan suspensi model teleskopik untuk depan dan monoshock untuk belakang. 

Nah bicara soal harga, berapa sih Honda membandrol motor kedua motor adventurenya?, untuk varian XRE300 dibandrol dengan harga R$ 16.890 atau setara dengan Rp 72 jutaan, sedangkan untuk varian terkecilnya hanya beda tipis ternyata dengan harga R$ 13.300 atau setara dengan Rp 52 jutaan. Lalu bagaimana dengan sektor dapur pacu diantara keduanya?, mari kita simak lebih dalam seperti dilansir indiacarnews.com(5/5/2017).

Kapasitas Mesin : 184,4cc OHC (XRE190), 291cc DOHC 4 Valve (XRE300)
Pendingin : Cairan
Konfigurasi : Single Silinder
Tenaga : 16,3hp @8500rpm (XRE190), 25,4bhp @7500rpm (XRE300)
Torsi : 1,6kgf @6000rpm (XRE190), 27,6Nm @6500rpm (XRE300)
Transmisi : 5 Percepatan
Top Speed : 141kmh (XRE300)
Kapasitas Tangki : 13,5 Liter (XRE190), 13,6 Liter (XRE300)
Berat : 127 Kilogram (XRE190), 155 Kilogram (XRE300)
nowbitool
iselfiawrds
holahaloo
holahaloo dan 2 lainnya memberi reputasi
1
12.5K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan