alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Petisi Meminta Presiden Jokowi Tolak RKUHP Sudah Diteken Ratusan Ribu Orang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d84a1f0facb954c0d044682/petisi-meminta-presiden-jokowi-tolak-rkuhp-sudah-diteken-ratusan-ribu-orang

Petisi Meminta Presiden Jokowi Tolak RKUHP Sudah Diteken Ratusan Ribu Orang

Petisi Meminta Presiden Jokowi Tolak RKUHP Sudah Diteken Ratusan Ribu Orang

Petisi agar Presiden Joko Widodo menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di rapat paripurna DPR RI terus bertambah dukungan.

Hingga hari ini, Kamis (19/9), pukul 11.43 WIB, petisi yang diunggah di change.org dengan judul ‘Presiden Jokowi, Jangan Setujui RKUHP di Sidang Paripurna DPR’ itu sudah diteken oleh lebih 230 ribu orang.

Aktivis gender dan HAM, Tunggal Pawestri, yang merupakan penggagas petisi menegaskan ada 11 poin di RKUHP yang tidak pasti dan berpotensi memunculkan kriminalisasi terhadap masyarakat dengan ancaman hukuman denda dan penjara.

Beberapa dari mereka yang berpotensi dianggap kriminal lewat RKUHP adalah korban perkosaan, perempuan yang kerja dan harus pulang malam, perempuan yang mencari roommate beda jenis kelamin untuk menghemat biaya, dan pengamen.

Selain itu, mereka yang bisa dianggap kriminal adalah tukang parkir, gelandangan, disabilitas mental yang ditelantarkan, jurnalis atau netizen yang mengkritik presiden, orang tua yang menunjukkan kondom, anak yang diadukan berzina oleh orang tua, hingga mereka yang melanggar ‘hukum adat yang hidup di masyarakat’.

Petisi ini yakin masih ada satu langkah lagi untuk mencegah pengesahan RKUHP ini, yakni di rapat Paripurna DPR RI. Untuk itu, petisi ini berharap Jokowi bisa menolak memberikan persetujuan untuk RKUHP yang dinilai tidak masuk akal ini.

Petisi ini mengajak masyarakat agar tidak cuek karena jika disahkan lewat paripurna, siapa saja bisa dengan mudah dipenjara.

“Sekarang nih kita nggak bisa cuek-cuek lagi. Karena siapa aja bisa dipenjara. Saya, kamu, keluarga kita, teman-teman kita, gebetan kita. viralkan #SemuaBisaKena biar DPR batalkan RKUHP,” bunyi petisi.

“Sekarang kita juga masih punya kesempatan untuk gagalkan RKUHP yang ngaco ini,” tutup petisi.

Sebelumnya, beberapa pihak mengkritik pemerintah yang memiliki mental penjajah karena berusaha membangkitkan pasal-pasal antidemokrasi dalam RKUHP.

Salah satu pasal yang disoroti adalah pasal 223 dan 224 soal larangan penyerangan terhadap harkat martabat presiden dan wakil presiden. Dua pasal itu mengancam orang yang menghina presiden dengan hukuman maksimal 3,5 tahun dan 4,5 tahun penjara.

Selain pasal penghinaan presiden, sejumlah kelompok sipil juga menyoroti pasal-pasal yang memidanakan makar, seperti pasal 195, 196, dan197. Berkaca dari peristiwa reformasi 1998 dan akhir-akhir ini, pasal itu hanya akan jadi bentuk antidemokrasi pemerintah.

Pasal pemidanaan terhadap penodaan agama dalam RKUHP juga ikut dikritik. Negara dinilai tidak berhak mengatur keyakinan yang jadi wilayah privasi warga negara.

Aturan soal penodaan agama tercantum dalam Pasal 313 RKUHP. Di sana diatur setiap orang yang menyiarkan, mempertunjukkan, menempelkan tulisan atau gambar, atau memperdengarkan suatu rekaman, termasuk menyebarluaskan melalui sarana teknologi informasi yang berisi penistaan terhadap agama diancam penjara maksimal lima tahun.


https://www.cnnindonesia.com/nasiona...i-tolak-rkuhp
profile-picture
anarchy0001 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
di teken ratusan ribu orang. bs benyek gan
Pembuat petisi lalu menjabarkan pihak-pihak yang bisa 'dikriminalisasi' jika RUU KUHP disahkan. Berikut ini daftarnya:

1. Korban perkosaan → bakal dipenjara 4 tahun kalau mau gugurin janin hasil perkosaan
2. Perempuan yang kerja dan harus pulang malam, terlunta-lunta di jalanan → kena denda Rp 1 juta
3. Perempuan cari room-mate beda jenis kelamin untuk menghemat biaya → bisa dilaporin Pak Kepala Desa biar dipenjara 6 bulan
4. Pengamen → kena denda Rp 1 juta
5. Tukang parkir → kena denda Rp 1 juta
6. Gelandangan → kena denda Rp 1 juta
7. Disabilitas mental yang ditelantarkan → kena denda Rp 1 juta
8. Jurnalis atau netizen → bakal dipenjara 3,5 tahun kalau mengkritik presiden
9. Orang tua gak boleh tunjukkin alat kontrasepsi ke anaknya karena bukan 'petugas berwenang' dan akan didenda Rp 1 juta
10. Anak yang diadukan berzina oleh orang tuanya→ dipenjara 1 tahun
11. Yang paling parah kita bisa dipidana suka-suka dalam bentuk 'kewajiban adat' kalau dianggap melanggar 'hukum yang hidup di masyarakat'

https://news.detik.com/berita/d-4712...ken-petisi-ini

Jir sadis bener nih ada di RKUHP
no. 8 kalau ga salah sudah ada UU ITE sama UU KUHP Pencemaran nama baik, jadi kalau ada ini lagi bisa dobel donk hukumannya..
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
Diubah oleh anarchy0001
Lihat 3 balasan
Balasan post anarchy0001
bentar, gw mencium ada tukang parkir kena denda. kenapa bisa kena denda die? kabar baik nih emoticon-Ngakak
profile-picture
aftadizca memberi reputasi

U

Kok kebanyakan ngurusi privasi orang aja nih undang2....emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk

Tp klo tukang parkir & pengamen d denda gw setuju bener . mereka itu merampas kenyamanan tempat publik. Gw klo nongkrong d alun2 bekasi kena bayar parkir 2 X. Pertama br parkir udh d todong lngsng bayar sm cewek..pas mo balik d suruh bayar sm tukang parkir lain lg...sadis beneer
Diubah oleh smogal
gw setuju pasal penghinaan presiden dan tukang parkir
banyak yg menghina presiden secara personal malh bukan mengkritik kebijakan pemerintah contohnya nasbung kaskus
kalo tukang parkir semua juga tau tukang parkir seperti pemalak
Diubah oleh mansion_999
Balasan post anarchy0001
wkwkwk emoticon-Big Grin ia gan semua yg cari sangu di jalanan bakal kena denda atau kena ciduk atau kena bui
Diriku sedih rkuhp di petisi

emoticon-Turut Berduka
lebih orba dari soeharto emoticon-Leh Uga
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
Balasan post unwell
@unwell kabar gembira buat Gotham city emoticon-Ultah
mukidi mana ngurusin petisi-petisian.


Quote:


Soeharto setelah 32 tahun baru berasa otoriternya. Lah si cungkring baru 5 tahun sudah macam kim jong un aja musti disembah sembah emoticon-DP
pertanyaannya, itu siapa yg ngusulin?
Sungguh koplak hukum di negara iniemoticon-Wow


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di