iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pencuri Data Berselimutkan 'Aplikasi Menarik' Semakin Berani, Waspadalah!


[ HT# 547 ]

Memang paling asik kalau smartphone banyak berisi aplikasi kesukaan kita. Berasa paling update dan ke kinian dibanding teman lain karena kita jadi lebih dulu punya dan tahu. Eits, tapi tunggu dulu, dibalik itu semua ternyata ada harga yang harus di 'bayar', loh, gan!

Pengguna smartphone berbasiskan Android pastinya sering berkunjung dong, ke PlayStore nya mbah gugel. Yup, disana pastinya buanyak bermacam aplikasi yang bisa kita pilih dan download dari yang berbayar sampai gratis, tisss.




Apps Permission,
Dua Sisi Mata Pisau




Meski aplikasi ini kebanyakan sudah lolos uji termasuk sistem keamanannya terjamin oleh pihak Gugel ternyata bagi kita sebagai pemakai aplikasi tersebut seringkali di rugikan, kok bisa, mau tau kenapa?

Kita pastinya pernah melihat sebuah notifikasi yang muncul ketika akan mendownlaod sebuah aplikasi, game, buku dan lainnya di PlayStore. Ya, kalau kita berhati-hati dan mempelajarinya dengan detail apa isi maksud dan tujuan notifikasi tersebut sebenarnya adalah sebuah peluang besar bagi developer yang nakal untuk bisa memasuki 'rumah' di dalam smartphone kita.


Mirisnya kita sebagai pengguna aplikasi ini dikenal paling malas membaca isi kalimat yang tertulis di notifikasi tersebut, biasanya kita tinggal Next, Next, Next aja.. nah mulai sekarang kamu harus baca tuh baik-baik tujuan dan maksud mereka biar nggak merugikan kita dikemudian hari.

Ya, pihak developer, pembuat aplikasi ini baik versi berbayar apalagi tidak berbayar biasanya dalam notifikasi yang disebut dengan App Permissionberisikan syarat dan ketentuan tertentu untuk bisa mendownload dan menggunakan aplikasi buatan mereka secara penuh atau pun versi percobaan.

Yang versi berbayar saja masih suka curang karena syarat dan ketentuan tersebut seringkali berat sebelah alias lebih banyak menguntungkan mereka, apalagi yang versi gratis bisa jadi lebih brutal seperti mislanya menyisipkan program virus dan program penyadap.

Nah, ketika kita sudah setuju dengan syarat dan ketentuan yang mereka minta rata-rata mereka tidak ingin mendapatkan tuntutan apapun dari kita apabila kedepan ada kasus tertentu yang menyeret nama kita atau menggunakan file, gambar, video yang kita miliki tiba-tiba menjadi hak orang lain atau tersebar di dunia maya, iya kalau yang tersebar hal yang baik saja tidak apa-apa, lah kalau hal yang memalukan atau merugikan diri kita, gimana coba?

Ya, setelah kita seteuju dan menolak untuk menuntut mereka di kemudian hari, maka ketika aplikasi mereka sudah tertanam 'nyaman' di smartphone maka tanpa sepengetahuan kita mereka dengan leluasa akan menduplikasi data, file foto, video, musik, dll, seremkan? Tentu saja iya!

Bukan itu saja, mereka juga akan memiliki keuntungan lain seperti akan mengumpulkan dan mengelompokkan data berdasarkan kategori mereka untuk mereka jual atau digunakan sendiri. Saya sih tidak mau su'uzdhon tapi dari membaca syarat dan ketentuan yang mereka tentukan tidak ingin mendapat tuntutan kemudian hari tentu jadi dengan mudah kita tebak maksud dan tujuan mereka, apalagi aplikasi yang mereka buat ada embel-embelnya gratisan, wah bisa dhedel dhuwel udel isi smartphone kita.

Kemudian data-data kita yang mereka kumpulkan bagi mereka nantinya akan menjadi sebuah aset besar yang nilainya bisa saja triliunan, atau bisa saja mereka jual ke calon pengiklan atau menjadi properti mereka sendiri yang suatu saat bisa mereka gunakan sesuka mereka tanpa kita bisa berbuat banyak karena kita tidak lagi bisa menuntutnya.

Jadi mulai sekarang, gan, fikir-fikir dulu deh untuk menginstal aplikasi tertentu, baca syarat dan ketentuan main mereka baik-baik sebelum meng klik Install atau Download ke smartphone kita.  Karena jika aplikasi mereka sudah ada dan berjalan di smartphone kita maka siap-siap saja mereka beraksi di belakang layar tanpa sepengetahuan kita, namun contoh ciri paling mudah di kenali oleh orang awam adalah borosnya pemakaian baterai smartphone kita, biasanya 2 kali sehari sekarang malah 1 kali sehari harus di charge, ini baru satu contoh saja padahal kondisi baterai sehat dan gress.

Jika mereka sudah beraksi, parahnya meski mungkin smartphone dalam kondisi off data, bahkan smartphone mati total masih ada yang bisa bekerja dibelakang layar untuk mencuri, memata-matai, mengirim koordinat, merekam dalam format audio-video, lalu mereka kirim ke developer jahat mereka!

Sebenarnya kita tahu di dunia ini tidak ada yang gratis 100% (kecuali memang mereka benar-benar tulus iklas). Meskipun kita lihat salah satu syarat untuk menginstal aplikasi bertuliskan Price: Free, tapi pastinya ada udang di balik rempeyek.

Lalu bagaimana supaya menjadi pengguna aplikasi yang bijak dan cerdas untuk mensiasati supaya orang jahat yang berselimutkan aplikasi nan keren ini tidak menipu dan menjebak kita?


Caranya adalah ketika kita sudah tertarik dengan sebuah aplikasi tersebut coba baca dulu review pengguna apakah ada keluhan, jika iya pertimbangkan kembali apakah berpengaruh dengan aktifitas kita nantinya, jika banyak review negatif lebih baik kita skip saja lalu kita cari aplikasi sejenis yang lebih aman dan ramah. Langkah selanjutnya perhatikan syarat dan ketentuan mereka melalui App Permissionsyang di maksud.

Sayangnya kebanyakan dari kita ini seringkali memehkan atau melewatkan begitu saja syarat dan ketentuan yang mereka minta, padahal ini menjadi yang paling penting, jika kita mem by pass atau skip syarat itu semua maka bersiaplah data, dan aktifitasmu di curi atau dimata-matai mereka.


Jadi sebelum melanjutkan install baca baik-baik persyaratan dan ketentuan apa saja yang mereka minta, biasanya meminta kita untuk mengizinkan mereka mengambil gambar dan video, mencari akun pada perangkat, mengakses lokasi berbasiskan GPS, merekam audio, membaca, mengubah atau menghapus konten, memasang pintasan dan masih banyak syarat 'serem' lainnya!

Luar biasa bukan? Tentu saja, jadi jika ponsel kita banyak terdapat data-data yang bersifat pribadi dan rahasia, maka sebelum lanjut untuk klik Instal baca baik-baik syarat dan ketentuan yang mereka minta melalui App Permissions ini.

Atau jika tidak ingin pusing pakailah ponsel ke dua yang sekedar untuk fun saja, dan jika dimungkinkan beri proteksi seperti password semua file, folder,  dan data ponselmu dengan aplikasi yang aman dan terpercaya juga tentunya.

Jangan jadikan smartphone mu bak gado-gado, kerjaan dan yang bersifat fun di jadikan satu, memang terlihat praktis tapi berbahaya, mulai saat ini sebaiknya di pisahkan saja, tujuannya tentu untuk meminimalisir pencurian data pribadi dan rahasia seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Semoga informasi ini bisa berguna buat teman-teman, gan en sista dimari.

Terimakasih, jika memang bermanfaat monggo di share ke keluarga, teman, pacar (ups), atau kenalanmu biar tahu manfaatnya. Yoiii!









Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini | Sotoshop : iskrim 




Diubah oleh iskrim 25-09-2019 09:56
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 42 lainnya memberi reputasi
41
11.8K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan